HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kecerdasan Emosional dan Persepsi Tentang Profesi Bidan terhadap Prestasi Akademik

Judul Skripsi : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi tentang Profesi Bidan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri

 

A. Latar Belakang

Kecerdasan Emosional (EQ) merupakan istilah yang kian sering disebut sebagai penentu keberhasilan masa depan. Berbagai penelitian dalam bidang psikologi anak telah membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi adalah anak- anak yang bahagia, percaya diri, popular dan lebih sukses di sekolah. Mereka lebih mampu menguasai gejolak emosi mereka, mengatasi hubungan yang manis dengan orang lain, bisa mengelola stress dan memiliki kesehatan mental yang baik. Penelitian-penelitian sekarang menemukan bahwa keterampilan sosial dan emosional mungkin bahkan lebih penting bagi keberhasilan hidup daripada kemampuan intelektual. Pemahaman ini didukung oleh pendapat Goleman yang dikutip oleh Patton, bahwa para ahli psikologi sepakat IQ hanya mendukung sekitar 20 persen faktor yang mendukung keberhasilan, sedangkan 80 persen sisanya berasal dari faktor lain, termasuk kecerdasan emosional (Uno, 2005).

Banyak contoh di sekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan otak saja, atau banyak memiliki gelar yang tinggi belum tentu sukses berkiprah di dunia pekerjaan. Bahkan seringkali yang berpendidikan formal lebih rendah ternyata banyak yang lebih berhasil. Saat ini begitu banyak orang berpendidikan yang tampak begitu menjanjikan, namun karirnya terhambat atau lebih buruk lagi, tersingkir, akibat rendahnya kecerdasan emosional mereka.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Perumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan persepsi tentang profesi bidan terhadap prestasi akademik mahasiswa di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri?

 

C. Kajian Teori

Pengertian emosi

Kata emosi berasal dari bahasa latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak (Goleman, 2002).

 

Pengertian kecerdasan emosional

Salovey dan Mayer mendefinisikan kecerdasan emosional atau yang sering disebut EQ sebagai himpunan bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan sosial yang melibatkan kemampuan pada orang lain, memilah-milah semuanya dan menggunakan informasi ini untuk membimbing pikiran dan tindakan (Shapiro, 1998).

 

Pengertian Persepsi

Persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya. Menurut Davidoff, persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu (Walgito, 2003).

 

Bidan

Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk di daftar (register) dan atau memiliki izin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan. Dengan memperhatikan aspek sosial budaya dan kondisi masyarakat Indonesia, maka Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menetapkan bahwa Bidan Indonesia adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

 

Prestasi Akademik

Dalam kamus besar bahasa Indonesia prestasi berarti hasil yang dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya) (Poerwadarminta, 1980). Menurut Tu’u, prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Prestasi akademik merupakan hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian.

 

D. Metode Penelitian

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional.

Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2011 hingga bulan Juli 2012 di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri.

Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 responden.

Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner.

Analisa data menggunakan analisis regresi berganda untuk taraf siginifkan 5%.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa.
  2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi tentang profesi bidan terhadap prestasi akademik mahasiswa.
  3. Ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan persepsi tentang profesi bidan terhadap prestasi akademik mahasiswa

 


 

Incoming search terms:

Leave a Reply