HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Saran Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Rintisan SMA Internasional

Saran pengembangan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Program Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional adalah sebagai berikut :

  • Saran Bagi Pihak Sekolah ( Dalam hal ini diwakili oleh Wakil kepala Sekolah bidang kurikulum)
    1. Sebaiknya sekolah memberikan pedoman penyelenggaraan RSMABI  kepada guru sehingga guru memiliki persamaan persepsi mengenai RSBI dan apa yang menjadi tujuan kegiatan pembelajaran dalam RSBI bisa dicapai.
    2. Alangkah baiknya sekolah memanfaatkan website sekolah sebagai media publikasi bagi metode dan bahan ajar yang di gunakan guru SMA Negeri .
    3. Sebaiknya sekolah dan guru melakukan pengelompokan antara materi wajib dalam KTSP dan materi adopsi atau materi tambahan sehingga nampak jelas tambahan dan perbedaanya dengan sekolah lain yang bukan RSBI.
  • Kepada Bapak/Ibu Guru Matematika SMA Negeri.
    1. Alangkah baiknya secara bertahap Bapak/Ibu guru matematika mengurangi dominasi ceramah dalam kegiatan pembelajaran ?matematika dengan memilih metode pembelajaran matematika tepat.
    2. Alangkah baiknya Bapak/Ibu guru matematika memperbaiki RPP yang disusun. Hendaknya di dalam RPP, guru merencanakan suatu langkah- langkah kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan refleksi dengan sesuatu kegiatan yang nyata, benar-benar sesuai dan dikaitkan dengan materi ?yang bersangkutan dan RPP tersebut disusun dalam bahasa Inggris
    3. Alangkah baiknya guru memiliki strategi khusus untuk menyampaikan pelajaran matematika sehingga guru bisa menyampaikan pelajaran secara bilingual dengan tetap memperhatikan tercapainya tujuan ?pembelajaran matematika.
    4. Alangkah baiknya guru meningkatkan kualitas Bahasa Inggrisnya baik ?untuk berkomunikasi atau keperluan mengajar sehingga guru bisa menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran matematika.
    5. Alangkah baiknya semua guru matematika memberikan tes yang berbahasa Inggris dalam penilaian hasil belajar, sehingga siswa terbiasa dalam menggunakan istilah matematika dalam bahasa Inggris.
  • Saran Bagi Siswa SMA Negeri
    1. Untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif  dan kontekstual di kelas RSBI, siswa hendaknya mengubah kebiasaan belajarnya dari yang lebih suka menunggu informasi dari guru dengan kebiasaan belajar yang lebih mandiri melalui berbagai referensi dan sumber belajar untuk memperoleh informasi dan memperkaya pengetahuan matematika.
    2. Siswa RSBI hendaknya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya, sehingga siswa bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk mengikuti berbagai macam pelajaran termasuk matematika.
Incoming search terms:

Leave a Reply