HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Metode Membaca Survey, Question, Read, Recite, dan Review terhadap Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Metode Membaca Survey, Question, Read, Recite, dan Review (Sq3r) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas V di Kecamatan Tirtomoyo Ditinjau dari Motivasi Belajar

 

A. Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peran yang amat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara. Kemajuan suatu kebudayaan tersebut antara lain mengenali, menghargai, dan memanfaatkan sumber daya manusia, dalam hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan anggota masyarakatnya kepada peserta didik.

Tujuan pendidikan pada umumnya adalah menjadikan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat. Setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda, oleh karena itu, membutuhkan pendidikan yang berbeda-beda pula. Salah satu kemungkinan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan bagi peserta didik adalah kegiatan membaca.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan metode membaca SQ3R dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara metode membaca dengan motivasi siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Metode Membaca SQ3R

SQ3R merupakan suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan relasional (Kholid A. Harras dan Lilis Sulistyaningsih, 1998 : 53). Metode ini merupakan salah satu metode yang yang makin lama makin dikenal orang dan banyak dipergunakan.

 

Pengertian Motivasi Belajar

Menurut Weiner dalam Reigeluth ( 1983; 389 ) Motivasi adalah keseriusan dan pengarahan tingkah laku .Sedangkan Houston ( 1985; 5 ) motives ussualy involve statemena such aspek, “ something thath causes akan person to act “. Bahwa motif biasanya meliputi pernyataan sebagai sesuatu yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan. Sedangkan Morgan dalam Toeti Soekamto ( 1996: 39) menyatakan bahwa motivasi dapat didefinisikan sebagai tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu.

 

Prestasi Belajar

Prestasi adalah bukti keberhasilan usaha yang dicapai ( Winkel 1983; 16). Grounlund ( 1993) menyatakan prestasi belajar adalah kemampuan yang diperoleh seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. ( Grounlund; 1981; 6 ). ”Evaluation is important to many fact of school program. If contributies directly to the teaching- learning process used in classroom instruction and to  a number of school uses, each of which will be briefly discussed” ( penilaian merupakan suatu yang penting bagi bentuk keberhasilan program sekolah. Jika masukan yang terprogram dari proses belajar mengajar dapat digunakan oleh sekolah lain, dimana setiap pembahasannya akan didiskusikan).

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di wilayah kecamatan Tirtomoyo yang termasuk dalam gugus Ahmad Yani sebanyak 5 Sekolah Dasar. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar siswa dan tes untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan, dengan uji prasyarat uji normalitas dengan Chi Square dan uji homogenitas dengan teknik Bartlett.

 

E. Kesimpulan

1. Terdapat pengaruh penggunaan metode membaca SQ3R dan konvensional terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Dalam penerapan metode membaca SQ3R siswa diajak untuk menemukan ide-ide pokok dan pendukungnya, melalui lima langkah kegiatan yaitu : Survey, Question, Read, Recite, dan Review, siswa mampu mengingat agar lebih tahan lama

2. Terdapat pengaruh Motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan belajar dari siswa. Siswa yang memiliki Motivasi belajar yang tinggi akan merasa senang dan antusias serta tekun dan ulet dalam melaksanakan kegiatan belajar, sehingga akan menghasilkan prestasi belajar yang maksimal.

3. Terdapat interaksi pengaruh penerapan metode membaca dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Kemampaun guru dalam mengelola kelas dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta didukung adanya motivasi belajar siswa yang tinggi dari siswa maka akan dapat dihasilkan prestasi belajar siswa secara optimal.

Incoming search terms:

Leave a Reply