HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Makalah Pendidikan dan Definisinya

Contoh makalah pendidikan, sekarang ini banyak kita temui. Contoh makalah pendidikan banyak mengulas seputar cara meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Definisi pendidikan adalah pengalaman atau hal-hal diperoleh dari proses belajar baik proses formal (terjadi dalam lingkungan sekolah) ataupun informal (dapat terjadi di lingkungan keluarga, masyarakat) yang mana proses tersebut berlangsung seumur hidup dengan tujuan untuk mengoptimalkan kemampuan. Pendidikan merupakan cara-cara mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap untuk menjadikan pribadi yang lebih baik. Karena pendidikan sangat penting, maka contoh makalah pendidikan banyak diulas dalam seminar-seminar.

Untuk kalangan pelajar sekolah menengah atas dan mahasiswa tidak asing lagi dengan kata makalah, misal contoh makalah pendidikan. Karena makalah, sering mereka kerjakan untuk tugas atau bahkan menjadi salah satu syarat kelulusan. Definisi makalah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada dua macam, yakni pengertian yang pertama makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan. Pengertian yang kedua, makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Berikut adalah salah satu contoh makalah tentang ruang multimedia sebagai salah satu cara meningkatkan mutu pembelajaran. Latar belakang pengambilan judul tersebut antara lain dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang pesat dalam bidang multimedia, maka dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar dalam suasana belajar konvensional, membosankan, dan tidak menarik. Dengan diterapkannya multimedia dalam proses belajar tersebut diharapkan peserta didik tidak merasa bosan, berminat dan fokus dengan pelajaran yang sedang diberikan. Jadi ruang multimedia dapat menjadi media belajar yang lebih baik dari sebelumnya, interaktif, menarik, dan dapat mengembangkan kecakapan peserta didik.

Dalam hal ini, ruang multimedia merupakan ruangan belajar khusus yang dilengkapi dengan komputer atau laptop untuk setiap siswa, headphone, mikrofon, sound system, LAN, projector/ LCD untuk menayangkan presentasi, serta AC. Informasi yang didapat berupa tampilan gambar, musik, video dll. Dalam proses belajar mengajar dengan ruang multimedia, siswa dapat mengirimkan tugas melalui email, siswa dapat mempresentasikan hasil kerja dengan projector, guru dapat menerangkan menggunakan LCD tidak hanya dengan metode ceramah seperti biasanya. Dengan adanya ruang multimedia perlu ada poin-poin yang perlu diperhatikan antara lain anggaran biaya yang harus ditanggung, motivasi siswa dalam perbaikan belajar, sumber daya manusia baik guru atau siswa.

Dari uraian singkat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ruang multimedia merupakan salah satu cara dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena dengan fasilitas tersebut siswa tidak lagi menganggap sekolah adalah lingkungan yang membosankan, tidak mengantuk mendengarkan penjelasan guru, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sekolah, meningkatkan motivasi, prestasi belajar.

Berikut adalah sebagian lain contoh makalah pendidikan :

  1. Sekilas Mengenal Tentang Tunjangan Profesi Guru
  2. Konsep Dasar Manajemen Sekolah
  3. Manajemen Sekolah Dalam Upaya Mengantisipasi Perubahan
  4. Manajemen Kinerja Guru
  5. Tugas Pokok Dan Fungsi Pengawas Sekolah
Incoming search terms:
1 Comment
  1. keren broo ane bookmark yah

Leave a Reply