HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM-UMY), berperan aktif dalam pengembangan diri manajer dan profesional berbasis pada pengetahuan dan ketrampilan bisnis yang unggul dan etika moralitas yang mencerahkan. Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha (Entreprenuer).

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan Umum
  6. Tujuan Khusus
  7. Sasaran
  8. Profil Lulusan
  9. Peluang Karir
  10. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  11. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

 

Akreditasi Magister Manajemen

Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Terakreditasi B dengan sk BAN PT No : 1010/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2016

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Niat untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ada sejak lama. Prof. Dr. Kahar Muzakkir dalam berbagai kesempatan melemparkan gagasan perlu didirikannya Universitas Muhammadiyah. Ketika Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pengajaran meresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1960, secara eksplisit piagam pendiriannya mencantumkan FKIP sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah. Barulah pada bulan Maret 1981, melalui perjuangan yang keras beberapa aktivis Muhammadiyah seperti Drs. H. Mustafa Kamal Pasha, Drs. M. Alfian Darmawan, Hoemam Zainal, S.H., Brigjen. TNI. (Purn.) Drs. H. Bakri Syahid, K.H.Ahmad Azhar Basir, M.A., Ir.H.M.Dasron Hamid, M.Sc., H.M. Daim Saleh, Prof. Dr. H. Amien Rais, M.A., H.M.H. Mawardi, Drs. H. Hasan Basri, Drs. H. Abdul Rosyad Sholeh, Zuber Kohari, Ir. H. Basit Wahid,H Tubin Sakiman, Drs. Ahmad Fadhil yang gigih mencari Mahasiswa serta didukung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu, K.H. A. R. Fakhrudin dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY H. Mukhlas Abror, secara resmi didirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang kemudian berkembang hingga saat ini.

 

Pada awal berdirinya, rektor UMY dipercayakan kepada Brigjen. TNI (Purn) Drs. H. Bakri Syahid, yang saat itu sudah selesai masa tugasnya sebagai Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rektor periode berikutnya dipercayakan kepada Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc. Akan tetapi karena proses permintaan izin menteri belum selesai, maka ditunjuk seorang sesepuh Muhammadiyah, H. M. H Mawardi, menjadi rektor.

 

Visi

Menjadi Program Pascasarjana unggulan di Indonesia pada tahun 2020 yang mampu mewujudkan integrasi dan interkoneksi antara ilmu ke-Islaman dengan ilmu pengetahuan modern

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di tingkat doktoral dan magister yang berwawasan global, aplikatif dan inspiratif sesuai nilai-nilai universalitas kemanusiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu menerjemahkan dan mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan modern.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan menerapkan hasil-hasil penelitian
  4. Berperan sebagai pusat pengembangan intelektual Muhammadiyah untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia

 

Tujuan Umum

Terwujudnya doktor dan magister muslim yang menguasai ilmu pengetahuan, berakhlak mulia, berwawasan global dan mampu mengembangkan kompetensi keilmuannya untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

 

Tujuan Khusus

  1. Melahirkan akademisi (pemikir, dosen, guru, peneliti) dan praktisi (manajer, pejabat, birokrat) bergelar doktor dan magister dengan kualitas intelektual dan integritas moral yang tinggi dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan ke-Islaman kontemporer.
  2. Menghasilkan penelitian yang mampu melakukan saintifikasi (pengilmuan) Islam dan Islamisasi ilmu sehingga mampu memberikan pencerahan dan keilmuan serta berhasil meraih kehidupan yang lebih baik (better life) dan komprehensif
  3. Menghasilkan program-program pengabdian masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian yang mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan modern
  4. Menjadi pusat pengembangan keilmuan di lingkungan Muhammadiyah untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia

 

Sasaran

  1. Terwujudnya lulusan bergelar doktor dan magister dengan kualitas intelektual dan integritas moral yang tinggi dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan ke-Islaman kontemporer
  2. Terselenggaranya penelitian yang mampu melakukan saintifikasi (pengilmuan) Islam dan Islamisasi ilmu sehingga mampu memberikan pencerahan dan keilmuan serta berhasil meraih kehidupan yang lebih baik (better life) dan komprehensif
  3. Terselenggaranya program-program pengabdian masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian yang mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan modern
  4. Terwujudnya pusat pengembangan keilmuan di lingkungan Muhammadiyah untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia

 

Profil Lulusan

Lulusan Program Magister Manajemen memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem; memiliki kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen; mampu mengembangkan kajian-kajian teoretis konsepsional terkini; memiliki kemampuan mencerna buah pikir manajemen; kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan yang unggul dalam bidang manajemen.

 

Lulusan Program Magister Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.

 

Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.

 

Kompetensi dasar Magister Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

 

Lulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.

 

Peluang Karir

Lulusan Magister Manajemen (MM) dapat bekerja dan berkarir sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dsb.

 

Sebagai entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.

 

Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Program Studi Pendidikan Dokter

Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program Studi Pendidikan Bahasa

Program Studi Pertanian

Program Studi Teknik

Program Studi Hukum

Program Studi Agama Islam

Program Studi Ekonomi dan Bisnis

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Program Magister Manajemen

Program Magister Studi Islam

Program Magister Keperawatan

Program magister Manajemen Rumah Sakit

Program Magister Ilmu Hukum

Program Magister Ilmu Pemerintahan

Program Magister Hubungan International

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by