HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Judul Tesis: Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen trhdp Produk Koran Solopos

Judul Skripsi : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Koran Solopos (Studi kasus pada PT. Aksara Solopos Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Salah satu aspek yang penting dalam memenangkan persaingan adalah dengan menciptakan kepuasan pada konsumen perusahaan. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya (Umar, 2002:50). Selama dan setelah mengkonsumsi produk atau jasa, konsumen mengembangkan rasa puas atau tidak puas. Hal ini merupakan penilaian evaluatif pasca pemilihan yang disebabkan oleh pengalaman menggunakan dan mengkonsumsi barang atau jasa tersebut.

Kepuasan konsumen (Customer satisfaction) bergantung pada perkiraan kinerja produk dalam memberikan nilai, relatif terhadap harapan pembeli. Jika kinerja produk jauh lebih rendah dari harapan pelanggan, pembeli tidak terpuaskan. Jika kinerja sesuai dengan harapan, pembeli terpuaskan. Jika kinerja melebihi yang diharapkan, pembeli lebih senang. Perusahaan pemasaran terkemuka akan mencari cara sendiri untuk mempertahankan kepuasan pelanggannya. Pelanggan yang merasa puas akan kembali membeli, dan akan memberi tahu yang lain tentang pengalaman baik mereka dengan produk tersebut. Kuncinya adalah menyesuiakan harapan pelanggan dengan kinerja perusahaan. (Kotler & Amstrong, 2001:13).

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat kepuasan pembaca Koran SOLOPOS ditinjau dari dimensi kualitas produk Koran SOLOPOS ?

 

C. Landasan Teori

Kepuasan Konsumen

Kepuasan pelanggan adalah suatu tingkatan dimana perkiraan kinerja produk sesuai dengan harapan pembeli (Kotler & Amstrong, 2001:13). Definisi Kepuasan konsumen menurut Umar (2002:50) kepuasan konsumen yaitu tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.

Definisi Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan produk (Kotler & Amstrong, 2001:11). Definisi Produk (barang) menurut Umar (2002:31) yaitu segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan.

Kualitas Produk

Pemasaran yang ada saat ini menuntut perusahaan untuk berani bersaing menghasilkan produk yang berkualitas agar mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Kualitas produk menurut Kotler & Amstrong (2001;354) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Kualitas barang dapat didefinisikan sebagai evaluasi menyeluruh pelanggan atas kebaikan kinerja barang. Sehingga perusahaan harus bisa secara terus menerus meningkatkan kualitas barang mereka.

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian ini menggunakan metode survei.

Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah Perusahaan Harian Umum Solopos yang beralamat di Jl Adisucipto 190, Solo 57145.

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Solo dan sekitarnya (Solo Raya).

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling nonprobabilitas yang memberikan kebebasan kepada peneliti untuk menentukan anggota yang masuk ke dalam sampel, maka dipilih metode purposive sampling.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, sebagian besar responden yang terlibat dalam penelitian ini berjenis kelamin Laki-laki, berusia 2130 tahun dan bekerja di sektor swasta.
  2. Tingkat kepuasan konsumen atau pembaca Koran SOLOPOS diukur dengan membandingkan antara kualitas produk yang diterima konsumen dengan kualitas produk yang diharapkan konsumen. Hasil perbandingan tersebut menghasilkan tingkat kesesuaian yang mencerminkan besarnya kualitas produk SOLOPOS dapat memenuhi harapan konsumen atau pembaca.

Berdasarkan dimensidimensi kualitas produk Koran, dapat disajikan tingkat kesesuaian sebagai berikut :

  • Performance (Kinerja)

Dari hasil perbandingan tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan konsumen atau pembaca pada dimensi Performance (Kinerja) dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian pada atribut Topik berita utama atau head Line utama Koran SOLOPOS yaitu sebesar 96,11 % dan pada atribut Keaktualan dan keakuratan berita Koran SOLOPOS tingkat kesesuaiannya sebesar 91,84 %.

  • Features (Keistimewaan).

Dari hasil perbandingan tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan konsumen atau pembaca pada dimensi Features (Keistimewaan) dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian pada atribut Kelengkapan dan keaneka ragaman berita Koran SOLOPOS yaitu sebesar 93,78 % dan pada atribut Penyajian bahasa Koran SOLOPOS mempunyai tingkat kesesuaian sebesar 95,66 %.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Koran Solopos
  2. Penerapan Service Excellent Terhadap Pelayanan Digaleri Indosat Cabang Solo
  3. Penerapan Bauran Pemasaran Pada Pt. Batik Danar Hadi Surakarta
  4. Penerapan Sanksi Disiplin Kerja Pegawai Pada Pt. Perkebunan Nusantara X (Persero) Klaten
  5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, Dan Tingkat Pendidikan
Incoming search terms:

Leave a Reply