HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi SDM: Analisis Pengaruh Faktor Pendidikan dan Pelatihan trhdp Prestasi Kerja PNS

Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Faktor Pendidikan dan Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Secara umum tingkat pendidikan Pegawai Negeri Sipil masih rendah, meski relatif lebih tinggi dari tingkat pendidikan angkatan kerja. Hal ini dapat dilihat dari data yang dikemukakan oleh Mulyadi (Artikel Koran Pikiran Rakyat: 15 April 2004) yang menunjukkan bahwa 59,3% Pegawai Negeri Sipil berpendidikan SLTA, dan 12% berpendidikan di bawah SLTA. Sedangkan PNS yang berpendidikan Diploma III dan Sarjana Muda 12,5%, Sarjana (S-1) 15,6% dan 0,6% berpendidikan Pascasarjana (S-2 dan S-3). Untuk itu upaya peningkatan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan mutlak dilakukan agar diperoleh aparat pemerintahan yang memiliki keunggulan kompetitif dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan dan keinginan masyarakat.

Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu unsur birokrasi harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan akademik serta pendidikan dan pelatihan (Diklat) harus diupayakan, dengan demikian Pegawai Negeri Sipil diharapkan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dalam arti dapat memenuhi tingkat kualitas pelayanan sesuai dengan harapan masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor-faktor pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang meliputi : (materi diklat, kemampuan pengajar, metode diklat, sarana diklat dan komitmen manajemen) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar?
  2. Apakah faktor-faktor pendidikan dan pelatihan (Diklat) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar?
  3. Manakah diantara faktor-faktor pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar?

 

C. Telaah Pustaka

Pengertian Pendidikan

Menurut Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 15 tanggal 13 September 1974 (dalam Hasibuan 200:169), pendidikan adalah segala usaha untuk membina kepribadian dan mengembangkan kemampuan manusia Indonesia, jasmaniah dan rohaniah, yang berlangsung seumur hidup, baik di dalam maupun di luar sekolah, dalam rangka pembangunan persatuan Indonesia dan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Sedangkan menurut Flippo dalam Hasibuan, (2001:69) pendidikan adalah berhubungan dengan peningkatan pengetahuan umum dan pemahaman atas lingkungan kita secara menyeluruh.

Pengertian Pelatihan

Latihan atau training adalah suatu kegiatan dari perusahaan yang bermaksud untuk memperbaiki dan memperkembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dari para karyawannya, sesuai dengan keinginan dari perusahaan yang bersangkutan (Nitisemito, 1992:86).

Pengertian Penilaian Prestasi Karyawan

Menurut Hasibuan (2001:87), penilaian prestasi adalah kegiatan manajer untuk mengevaluasi perilaku prestasi kerja karyawan serta menetapkan kebijaksanaan selanjutnya. Sedangkan menurut Andrew F. Sikula dalam Hasibuan (2001:87), penilaian prestasi kerja adalah evaluasi yang sistematis terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan dan ditujukan untuk pengembangan.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini adalah semua pegawai negeri sipil yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar.

Sampel adalah sebagian dari populasi yang karakteristiknya hendak diselidiki dan dianggap bisa mewakili keseluruhan populasi, biasanya jumlahnya lebih sedikit dari jumlah populasinya.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode proportional random sampling.

Sumber Data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Ada 3 (tiga) teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Kuesioner, Metode Pustaka dan Metode Wawancara.

Metode yang digunakan untuk menganalisis alat pengumpul data (angket atau kuesioner) adalah melakukan uji validitas (kesahihan) dan reliabilitas (keandalan).

 

E. Kesimpulan

  1. Faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan yang terdiri dari kemampuan pengajar, materi Diklat, metode Diklat, sarana Diklat, dan komitmen manajemen mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar, yang ditunjukkan dengan hasil uji F, nilai F hitung sebesar 47,776 (signifikansi F = 0,000). Jadi F hitung > F tabel (47,776 > 2,45) atau Signifikansi F < 5% (0,000 < 0,05), artinya bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel bebas yaitu kemampuan pengajar (X1), materi Diklat (X2), metode Diklat (X3), sarana Diklat (X4) dan komitmen manajemen (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil. Dengan demikian hipotesis pertama terbukti kebenarannya, atau hipotesis pertama tidak ditolak.
  2. Dalam perhitungan uji t statistik terlihat bahwa kelima variabel independen yaitu kemampuan pengajar (X1), materi Diklat (X2), metode Diklat (X3), sarana Diklat (X4), dan komitemen manajemen (X5) mempengaruhi prestasi kerja secara parsial.
  3. Hasil uji regresi yang diolah dengan menggunakan komputer program SPSS diperoleh suatu persamaan yaitu :

Y = -7,086 + 0,483X1 + 0,540X2 + 0,273X3 + 0,299X4 + 0,480X5 Dari persamaan tersebut terlihat bahwa kelima variabel yang diteliti yaitu kemampuan pengajar (X1), materi Diklat (X2), metode Diklat (X3), sarana Diklat (X4) dan komitmen manajemen (X5) sangat berpengaruh terhadap prestasi kerja, sehingga jika variabel-variabel independen tersebut mengalami kenaikan maka prestasi kerjapun akan meningkat.

 

Contoh Skripsi Sumber Daya Manusia

  1. Strategi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Mengurangi Angka Pengangguran
  2. Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Kerja di Unit Pelaksana Teknis Dinas Loka Latihan Kerja Usaha Kecil
  3. Analisis Daya Dukung Lahan dan Struktur Ekonomi Kabupaten Karanganyar
  4. Analisis Hubungan Faktor-Faktor Intern Petani dengan Tingkat Motivasinya
  5. Analisis Pengaruh Faktor Pendidikan dan Pelatihan

 

Leave a Reply