HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pengaruh Dukungan Keluarga dan Paritas Terhadap Kecemasan Ibu Hamil

Judul Skripsi : Pengaruh Dukungan Keluarga dan Paritas Terhadap Kecemasan Ibu Hamil Trimester III dalam Menghadapi Persalinan di RB Harapan Bunda Surakarta

 

A. Latar Belakang

Dengan makin tuanya kehamilan, maka perhatian dan pikiran ibu hamil mulai tertuju pada sesuatu yang dianggap klimaks, sehingga kegelisahan dan ketakutan yang dialami ibu hamil akan semakin intensif saat menjelang persalinan (Kartono, 1992). Rasa takut menjelang persalinan menduduki peringkat teratas yang paling sering dialami ibu selama hamil (Lestiningsih, 2006).

Merujuk pada teori Buffering Hypothesis yang berpandangan bahwa dukungan sosial mempengaruhi kesehatan dengan cara melindungi individu dari efek negatif stres. Perlindungan ini akan efektif hanya ketika individu menghadapi stressor yang berat. Dukungan keluarga terutama dukungan yang didapatkan dari suami akan menimbulkan ketenangan batin dan perasaan senang dalam diri isteri (Dagun, 1991).

 

B. Perumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh dukungan keluarga terhadap kecemasan pada ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan?
  1. Adakah pengaruh paritas terhadap kecemasan pada ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan di RB Harapan Bunda Surakarta?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian kecemasan

Menurut Nanda (2005), kecemasan merupakan perasaan tidak nyaman atau ketakutan yang tidak jelas dan gelisah disertai dengan respon otonom (sumber terkadang tidak spesifik atau tidak diketahui oleh individu), perasaan yang was-was untuk mengatasi bahaya. Kecemasan adalah respon terhadap suatu ancaman yang sumbernya tidak diketahui, internal, samar-samar atau konfliktual (Kaplan dan Sadock, 1997).

Pengertian Paritas

Paritas ialah keadaan seorang wanita sehubungan dengan kelahiran anak yang dapat hidup (Hardjono, 2004). Menurut Jones (2001), paritas adalah jumlah persalinan yang pernah dialami ibu baik lahir hidup maupun lahir mati dengan berat janin mencapai 500 gr dan pada umur kelahiran lebih dari 20 minggu. Menurut dorlan (1994), paritas adalah jumlah anak yang dilahirkan dari seseorang wanita.

Pengertian Kehamilan

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya kehamilan normal adalah 280 han (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir (Prawirohardjo,2001).

Kecemasan dalam persalinan

Proses kelahiran anak adalah alami asalkan kondisi fisik memadai tidak akan mengalami banyak kesulitan, akan tetapi proses kelahiran ini masih sering diselimuti misteri, ketidaktahuan dan rasa takut dalam pikiran banyak orang. Ada kalanya hal ini disebabkan oleh informasi dan pengertian yang salah tentang berfungsinya tubuh secara normal. Akhirnya proses kelahiran itu seendiri mungkin menjadi lebih sulit pada ibu yang ketakutan, sehingga ketegangannya menghambat proses alami dan justru mengakibatkan rasa sakit yang dicemaskan (Kartono, 1996)

 

D. Metodologi Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Semua ibu hamil trimester III di RB Harapan Bunda Surakarta.

Sampel yang di ambil semua ibu hamil trimester III yang periksa di RB Harapan Bunda Surakarta.

Dengan tehnik consecutive sampling pada bulan Juni – Juli 2012.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga dan paritas, sedangkan variabel terikatnya kecemasan.

Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier ganda.

 

E. Kesimpulan

Dari hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Terdapat pengaruh yang secara statistik segnifikan antara dukungan keluarga ( b = -0,479; p = 0,017 ) terhadap kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan. Makin kuat dukungan keluarga makin menurun tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan.
  2. Terdapat pengaruh yang secara statistik segnifikan antara paritas ( b = – 3,397; p = 0,007 ) terhadap kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan. Multipara atau wanita yang sering melahirkan mempunyai kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan primipara yang pertamakali melahirkan.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply