HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kesehatan Usia Lanjut

Kesehatan Usia Lanjut  Kesehatan Usia Lanjut

Kesehatan Usia Lanjut

Kesehatan Usia Lanjut ~ Kesehatan mereka yang berusia 60 tahun atau lebih, baik jasmani, rohani maupun sosialnya.Seperti telah banyak disebut-sebut, populasi usia lanjut di Indonesia semakin meningkat, baik jumlah absolutnya maupun proporsinya.

Diperkirakan pada tahun 2025 mendatang, proporsi usia lanjut di Indonesia mencapai 13,1% atau sekitar 27 juta jiwa. Peningkatan ini tentu membutuhkan perhatian yang lebih, baik dari pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, praktisi kesehatan, serta masyarakat pada umumnya, mengingat bahwa permasalahan yang dihadapi oleh mereka yang berusia lanjut pada banyak hal berbeda dengan yang dihadapi pada kelompok usia yang lebih muda. Di bidang pelayanan kesehatan, hal ini menjadi semakin nyata karena masalah kesehatan pada mereka yang berusia lanjut, secara kuantitatif dan kualitatif, sedemikian kompleksnya yang membutuhkan perhatian khusus.

Seperti sistem pelayanan kesehatan nasional yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan dan berbagai pihak lain, sistem pelayanan kesehatan untuk usia lanjut secara umum terbagi menjadi 2: yang berbasis rumah-sakit (hospital-based) dan berbasis komunitas (community-based), dengan berbagai kekhususannya. Pada makalah ini akan dibahas secara singkat mengenai salah satu pelayanan untuk pasien berusia lanjut yang berbasis komunitas, yaitu perawatan di rumah (home care).

Mempertimbangkan karakteristik pasien usia lanjut yang berbeda dengan usia muda, terlebih lagi mereka yang pasca perawatan di rumah sakit masih membutuhkan bantuan untuk pemulihannya, melakukan pengkajian dan memberikan perawatan bagi usia lanjut di rumah ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan. Secara umum, pasien usia lanjut (geriatri) membutuhkan suatu pengkajian khusus yang meliputi berbagai komponen yang disebut sebagai Comprehensive Geriatric Assessment (CGA) atau Pendekatan Paripurna pada Pasien Geriatri (P3G).

Komponen-komponen yang harus dikaji pada saat melakukan perawatan usia lanjut di rumah adalah:
1.    Kondisi fisik-medik
2.    Status mental dan kognitif
3.    Status fungsional
4.    Status nutrisi
5.    Penggunaan obat-obatan
6.    Dukungan sosial (social support)
7.    Pengkajian keselamatan dan keamanan rumah/lingkungan

Seperti sudah disebutkan di atas, pelayanan kesehatan usia lanjut di rumah harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang sudah dibekali prinsip-prinsip pelayanan yang komprehensif dan interdisiplin. Seorang dokter atau perawat yang melakukan perawatan usia lanjut di rumah, yang karena keterbatasan seringkali datang seorang diri, harus menempatkan dirinya sebagai anggota dan berlaku sebagai wakil dari suatu tim interdisiplin.

Leave a Reply