HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Geriatri Ilmu Kesehatan Usia Lanjut | Glosarium

Geriatri Pengertian Geriatri Ilmu Kesehatan Usia Lanjut | Glosarium

Geriatri

Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia lanjut) ~ Geriatri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari masalah kesehatan pada lanjut usia yang menyangkut aspek Promotof, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif serta Psikososial yang menyertai kehidupan lanjut usia. Sementara Psikogeriatriadalah cabang ilmu kedokteran jiwa yang mempelajari masalah kesehatan jiwa pada lanjut usia yang menyangkut aspek promotof, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta psikososial yang menyertai kehidupan lanjut usia.

Ilmu yang mempelajari pengelolaan pasien berusia lanjut denganbeberapa karakteristik (multipatologi, daya cadangan faali menurun,tampilan tak khas, penurunan status fungsional dan gangguan nutrisi) .Bagian ilmu penyakit dalam yang mempelajari aspek-aspek preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif serta aspek sosial dan psikologis dan penyakit pada usia lanjut.

Hal- hal yang dapat menimbulkan gangguan keseimbangan (homeostasi) sehingga membawa lansia kearah kerusakan / kemerosotan (deteriorisasi) yang progresif terutama aspek psikologis yang mendadak, misalnya bingung, panik, depresif, apatis dsb. Hal itu biasanya bersumber dari munculnya stressor psikososial yang paling berat, misalnya kematian pasangan hidup, kematian sanak keluarga dekat, terpaksa berurusan dengan penegak hokum, atau trauma psikis.

Secara umum kondisi fisik seseorang yang sudah memasuki masa lansia mengalami penurunan secara berlipat ganda. Hal ini semua dapat menimbulkan gangguan atau kelainan fungsi fisik, psikologik maupun sosial, yang selanjutnya dapat menyebabkan suatu keadaan ketergantungan kepada orang lain. Dalam kehidupan lansia agar dapat tetap menjaga kondisi fisik yang sehat, maka perlu menyelaraskan kebutuhan-kebutuhan fisik dengan kondisi psikologik maupun sosial, sehingga mau tidak mau harus ada usaha untuk mengurangi kegiatan yang bersifat memforsir fisiknya. Seorang lansia harus mampu mengatur cara hidupnya yang baik, misalnya makan, tidur, istirahat dan bekerja secara seimbang.

Incoming search terms:

Leave a Reply