HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Upaya Meningkatkan Kompetensi Rawat Luka Pada Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia

Judul Tesis : Penerapan Media Audio Visul dan Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Rawat Luka Pada Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia

A. Latar Belakang Masalah

Setiap institusi pendidikan mempunyai tujuan yang akan dicapai. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan seperangkat kelengkapan dalam berbagai bentuk dan jenisnya. Semua dapat diberdayakan menurut fungsi masing-masing kelengkapan. Kurikulum dapat dipakai oleh guru dalam merencanakan program pengajaran. Program institusi dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Sarana dan fasilitas yang tersedia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar lebih memotivasi anak didik untuk belajar (SB Djamarah, 2002).

dalescone3 Tesis Upaya Meningkatkan Kompetensi Rawat Luka Pada Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia

 

Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran (I Wayan Santyasa, 2007).

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah penerapan media audio visual dan demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi rawat luka pada praktikum Kebutuhan Dasar Manusia pada mahasiswa DIII Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya?

C. Kajian Teoritik

Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang menyajikan suatu prosedur atau tugas, cara menggunakan alat, dan cara berinteraksi dengan klien (Nursalam, 2007). Metode demontrasi adalah pertunjukkan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara n yata atau tiruannya (Sagala, 2005).

Media Pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti sesuatu yang terletak di tengah (antara dua pihak atau kutub). Media juga dapat diartikan sebagai perantara atau penghubung antara dua pihak, yaitu antara sumber pesan dengan penerima pesan atau informasi. Briggs (1985) mengatakan bahwa media pembelajaran pada hakekatnya adalah peralatan fisik untuk membawakan atau menyempurnakan isi pembelajaran, sedangkan Smaldino mengatakan bahwa media adalah suatu alat komunikasi dan sumber informasi, media menunjukkan pada segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber pesan dan penerima pesan (Heinich R, Molenda and Smaldino, 2002).

Media Pembelajaran VCD

Menurut Azhar Arsyad (2006) “ Computer Video Disc adalah system penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio visual direkam pada disket plastic bukan pada pita magnetic” . Menurut Syaiful B. Djamaroh (2002), media video merupakan salah satu jenis media audio visual yang dapat menampilkan suara , gambar sekaligus gerakan.

Kompetensi Kebutuhan Dasar Manusia

Menurut McAshan dalam buku W. Sanjaya (2006), mengatakan kompetensi adalah suatu pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan atau kapabilitas yang dimiliki seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga mewarnai perilaku kognitif, afektif dan psikomotoriknya.

C. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 2 siklus, subyek penelitian atau sampel penelitian adalah mahasiswa semester dua DIII Keperawatan UM Surabaya berjumlah 47 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.

Pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi, kemudian data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi teori.

Teknik analisis dengan menggunakan reduksi data, sajian data dan verifikasi.

D. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penerapan media audio visual dan demonstrasi dalam pembelajaran praktikum kompetensi rawat luka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Penerapan media audio visual dan demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil evaluasi praktikum kompetensi rawat luka.

 

Leave a Reply