HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Prestasi Belajar  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Prestasi Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa~ Belajar merupakan satu tindakan yang memilki dampak positif bagi kehidupan. Karena dengan belajar kita mampu memperoleh ilmu serta wawasan bahkan samapi dengan penglaman yang berharga ketika hidup.

Sedangkan prestasi merupakan hasil capaian dari suatu kegiatan setelah seseorang mengerjakan sesuatu.

Sehingga prestasi belajar ialah sesuatu yang didapat dalam kegiatan belajar mengajar yang diberikan kepada guru melalui evalusi dan berbentuk kedalam angka atau huruf.

Prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa itu sendiri. Dalam prestasi belajar juga dilakukan suatu bentuk pengevaluasian yang merupakan bagian itegral dari prose pembelajaran itu sendiri.

Pelaksanaan penilaian juga dapat dilakukan secara lisan saat melakukan kegiatan belajar mengajar, misalnya saja memberikan pertanyaan pada siswa tentang materi yang telah dijelaskan pada saat belajar mengajar berlangsung.

Fungsi dari prestasi belajar juga sangat beragam. Karena tanpa adanya prestasi seseorang tidak akan terdorong untuk mau lebih maju lagi. Adapun fungsi dari prestasi, meliputi :

  1. Sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa.
  2. Sebagai lambang pemuasan hasrat ingin tahu.
  3.  Sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan.
  4. Sebagai indikator intern dan ekstern dari suatu institusi pendidikan.
  5. Dapat dijadikan indikator terhadap daya serap siswa.

Pencapaian dari prestasi tersebut tentu dilandaskan atau dipengaruhi oleh beberapa faktor.  Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi :

  1. Faktor fisiologi, misalnya mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan tidak sempurna, dan
  2. Faktor psikologis, misalnya intelegensi, konsep diri, motivasi berprestasi, minat, persepsi, sikap, bakat, kemandirian belajar, kebiasaan belajar, dan lain-lain.

Sedangkan faktor eksternal meliputi :

  1. Lingkungan
  2. Kurikulum
  3. Bahan ajar
  4. Administrasi manajemen
  5. Pendidik
  6. Sarana
  7.  Fasilitas

Produk dari proses pembelajaran diukur berdasarkan hasil belajar yang dicapai seorang siswa merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhi dan saling berkaitan antara lain karakter non kognitif. Karakter non kognitif itu antara lain motivasi, minat, sikap, bakat, konsep diri, kemandirian dan sebagainya.

Dalam artikel yang berjudul  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa ini  secara garis besar dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan kemandirian belajar sangat berpengaruh besar terhadap prestasi belajar.

Jika saat ini anda sedang kesulitan dalam  Pembuatan Disertasi, Tesis, dan Skripsi Kami IDtesis membantu anda menyelesaikan kendala dan kesulitan anda. 

Leave a Reply