HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog

Judul Skripsi : Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Pengembangan pariwisata dalam hal ini melibatkan semua lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah, baik kalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat biasa diharapkan turut membantu dan menunjang keberhasilan pengembangan pariwisata.

Dilihat dari sisi partisipasi masyarakat, strategi ini lebih memungkinnkan timbulnya keikutsertaan masyarakat, Pemerintah Desa Berjo dan Pemerintah Daerah Karanganyar untuk memajukan obyek wisata air terjun Jumog yaitu mulai dari proses perumusan, kebutuhan, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. (Y. Slamet 1993 ). Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis mengambil judul “Potensi Dan Strategi Pengembangan Obyekwisata Air Terjun Jumog Kab. Karanganyar”

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Potensi wisata apa saja yang dapat dikembangkan di lingkungan obyek wisata air terjun Jumog ?
  2. Strategi apa saja yang digunakan masyarakat Desa Berjo, Kecamatan. Ngargoyoso untuk mengembangkan obyek wisata air terjun Jumog ?
  3. Kendala dan hambatan apa saja yang dihadapi masyarakat desa Berjo, Kec. Ngargoyoso dan pemerintah kab. Karanganyar dalam memasarkan dan mengembangkan obyek wisata air terjun Jumog?

 

C. Tinjauan Pustaka

Potensi Pariwisata

Potensi pariwisata adalah segala hal dan keadaan baik yang nyata dan dapat diraba, maupun yang tidak dapat diraba, yang digarap, diatur dan disediakan sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat / dimanfaatkan / diwujudkan sebagai kemampuan, faktor dan unsur yang diperlukan / menentukan bagi usaha dan pengembangan kepariwisataan, baik itu berupa suasana, kejadian, benda maupun layanan / jasa. ( R.S.Damardjati, 2001 )

Pengertian Strategi Pengembangan Pariwisata

Strategi merupakan sarana yang digunakan untuk mencapai tujuan akhir. Kata strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu “STRATEGOS” yang berarti jenderal atau perwira negara. Dalam perkembangannya, definisi strategi mengalami perluasan arti. Strategi adalah suatu seni menggunakan kecakapan dan sumber daya suatu organisasi untuk mencapai sasarannya melalui hubunganya yang efektif dengan lingkungan dalam kondisi yang paling menguntungakan. ( J. Salusu, 1998 )

Jenis Obyek dan Daya Tarik Wisata

Daya tarik wisata merupakan potensi yang menjadi pendorong kehadiran wisatawan ke suatu daerah tujuan wisata. Obyek dan daya tarik wisata adalah yang menjadi sasaran perjalanan wisata. Hal -hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu tempat tujuan wisata menurut Marrioti adalah :

    1. Benda – benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta yang berupa : Iklim, bentuk tanah, pemandangan alam, hutan belukar, flora dan fauna, dan lain – lain.
    2. Hasil cipataan manusia yang berupa benda – benda bersejarah, kebudayaan, keagamaan seperti : museum, perpustakaan, dan lain – lain.
    3. Tata cara hidup masyarakat yang berupa kebiasaan hidup masyarakat dan adat istiadat yang merupakan daya tarik wisatawan. ( Oka. A.Yoeti, 1983)

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, arsip dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

Strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Berjo, Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar dan Bp. Abdullah Farad selaku investor dalam pengembangan obyek wisata ini telah mengadakan pembahasan untuk mengembangkan objek wisata ini. Strategi yang dilakukan antara lain membahas anggaran pengembangan obyek wisata, menentukan konsep pengembangannya dan melakukan usaha untuk meningkatkan wisatawan. Untuk anggaran dana telah diambil alih oleh Bp.Abdullah Farad sebagai investor dengan pembagian hasil berbanding 60 : 40. Untuk konsepnya Pemerintah Desa Berjo tetap bertumpu pada alam, dengan maksud tidak mengubah kondisi alam tersebut. Sehingga pemandangan di sekitar lokasi air terjun masih alami. Dan untuk meningkatkan jumlah wisatawan, usaha yang dilakukan dengan melakukan promosi melalui internet, baliho dan televisi dalam hal ini bekerja sama dengan TA TV dan SCTV.

Dalam pengembangan obyek wisata air terjun ini tentunya masih terdapat hambatan maupun kendala – kendala lain. Kendala yang paling utama dihadapi oleh Pemerintah Desa Berjo sebagai pengelola untuk mengembangkan obyek wisata air terjun Jumog ini adalah hak milik. Dengan kata lain untuk mengembangkan obyek wisata ini masih terhalang oleh status kepemilikan tanah. Karena sebagian tanah di sekitar obyek wisata ini berstatus milik warga sekitar obyek wisata. Warga sekitar tidak mengijinkan tanahnya dibeli oleh pengelola obyek wisata dengan alasan jika tanah tersebut dibeli sudah pasti warga sekitar yang mempunyai usaha dagang akan kehilangan mata pencaharian, karena tujuan dari pembelian tanah tersebut untuk membangun sarana penunjang luar obyek wisata seperti : rumah makan, kios souvenir, kios oleh – oleh, area parkir yang memadai dll.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Administrasi Kompensasi Karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
  2. Tanggapan Konsumen Terhadap Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Pada Rocketz
  3. Evaluasi Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning pada PT KUSUMA
  4. Penerapan Promotional Mix yang Efisien Guna Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta
  5. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar

 

Incoming search terms:

Leave a Reply