HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Askeb Hamil

Judul Skripsi : Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Askeb Hamil pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta

 

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Metode pembelajaran yang diterapkan dosen dalam kegiatan belajar mengajar Askeb Hamil pada pokok bahasan adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil selama ini adalah ceramah tanya jawab dan diskusi. Selain metode pembelajaran, motivasi merupakan salah satu faktor dari dalam diri mahasiswa yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa secara langsung. Apabila motivasi belajar mahasiswa tinggi maka prestasi belajar mahasiswa juga tinggi, sebaliknya motivasi yang rendah akan mempengaruhi rendahnya prestasi belajar .

Berdasarkan data tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Askeb Hamil Pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta”.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran role play dan diskusi terhadap prestasi belajar Askeb hamil pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar Askeb hamil pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Askeb hamil pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.Sedangkan metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Pengertian Motivasi Belajar

Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dorongan ini berada pada diri seseorang yang menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dari dalam dirinya. Oleh karena itu, perbuatan seseorang yang didasarkan atas motivasi tertentu mengandung tema sesuai dengan motivasi yang mendasarinya (Uno, 2008: 1).

 

Definisi Prestasi belajar

Istilah prestasi belajar terdiri dari dua suku kata, yaitu prestasi dan belajar. Istilah prestasi di dalam Kamus Ilmiah Populer (Satrio, 2005: 467) didefinisikan sebagai hasil yang telah dicapai. Nasution (1998: 4) menyimpulkan bahwa belajar dalam arti luas dapat diartikan sebagai suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil dari terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya tingkah baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau oleh adanya perubahan sementara karena sesuatu hal.

 

Pengertian Askeb Ibu Hamil

Askeb ibu hamil adalah asuhan kebidanan pada ibu hamil normal, didasari konsep – konsep, sikap dan keterampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal yang menggunakan pendekatan manajemen kebidanan (Depkes RI, 2002).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini tidak memberikan pengendalian secara penuh dan pemilihan kedua kelompok ini tidak menggunakan teknik acak (Furchan, 2007).

Desain penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta, di Jl. Jaya Wijaya no. 11 Kadipiro Surakarta, Jawa Tengah.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Kusuma Husada Surakarta tingkat I semester II yang berjumlah 118 mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan teknik exhaustive sampling, yaitu peneliti melakukan survei kepada seluruh populasi sumber (Murti, 2006: 85). Besar sampel dalam penelitian ini yaitu 118 mahasiswa.

Jumlah sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok, 59 mahasiswa sebagai kelompok perlakuan (metode role play) dan 59 mahasiswa sebagai kelompok kontrol (metode diskusi).

 

E. Kesimpulan

1. Prestasi belajar Askeb hamil dengan penerapan metode role play lebih baik jika dibandingkan dengan penerapan metode diskusi.

2. Mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi memperoleh prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah.

3. Tidak terdapat Interaksi pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar

Leave a Reply