HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro adalah Program Pasca Sarjana di lingkungan Universitas Diponegoro yang khusus mendidik mahasiswa dengan latar belakang ekonomi, manajemen, engineering dan sains serta disiplin ilmu lainnya untuk menjadi ahli yang profesional dalam manajemen bisnis.

Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro ini berdiri pada tanggal 4 Juli 1994 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 166/DIKTI/Kep/1994 untuk pendidikan Pasca Sarjana bergelar S2 dalam bidang studi manajemen

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  7. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

 

Akreditasi Magister Manajemen

Program Studi Magister Manajemen telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional sebanyak 3 kali. Akreditasi pertama tahun 2001 dengan SK DIKTI DEPDIKBUD Nomor 00342/Ak-1-43/UDPMMJ/II/2001 predikat Unggul. Selanjutnya pada tahun 2006 dengan SK DIKTI Nomor : 00666/AK-V/S2-014/UDEMMJ/X/2006 mendapat nilai 4,8 dan Status A.

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Pada tahun 1990-an banyak bermunculan Program MBA (Magister Bussiness Administration) di berbagai kota besar di Indonesia yang belum tertata sehingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sekarang Menteri Pendidikan Nasional, dalam hal ini ditangani oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. Sukaji Ranuwihardjo) waktu itu mengambil kebijakan menata program – program Magister Bussiness Administration (MBA) dengan mendirikan Program Magister Manajemen di dua Universitas yaitu di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada yang merupakan program percontohan. Program tersebut berorientasi akademik terbukti dari Surat Keputusan pendirian Program Magister Manajemen yang disetujui sebagian besar berorientasi akademik hanya beberapa program yang disetujui berorientasi profesional misalnya Lembaga Pendidikan Manajemen (LPM) Jakarta.

 

Pada tahun 1992, Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo, sebagai Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro ditugasi untuk merintis pendirian Program Magister Manajemen oleh Prof. Dr. Soewito, sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, namun waktu itu bertepatan dengan masa pergantian Dekan Fakultas Ekonomi dan kebetulan Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekonomi menggantikan Prof. Dr. Soewito, Alm., sehingga Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo bersama Pembantu – Pembantu Dekan (Prof. Dr. Miyasto, Drs. Subiyanto dan Dr. Syafrudin Budiningharto, SU) mohon kepada Prof. Dr. Soewito untuk meneruskan merintis berdirinya Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Selanjutnya dibentuk Panitia pendirian Program Magister Manajemen yang terdiri dari Prof. Dr. Soewito; Drs. Sugiono, MSIE; Dr. Augusty Ferdinand, MBA; Drs. Imam Ghozali, M.Com Hons, Ph.D, Akt; dan Drs. Sugeng Pamudji, Akt; Dekan FE UNDIP beserta para Pembantu Dekan dan Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi.

 

Pada tahun 1994, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 166/DIKTI/Kep/1994 untuk Pendidikan Pasca Sarjana bergelar S2 dalam bidang Studi Manajemen turun dan sejak saat itu secara resmi Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro mulai beroperasi dan berkembang sampai sekarang.

 

Pada tahun 2001, Program Magister Manajemen UNDIP di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Tim Assesor menilai Program Magister Manajemen UNDIP belum mempunyai gedung sendiri karena waktu itu kegiatan perkuliahan masih bergabung menjadi satu dengan ruang – ruang kuliah Fakultas Ekonomi.

 

Tahun 2002, Program Magister Manajemen UNDIP membangun gedung yang dibiayai oleh Badan Musyawarah Orang Tua dan Mahasiswa (BAMUS) Pasca Sarjana UNDIP yang diketuai oleh Prof. Ir. Sudiro, setelah melakukan survey terlebih dahulu ke UGM dan UNPAD.

 

Hiingga saat ini Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro adalah satu – satunya program Magister di lingkungan Universitas Diponegoro yang telah mampu membangun dan memiliki gedung yang cukup megah di Jl. Erlangga Tengah No. 17 Semarang. Pada tanggal 26 Agustus 2002 Gedung Magister Manajemen UNDIP diresmikan oleh Rektor UNDIP Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc.

 

Hingga tahun 2007, Program Magister Manajemen telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional sebanyak 2 kali. Akreditasi pertama tahun 2001 dengan SK DIKTI DEPDIKBUD Nomor 00342/Ak-1-43/UDPMMJ/II/2001 predikat Status Unggul. Selanjutnya pada tahun 2006 dengan SK DIKTI Nomor 00666/AK-V/S2-01MJ/X/2006 mendapat nilai 4,8 dan Status A.

 

Visi

Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro menjadi sumber belajar yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan profesional dalam bidang manajemen  yang tinggi dan dukungan pengembangan ilmu pengetahuan yang unggul.

 

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dikembangkan misi Program Studi Magister Manajemen Undip sebagai berikut :

  1. Program Studi Magister Manajemen melayani masyarakat melalui pengembangan, penyebaran dan penerapan ilmu pengetahuan manajemen.
  2. Program Studi Magister Manajemen mendorong dan melaksanakan penelitian yang unggul.
  3. Program Studi Magister Manajemen mengembangkan lingkungan belajar mengajar yang menjunjung tinggi etika akademik dan profesi.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif.
  2. Mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem.
  3. Meningkatkan kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen.
  4. Mengembangkan kajian – kajian teoretis konsepsional terkini.
  5. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk mencerna buah pikir manajemen.
  6. Melaksanakan berbagai penelitian dasar yang unggul dalam bidang manajemen.
  7. Melaksanakan berbagai penelitian terapan yang unggul dalam bidang manajemen.
  8. Mengembangkan MM Undip menjadi pusat pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan produktif.
  9. Mengembangkan nilai etika akademik dan profesi sebagai dasar pengembangan sikap mental profesional.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Prodi S1 Manajemen

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Prodi S2 Manajemen

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?