HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengendalian: Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi dari Perubahan Software

Judul Tesis : Analisa Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi dari Perubahan Software pada PT “X” dalam Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal

 

A. Latar Belakang Tesis 

Dasar dari suatu kegiatan perbankan yang aman dan dapat dipercaya adalah terdapatnya Pengendalian Internal yang Efektif Suatu Sistem Pengendalian Internal yang dirancang dengan balk dan diselenggarakan dengan konsisten terhadap kegiatan operasional dan keuangan membantu manajemen tidak hanya dalam menjaga sumber-sumber daya dan kekayaan hank yang dikelolanya, namun juga dalam menghasilkan laporan keuangan yang reliable dan dalam aktifitasnya telah memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku. Selain itu Pengendalian Internal yang Efektif juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kekeliruan yang signifikan (significant error) dan dapat menolong manajemen dalam mendeteksi hat tersebut tepat waktu.

Efektifitas dan efisiensi Pengendalian Internal dapat ditingkatkan melalui Teknologi Informasi oleh perusahaan dengan menggunakan Peranti Lunak yang memproses transaksi dan data dalam jumlah besar, atau yang lebih sering disebut Program atau Software. Peningkatan ini merupakan basil dari integrasi Teknologi Informasi ke dalam sistem akuntansi, termasuk dengan can menggantikan kontrol manual dengan kontrol yang dilakukan komputer dan juga dalam penyediaan informasi yang berkualitas tinggi (Arens, Elder & Beasley, 2003). Namun karena semakin banyak dan bervariasinya jenis transaksi yang ada, bahkan kebutuhan akan kecepatan dan ketepatan prosesnya serta kemudahan akses yang diperlukan oleh konsumen balk dari dalam maupun dari luar perusahaan, program atau sortware yang ada harus dikembangkan dengan cara mengganti atau pun meng-upgrade-nya, sehingga dengan software yang baru ini dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhan tersebut.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah Perubahan Software yang dilakukan pada PT. “X” memiliki pengaruh dalam Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal pada setiap kantor cabangnya.
  2. Bagaimanakah pelaksanaan Mekanisme Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi dilakukan PT. “X” terhadap adanya Perubahan Software tersebut.
  3. Apakah Disain Pengendalian Umum yang diimplementasikan dalam Software bare memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan Perubahan Software yang dilakukan PT. “X” guna Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal.

 

C. Telaah Kepustakaan

Pengendalian Internal

Sistem Pengendalian Internal terbentuk dari berbagai kebijakan dan prosedur yang di disain untuk memberikan suatu Keyakinan yang Memadai (Reasonable Assurance) bagi Manajemen bahwa perusahaan akan dapat mencapai tujuannya. Berkaitan dengan hal ini terdapat 3 hal/konsep yang mendasar yang berkaitan dengan Pengendalian Internal (Arens, Elder & Beasley, 2003) :

– Tanggung Jawab Manajemen. Manajemen barns membangun dan memelihara Sistem Pengendalian Perusahaan.

– Keyakinan Yang Memadai(Reasonable Assurance). Perusahaan melalui manajemen barns mengembangkan Pengendalian Internal yang memberikan Jaminan yang Layak bahwa laporan keuangan telah di laporkan dengan sebenarnya dan dibuat dengan mempertimbangkan cost dan benefit dari pengendalian tersebut.

Aktifitas Pengendalian

Aktifitas Pengendalian merupakan tindakan, yang didukung oleh kebijakan dan prosedur, dimana ketika tindakan tersebut dilakukan dengan baik dan tepat waktu, maka hal ini dapat mendorong penataan resiko dan pengurangan kemungkinan terjadinya resiko tersebut. Dalam hat ini, pengidentifikasian resiko finansial dan kepatuhan dalam aktifitas operasional adalah tanggung jawab utama para manajer, dan mereka juga memiliki tanggung jawab dalam mendisain, mengimplementasi dan memonitor sistem Pengendalian Internal mereka.

Informasi dan Komunikasi

Informasi dan Komunikasi memiliki dampak penting bagi pengendalian; informasi mengenai rencana organisasi, lingkungan pengendaliannya, resikonya, aktifitas pengendaliannya dan pelaksanaannya harus di komunikasikan ke seluruh tingkatan dalam organisasi. Informasi yang relefan dan handal baik dari sumber luar maupun dalam suatu organisasi harus diidentifikasi, dikumpulkan, diproses dan dikomunikasikan kepada orang – orang yang memerlukannya. Sistem Informasi ini menghasilkan laporan – laporan, termasuk informasi yang terkait dengan operasional, finansial dan kepatuhan, guna memungkinkan untuk menjalankan suatu organisasi.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 125 eksemplar kuesioner pada 34 cabang dan cabang pembantu PT. “X”, dimana masing – masing kantor tersebut melalui proses pergantian program/software.

Variabel ini diukur dengan 9 item pertanyaan yang diharapkan memberikan informasi bahwa dengan pergantian Program telah memberikan perubahan kondisi operasional yang lebih baik. Variabel ini diukur dengan menggunakan 6 item yang berkaitan dengan hal yang menjadi tujuan Pengendalian Internal itu sendiri sesuai dengan SPAP – IAI.

 

E. Kesimpulan

  1. Bahwa dengan adanya Perubahan Software yang lebih baik, maka kondisi Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal akan meningkat. Dengan adanya fasilitas atau peningkatan kapabilitas Program baru yang lebih baik dari Program yang lama dapat membantu operator untuk dapat berperan dalam usaha pencapaian tujuan pengendalian internal.
  2. Interaksi Perubahan Software dengan Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi sebagai variabel moderat, memiliki pengaruh positif terhadap hubungan Perubahan Software dengan Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal. Hal ini berarti bahwa kapabilitas Software baru mampu memenuhi komponen Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi sehingga dalam implementasinya, Program tersebut mendukung atau dapat mendorong efisiensi Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal.
  3. Hasil Analisis menunjukkan bahwa ketiga Hipotesis pada penelitian ini dapat diterima.

 

Contoh Tesis Pengendalian Internal

  1. Analisa Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi dari Perubahan Software pada PT ”X” dalam Pencapaian Tujuan Pengendalian Internal
Incoming search terms:

Leave a Reply