HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang adalah pendidikan formal yang berdiri sejak tanggal 8 Desember 1993. Telah mendapat akreditasi Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  dengan SK. Dirjen Dikti No, 657/DIKTI/Kep/1993).   Berkat upaya yang sungguh-sungguh dan konsisten Program StudiMagister Manajemen berhasil mencapai peringkat Terakreditasi dengan kualifikasi UNGGUL melalui Keputusan Nomor : 025/BAN-PT/Akl/S2/IX/2000 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Magister di Perguruan Tinggi.  Program studi magister manajemen. Ditujukan untuk mendidik mahasiswa untuk meningkatkan derajad keilmuannya dari sisi akademik. Mengajarkan ilmu-ilmu manajemen yang bersifat penguasaan konsep teoritis dan berorientasi pada riset, sehingga dapat dijadikan landasan untuk melanjutkan studi di program doktor (S3).

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Sasaran
  7. Profil Lulusan
  8. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  9. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

 

 

Akreditasi Magister Manajemen

Keputusan Nomor : 025/BAN-PT/Akl/S2/IX/2000 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi terakreditasi B Program Studi untuk Program Magister di Perguruan Tinggi.

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akta Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963.

Pada waktu itu, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 (tiga) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas ini mendapat status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.

Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akta Notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akta ini kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris G. Kamarudzaman No. 7 Tanggal 6 Juni 1975, dan diperbaharui lagi dengan Akta Notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/ XI/ 1988 tanggal 28 November 1988.

Pada tahun 1968, Universitas Muhammadiyah Malang menambah fakultas baru, yaitu Fakultas Kesejahteraan Sosial yang merupakan fi‘lial dari Fakultas Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan demikian, pada saat itu Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki empat fakultas. Selain itu, FKIP Jurusan Pendidikan Agama mendaftarkan diri sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naungan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah.

Pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah ini mendapatkan status yang sama dengan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN), dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 50 Tahun 1970. Pada tahun ini pula Fakultas Kesejahteraan Sosial mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial. Kemudian pada tahun 1975 Fakultas ini resmi berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta) dengan Surat Keputusan Terdaftar Nomor 022 A/1/1975 tanggal 16 April 1975.

Fakultas yang kemudian ditambahkan adalah Fakultas Teknik, yaitu pada tahun 1977. Pada tahun 1980 dibuka pula Fakultas Pertanian, kemudian menyusul Fakultas Peternakan. Antara tahun 1983 sampai dengan 1993, ditambahkan jurusan-jurusan baru dan ditingkatkan status jurusan-jurusan yang suudah ada. Yang terakhir, pada tahun 1993 Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen dan Magister Sosiologi Pedesaan. Sampai tahun akademik 1994/1995 ini, Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki 9 fakultas dan 25 jurusan/program studi tingkat strata Si, dua program studi strata-S2, dan satu akademi /strata-D3 Keperawatan. Pada rentang tiga puluh tahun perjalanan UMM ini (1964- 1994), perkembangan yang paling berarti dimulai pada tahun 1983-an. Sejak saat itu dan seterusnya UMM mencatat perkembangan yang sangat mengesankan, balk dalam bidang peningkatan status Jurusan, dalam pembenahan administrasi, penambahan sarana dan fasilitas kampus, maupun penambahan dan peningkatan kualitas tenaga pengelolanya (administrasi dan akademik). Tahun 2009, UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian.

Dalam bidang sarana fisik dan fasilitas akademik, kini telah tersedia tiga buah kampus: Kampus I di Jalan Bandung No. 1, Kampus II di Jalan Bendungan Sutami No. 188a, dan Kampus III (Kampus Terpadu) di Jalan Raya Tlogo Mas. Dalam bidang peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga akademik, telah dilakukan (1) rekruitmen dosen-dosen muda yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di pulau Jawa, (2) Peningkatan kualitas para dosen dengan mengirim mereka untuk studi lanjut (S2 dan S3) di dalam maupun di luar negeri. Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Muhammadiyah Malang sudah menjelma ke arah perguruan tinggi alternatif. Hal ini sudah diakui pula oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII yang pada pidato resminya pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Malang tanggal 11 Juli 1992, mengemukakan bahwa UMM tergolong perguruan tinggi yang besar dan berprospek untuk menjadi perguruan tinggi masa depan yang berkualitas.

Dengan kondisi yang terus ditingkatkan, kini Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga tetapi rendah hati siap menyongsong masa depan, untuk ikut serta dalam tugas bersama “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan “membangun manusia Indonesia seutuhnya” dalam menuju menjadi bangsa Indonesia yang bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Visi

Visi 2020 menjadi Program Studi Magister Manajemen yang mampu bersaing di tingkat nasional dan menghasilkan lulusan bermutu dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan praktek manajemen yang berpegang pada landasan etika dan tanggungjawab sosial.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen yang berorientasi pada ilmu dan praktek manajemen yang berlandaskan etika dan tanggungjawab sosial.
  2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk mengembangkan sumberdaya manusia profesional yang berwawasan luas, memiliki kepekaan dan tanggungjawab sosial terhadap praktek-praktek manajemen.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian, serta pengembangan pemikiran di bidang ilmu dan praktek manajemen yang bermanfaat bagi civitas academica dan masyarakat secara umum.
  4. Hasil studi di bidang ilmu dan praktek manajemen digunakan sebagai dasar melaksanakan pengabdian pada masyarakat

 

Tujuan

  1. Memiliki kepribadian ulul-albab, yaitu kepribadian yang seimbang antara fakultas piker dan fakultas dzikir.
  2. Memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk meningkatkan pelayanan profesi melalui penelitian dan pengembangan.
  3. Memiliki kemampuan untuk berpartisispasi dalam pengembangan disiplin ilmu manajemen
  4. Memiliki kemampuan untuk memahami, menganalisis dan memecahkan setiap persoalan secara rasional dan strategis sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Memiliki kemampuan untuk menangkap dan mengantisipasi gejala-gejala perubahan yang sedang dan mungkin terjadi akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu merumuskan pendekatan untuk memecahkan berbagai masalah yang terjadi di organisasi dengan melalui penalaran kritis

 

Sasaran

 

  1. Dihasilkan magister (S-2) bidang manajemen yang memiliki kualifikasi keimuan dan kompetensi yang tinggi dan memiliki kemandirian untuk bekerja sebagai tenaga akademik dan peneliti
  2. Dihasilkan magister (S-2) bidang manajemen yang memiliki kualifikasi kompetensiprofesional yang mampu menggunakan perangkat-perangkat manajerial untuk meningkatkan kinerja organisasi bisnis dan publik
  3. Dihasilkan magister (S-2) bidang manajemen yang memiliki kemampuan menganalisis persoalan-persoalan aktual manajemen yang berkembang dan masyrakat, mampu memberikan kontribusi dalam mencari solusi, serta upaya-uaya pengembangan konsep, teori, metodologi serta praktik-praktik manajemen dengan perspektif manajemen yang lebih luas
  4. Dihasilkan magister (S-2) bidang manajemen yang memiliki kemampuandan kemandirian dalam mengembangkan gagasan-gagasan, mensosialisasikan dan menerapkan ilmu dan praktek manajemen modern yang mengacu pada integritas moral, intelektual dan profesional yang mencerminkan kepribadian pada tanggungjawab sosial manajemen.

 

Profil Lulusan

Kompetensi Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang, dapat berkehidupan yang Islami dan beruswah khasanah, sehingga mampu :

 

Merancang dan mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang keilmuan yang ditekuni.

Memiliki kreatifitas dan integritas ilmiah.

Memiliki kemampuan mengkaji dan memecahkan masalah di bidang keilmuan saat ini dan yang akan datang dengan dukungan IPTEKS.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

  1. Prodi Agama Islam
  2. Prodi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Prodi Ekonomi dan Bisnis
  4. Prodi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Prodi Teknik
  6. Prodi Pertanian dan Perternakan
  7. Prodi Psikologi
  8. Prodi Hukum
  9. Prodi Kedokteran
  10. Prodi Ilmu Kesehatan

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

  1. Magister Manajemen (terakreditasi B)
  2. Magister Ilmu Agama Islam (terakreditasi A)
  3. Magister Hukum (terakreditasi A)
  4. Magister Kebijakan & Pengembangan Pendidikan (terakreditasi B)
  5. Magister Psikologi (terakreditasi B)
  6. Magister Sosiologi (terakreditasi A)
  7. Magister Agribisnis (terakreditasi A)
  8. Magister Pendidikan Matematika (terakreditasi C)
  9. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (terakreditasi B)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by