HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Penerapan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi

Judul Tesis : Penerapan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Krisak, Selogiri, Wonogiri

 

A. Latar Belakang Masalah

Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya deskripsi diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat menciptakan suasana yang baru dan menarik bagi siswa. Penggunaan Pendekatan Quantum Learning dalam pembelajaran siswa diharapkan akan memberikan suasana belajar yang menarik, terjadi interaksi proses belajar yang dapat menggerakkan potensi siswa sebagai pelajar sehingga mereka mampu belajar merangsang kreativitas siswa dalam pembelajaran.

Pengembangan Quantum Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan di SD Negeri 2 Krisak, Selogiri, Wonogiri dengan mempertimbangkan kondisi yang ada, siswa kelas V mengalami kesulitan untuk mengungkapkan gagasan dalam menulisnya, maka siswa untuk menggambarkan apa yang ingin diungkapkan dalam tulisan, tidak hanya dengan cara menugaskan siswa menuliskan apa yang ingin diungkapkan berdasarkan pilihan judul. Cara seperti ini diharapkan bisa mengembangkan tulisan deskripsi, karena tulisan deskripsi berisi menggambarkan peristiwa yang telah dialami yang berupa pernyataan dan fakta yang terjadi kemudian harus digambarkan dalam paragraf bukan sekedar diberitakan, tetapi lebih kepada penggambaran.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimanakah penerapan Pendekatan Quantum Learning (QL) dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Krisak , Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri?
  2. Apakah penerapan Pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Krisak , Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Menulis

Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa, selain keterampilan mendengarkan, berbicara, dan membaca. Dibandingkan tiga keterampilan berbahasa yang lain, keterampilan menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penutur asli bahasa tersebut. Hal itu disebabkan keterampilan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa itu sendiri yang akan menjadi isi karangan (Burhan Nurgiyantoro, 2011:296).

 

Pengertian Menulis Deskripsi

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat produktif, karena keterampilan menulis lebih banyak menekankan pada penuangan ide dan gagasan dalam bentuk kata-kata, susunan kalimat dan menjadi suatu gagasan alenia. Menurut White dan Arndt (1997:3), menulis merupakan suatu proses berpikir dalam kebenaran yang dimilikinya. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa keterampilan menulis bukanlah suatu unsur yang sederhana, karena tidak hanya menuliskan bahasa ke dalam lambang tulisan melalui proses berpikir.

 

Penilaian Pembelajaran Menulis

Burhan Nurgiyantoro (1988:5), mengemukakan bahwa penilaian adalah suatu proses untuk mengukur kadar pencapaian tujuan. Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Tukman (dalam Burhan Nurgiyantoro, 1988:5), yang menyebutkan bahwa penilaian sebagai proses untuk mengetahui (menguji)apakah suatu kegiatan, keluaran, suatu program telah sesuai dengan tujuan atau kriteria yang telah ditentukan.

 

Pengertian Pendekatan Quantum Learning (QL)

Istilah Quantum dalam Quantum Learning mempunyai pengertian keragaman atau variasi. Jadi Quantum Learning dapat dimaknai sebagai belajar dengan memperhatikan beragam cara atau belajar dengan cara yang bervariasi. Kelahiran Quantum Learning (QL) sebagai model pembelajaran di Indonesia, pada mulanya diawali dengan peranggapan bahwa manusia Indonesia terjangkit virus keseragaman. Keseragaman ini meliputi sentralistik dan uniformistik yang mewarnai dunia pembelajaran (Nyoman S. Degeng, 2005:2-4).

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Krisak Selogiri, Wonogiri Pada saat ini, SD Negeri 2 Krisak dipimpin oleh Hambar Sri Bandini yang bertindak sebagai Kepala Sekolah dan membawahi 9 tenaga pengajar dan 1 karyawan sekolah.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Tahun Ajaran 2012 / 2013.

Pengumpulan data yang diterapkan sebagai alat mengumpulkan data secara lengkap dan akurat sehubungan dengan masalah yang diteliti, yaitu Observasi/ pengamatan, Teknik In- Dept Interview (Wawancara Mendalam), Teknik Tes atau Tugas, Angket.

Untuk memperoleh data yang valid, perlu dilakukan teknik-teknik uji validitas data, dalam penelitian ini diuji validitasnya dengan teknik trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Trianggulasi Sumber Data, misalnya data tentang kesulitan-kesulitan guru dalam mengajarkan menulis deskripsi dengan pendekatan quantum learning di kelas, yang membuat pengajaran tidak komunikatif disampaikan kepada siswanya.

 

E. Simpulan

Simpulan hasil penelitian ini secara singkat yakni terdapatnya peningkatan kualitas pembelajaran (baik proses maupun hasil) dalam keterampilan menulis deskripsi siswa. Peningkatan kualitas pembelajaran tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya yaitu : Penerapan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar nilai rata-rata siklus I (68,7), siklus II (71,9) dan III (73,5). Dari standar ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan yaitu 70,00 baru 11 siswa yang tuntas belajar. Pada siklus II nilai ratarata meningkat menjadi 71,9, dan siswa yang tuntas belajar 12 anak. Pada siklus III nilai rata-rata menjadi 73,5 dan siswa bisa tuntas semua. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus I, II, dan III. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

 

Leave a Reply