HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Islam Kadiri (UNISKA)

  1. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Bidang Sanggan (Study Kasus pada PT. Gudang Garam Tbk.)
  2. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Uniska Kediri
  3. Evaluasi Danperbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Penerapan Metode Servqual Pada Perpustakaan Universitas Islam Kadiri Kediri
  4. Evaluasi Danperbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Penerapan Metode Servqual Pada Perpustakaan Universitas Islam Kadiri Kediri
  5. Pengaruh Etos Kerja dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan
  6. Pengaruh Motivasi, Prestasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan
  7. Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Citra Indojaya Perkasa Cabang Kediri
  8. Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri
  9. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung
  10. Pengaruh Upah dan Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan
  11. Kepuasan Kerja Tergantung Dari Kinerja Manajerial Dan Partisipasi Penganggaran (Studi Pada Koran Harian Pagi Radar Kediri)
  12. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Uniska Kediri
  13. Pengaruh Penerapan In House Training Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Anugerah Mulia Indobel – Perusahaan Cokelat Monggo
  14. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Bagian Distribusi Pada PT. Indomarco Adi Prima Cab. Ngadiluwih
  15. Pengaruh Program Insentif dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan
  16. Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning dalam Pengembangan Profesionalisme Dosen
  17. Analisis Hubungan Penggunaan Strategi Bersaing Dan Kinerja Organisasi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kediri
  18. Pengaruh Motivasi, Kualitas, Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi AkuntansI (PPAK) (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Kediri)

 

Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Bidang Sanggan (Study Kasus pada PT. Gudang Garam Tbk.)

Intisari

Sumber daya manusia merupakan tokoh sentral dalam organisasi maupun perusahaan. Agar aktivitas manajemen berjalan dengan baik, perusahaan harus memiliki karyawan yang berpengetahuan dan berketrampilan tinggi serta usaha untuk mengelola perusahaan seoptimal mungkin sehingga kinerja karyawan meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi bidang sanggan PT. Gudang Garam Tbk. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 84 karyawan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 20.

Pendekatan Penelitian

Teknik sampling yang dipakai adalah metode total sampling dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil Penelitian

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel (X) yaitu lingkungan kerja berpengaruh terhadap variabel (Y) produktivitas kerja karyawan, dilihat dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,685 dan nilai t hitung sebesar 8,521 dengan nilai signifikansi sebesar 0,014, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (adjusted R2 ) yang diperoleh sebesar 0,740. Hal ini berarti 74,0% variasi variabel produktivitas kerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan kerja, sedangkan sisanya sebesar 26,0% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Evaluasi Danperbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Penerapan Metode Servqual Pada Perpustakaan Universitas Islam Kadiri Kediri

Intisari

Perpustakaan Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri adalah salah satu alat pendidikan yang dapat digunakan oleh semua personil komunitas akademik dalam pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kualitas layanan perpustakaan UNISKA perlu ditingkatkan terus menerus untuk menyediakan kepuasan maksimum untuk pelanggan layanan. Masalah penilaian kualitas layanan adalah untuk menemukan masalah tentang kualitas layanan yang perlu dinilai, sarana penilaian kinerja, dan untuk kualitas standar layanan perpustakaan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dan tingkat kepuasan pengunjung ke perpustakaan layanan UNISKA kemudian merumuskan langkah evaluasi meningkatkan kualitas layanan. Tingkat kualitas layanan perpustakaan UNISKA diukur oleh Metode Servqual (Kualitas Layanan) yang merupakan skala multi dimensi yang dirancang untuk mengukur pelanggan harapan dan persepsi dan kesenjangan di antara mereka pada lima dimensi kualitas layanan termasuk Tangible (bukti langsung), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Responsiveness), Assurance (jaminan), dan Empati (perhatian). Tingkat kepuasan pengunjung dibandingkan dengan pengunjung harapan untuk layanan perpustakaan UNISKA dengan perhitungan gap 5 (servqual). Metode data pengumpulan melalui kuesioner dengan jumlah responden 100.

Hasil Penelitian

Berdasarkan penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa perpustakaan UNISKA Kediri belum dapat memenuhi harapan pengunjung terbukti dari kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam dimensi responsif, jaminan dan dapat diandalkan. Metode Servqual dapat digunakan untuk mengukur kualitas layanan dan level Kepuasan pengunjung perpustakaan di UNISKA Kediri sehingga pengelolaan perpustakaan selanjutnya dapat dilakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan

Pengaruh Etos Kerja dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua variabel independen yaitu pengaruh etika kerja dan disiplin, menggunakan satu variabel dependen yaitu kinerja karyawan. Objek penelitian adalah seluruh karyawan di PT Tugu Raya. Uji t diperoleh variabel arithmet etos kerja hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh etos kerja kerja terhadap kinerja karyawan diterima, sedangkan variabel disiplin hipotesis kedua yang menyatakan ada pengaruh disiplin terhadap kinerja karyawan diterima. Dari penelitian regresi menunjukkan bahwa etos kerja memiliki koefisien regresi 0,663 dan disiplin memiliki koefisien regresi 0,206. Jadi setiap peningkatan etos kerja akan menambah kinerja karyawan 0,663 dan disiplin 0,206.

Hasil Penelitian

Dari hasil ini etos kerja dan disiplin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R square adalah sebesar 0,796 atau sebesar 79,6%, hal ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT Tugu Raya Kediri dipengaruhi oleh etos kerja dan disiplin kerja sebesar 79,6%, dan sisanya 21,4% dipengaruhi oleh faktor – faktor internal dan faktor eksternal yang tidak dibahas dalam penelitian ini serta motivasi, tunjangan upah, insentif, keselamatan dll.

Pengaruh Motivasi, Prestasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Baron Nganjuk. Faktor-faktor ini adalah Motivasi, Preatation dan Lingkungan Kerja. Karyawan yang memiliki motivasi kerja tinggi akan berdampak positif pada organisasi, sehingga tujuan organisasi tercapai. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 karyawan. Variabel yang digunakan adalah Motivasi, Preatation, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menyebarkan kuisioner / kuisioner Alfamart Baron sebanyak 20 karyawan Nganjuk. Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner didasarkan pada skala Likert. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Simultan (Uji F), Uji Signifikansi Persial (Uji t) dengan bantuan program komputer SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Motivasi, Preatation, dan Lingkungan Kerja mempengaruhi Kinerja Karyawan.

Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Citra Indojaya Perkasa Cabang Kediri

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh variable Tingkat Religiusitas (X1) dan Motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan(Y) Pada PT Citra Indojaya Perkasa Cabang Kediri, dan (2) untuk mengetahui pengaruh dominan diantara variabel Tingkat Religiusitas (X1) dan Motivasi kerja(X2) terhadap kinerja karyawan(Y) pada PT Citra Indojaya Perkasa Cabang Kediri. Obyek dalam  penelitian ini adalah karyawan PT Citra Indojaya Perkasa Cabang Kediri dengan jumlah sampel 53 karyawan.

Hasil Penelitian

Hasil Penelitan ini :

  1. Dari Uji Validitas penelitian ini bersifat valid. Hasil validitas nilai probabilitas korelasi [sig.(2-tailed)] > 0.266 untuk masing – masing variabel nya.
  2. Dari Uji Realibilitas angket yang telah dibagikan dan diisi responden bersifat baik dan dapat dipercaya dengan nilai koefisien reabilitas dari penenlitian ini adalah > 0.60.
  3. Dari Uji Regresi Linier Ganda di dapat R = 0.721 artinya Ketersediaan Fasilitas dan Motivasi Kerja signifikan berpengaruh positif terhadap Peningkatan Kinerja karyawan sebesar 72,1%, sisanya 27,9% berasal dari variabel lain.
  4. Variabel Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan dibanding tingkat religiusitas terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri

Intisari

Penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan bank syariah dalam penelitian ini yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 karyawan. Sampel yang diambil dengan sampel jenuh adalah teknik pengambilan sampel jika semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, kompetensi, dan kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan secara simultan variabel motivasi, kompetensi, dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 <0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel Motivasi paling dominan pada kinerja karyawan dengan nilai ? adalah 0,422 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,006 <0,05)

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung

Intisari

Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatif dengan menyebarkan kuisioner untuk mengumpulkan data. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan pegawai pada Bagian Umum Setda Pemerintah Kabupaten Tulungagung sekitar 100 orang yang merupakan populasi dalam penelitian ini diambil dengan teknik Non probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah melalui tes validitas dan reabilitas oleh Pearson’s Product Moment Correlation dan Cronbach’s Alpha.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil analisis penelitian, diketahui bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan dalam jumlah gaya demokratis 7,6%, gaya birokrasi 4,6%, gaya kebebasan 5,4% dan gaya otokratis 4,2 %. Sedangkan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja adalah kebutuhan fisik dan keamanan dibutuhkan sebesar 5,4%, kebutuhan sosial sebesar 0,01%, dan egoistik dibutuhkan sebesar 6,3%. Secara bersama-sama, pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Bagian Umum Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sebesar 29,3%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan dan kinerja motivasi terhadap pegawai pada Bagian Umum Setda Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Untuk itu, disarankan agar Kepala Bagian Umum sebagai pemimpin dapat memotivasi karyawan dengan fasilitas kantor yang lengkap dan menerapkan keadaan faktual gaya kepemimpinan yang sesuai.

Pengaruh Upah dan Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan

Intisari

Upah dan Insentif adalah elemen penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Dengan adanya pemberian upah dan insentif yang layak maka produktivitas pada CV. Maju Mapan Kediri akan dapat ditingkatkan, sehingga perusahaan akan siap dan mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya upah dan insentif terhadap produktivitas kerja karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu semua karyawan CV. Maju Mapan yang membantah 38 orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F dan uji t.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini adalah hasil dari penelitian Y = 2,461 + 0,419 (X1) + 0,440 (X2) Hasil uji F yaitu F hitung sebesar 288,335 dengan sig. = 0,000. Dengan demikian diperoleh hipotesis yang menyatakan bahwa variabel upah dan insentif bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.

Kepuasan Kerja Tergantung Dari Kinerja Manajerial Dan Partisipasi Penganggaran (Studi Pada Koran Harian Pagi Radar Kediri)

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh variabel partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Wasisto dan Sholihin (2004), Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Dari kuesioner yang dikumpulkan responden diperoleh dari persepsi karyawan dan wartawan surat kabar Radar Kediri termasuk manajer menengah dan manajer di atasnya.

Pendekatan Penelitian

Selama penelitian, dari 70 kuesioner yang disebarkan, 58 kuesioner (78,6%) kembali, tetapi hanya 44 kuesioner yang menjawab sepenuhnya sehingga sampel penelitian ini adalah 44 orang. Analisis penelitian ini dengan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran memperkuat kinerja manajerial dan kepuasan kerja ketika partisipasi anggaran berinteraksi dengan keadilan prosedural sebagai variabel moderasi, oleh karena itu pengaruhnya akan lebih kuat dan lebih signifikan. Jadi peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial. Kinerja manajerial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja.

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Uniska Kediri

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Strata-1 Universitas Islam Kadiri Kediri. Hasil pra survei terdapat keluhan pada pelayanan staf yang lambat dan kebingungan tentang tata letak ruang di kampus. Kualitas pelayanan yang diteliti disini meliputi dimensi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang melibatkan 150 responden dari 3484 populasi yang berasal dari program studi manajemen dan akuntansi. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y= 0,770 + 0,204 x1 + 0,049 x2 + 0,153×3 + 0,357×4 + 0,126×5 + e.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan dimensi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa namun secara parsial hanya dimensi bukti langsung dan jaminan saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Islam Kadiri Kediri. Berdasarkan uji determinasi diketahui bahwa Koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,548 atau 54,8%. Hal ini berarti bahwa kemampuan seluruh variabel X dalam menjelaskan variabel Y sebesar 54,8% sisanya (100% – 54,8%) 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan variabel dalam penelitian ini.

Pengaruh Penerapan In House Training Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Anugerah Mulia Indobel – Perusahaan Cokelat Monggo

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh in-house training terhadap karyawan dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Objek penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Anugerah Mulia Indobel sebagai produsen Cokelat Monggo. Dalam hal tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan in-house bagi karyawan, analisis metode menggunakan regresi linier sederhana. Hasil tes menunjukkan bahwa in-house training berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Bagian Distribusi Pada PT. Indomarco Adi Prima Cab. Ngadiluwih

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji sejauh mana pengaruh Motivasi (X2) pada Departemen Distribusi Kinerja Pegawai di PT. IndomarcoAdi Prima, Ngadiluwih; (2) Untuk mengetahui variabel X (gaya kepemimpinan (X1), Motivasi (X2)) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel Y (Kinerja Karyawan) pada PT. Indomarcoadi Prima Ngadiluwih. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT Indomarco Adi Prima cabang Ngadiluwih karena jumlahnya relatif kecil (42 orang). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Indomarco Adi Prima Cab.Ngadiluwih (R) adalah 0843. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kedekatan yang kuat, terhadap kinerja sehingga dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan motivasi sebesar 84,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Pengaruh Program Insentif dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja karyawan di Terra Sistem Komputer Kediri. Variabel dalam penelitian ini adalah insentif dan pelatihan pekerjaan / kegiatan sebagai variabel X, dan kinerja karyawan sebagai variabel Y. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teknik analisis data deskriptif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu karyawan Terra Computer System Kediri yang berjumlah 25 orang. Bagaimana karyawan dapat bekerja dengan sebaik mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan dengan adanya pemberian / pemberian insentif dan pelatihan pekerjaan / kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh insentif dan pelatihan pekerjaan / aktivitas terhadap kinerja karyawan. Dalam menganalisis data digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji T, dan uji determinasi. Dalam penelitian ini menunjukkan R niai sebesar 0,645 dengan makna hubungan atau korelasi antara variabel independen yang terdiri dari insentif (X1), pelatihan kerja (X2) dengan variabel dependen kinerja karyawan (Y) memiliki hubungan yang tinggi atau sangat kuat. Nilai R Square menunjukkan 0,416, ini berarti bahwa pengaruh variabel independen yang terdiri dari insentif (X1), pelatihan kerja (X2) terhadap variabel dependen kinerja karyawan (Y) adalah 41,6% sedangkan 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning dalam Pengembangan Profesionalisme Dosen

Intisari

Dosen profesional adalah profesionalisme dosen yang mencakup profesionalisme pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan profesi dosen. Langkah penting yang dapat dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi adalah dengan mengembangkan program bimbingan profesi dosen yang meliputi bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Program pengembangan dan pengembangan profesionalisme dosen harus dikombinasikan dengan tuntutan sains, teknologi, seni yang berkembang secara luas dan kualitatif. Pengembangan dan pengembangan profesional dosen ini dapat dilakukan melalui program pembinaan berdasarkan analisis kebutuhan institusional. Program dapat dikatakan berhasil jika dalam diri dosen telah terjadi proses transformasi program. Proses transformasi ini dapat dilihat dari dua hal, yaitu: (1) peningkatan kemampuan dalam melakukan tugas dan (2) perubahan perilaku yang tercermin dalam sikap, disiplin dan etos kerja.

Analisis Hubungan Penggunaan Strategi Bersaing Dan Kinerja Organisasi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kediri

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengungkapkan atau mendiskripsikan variasi persaingan Perguruan Tinggi Swasta (PTS); (2) mengetahui penggunaan Strategi Generik Porter baik yang murni maupun kombinasi yang digunakan untuk membedakan variasi strategi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS); (3) mengetahui perbedaan yang nyata antara berbagai kemungkinan kombinasi strategi dengan tingkat kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Perguruan Tinggi Swasta dalam bersaing menggunakan variasi atau berbagai macam strategi. Hal ini dilakukan agar perguruan tinggi swasta tersebut tetap survival dan dapat tetap berjalan atau bertahan hidup; (2) Penggunaan startegi generik Porter di perguruan tinggi swasta dalam bentuk kombinasi lebih banyak dari pada Perguruan tinggi swasta yang menggunakan strategi generik dalam bentuk murni. Hal ini dapat disebabkan karena dalam pengambilan sampel pada penelitian ini lebih besar pada perguraun tinggi swasta yang berbentuk sekolah tinggi kemudian di ikuti oleh akademi, Universitas dan yang terakhir adalah Institut; (3) Perguruan Tinggi swasta yang menggunakan strategi generik dalam bentuk murni (diferensiasi) mempunyai kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta yang menggunakan strategi dalam bentuk kombinasi (fokus diferensiasi). Untuk strategi kepemimpinan biaya (strategi murni) kinerjanya lebih rendah dari pada PTS yang menggunakan strategi fokus kepemimpinan biaya rendah (strategi kombinasi). Dengan demikian maka terdapat berbagai variasi kinerja di perguruan tinggi swasta.

Pengaruh Motivasi, Kualitas, Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi AkuntansI (PPAK) (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Kediri)

Intisari

Penelitian ini di latar berlatarbelakang fenomena yang ada pada mahasiswa akuntansi yaitu banyaknya mahasiswa yang cenderung menginginkan untuk langsung bekerja dari pada melanjutkan studi atau mengikuti PPAk. PPAk merupakan jenis pendidikan tinggi setelah program sarjana atau strata yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus di bidang akuntansi. Diharapkan para lulusan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan perekonomian yang berkompeten, kreatif dan kritis. Selain itu faktor-faktor lain kurang mendukung sehingga mempengaruhi mahasiswa untuk tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial dan simultan Motivasi, Kualitas, dan pengetahuan akuntansi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi berpengaruh signifikan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2013 pada UN PGRI Kediri, UNISKA, dan UPD, dengan jumlah populasi 477 mahasiswa. Sampel berdasarkan Solvin dan didapatkan sebanyak 83 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi, kualitas, dan pengetahuan Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti PPAk. Pengaruh secara simultan motivasi, kualitas, dan pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti PPAk.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by