HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Aplikasi Peta Wisata Yogyakarta Berbasis Mobile

INTISARI

Dalam bidang informasi, komputer sangat diperlukan sebagai alat bantu dalam kemajuan penyampaian informasi. Selain itu handphone yang sudah tidak menjadi barang yang mewah lagi pun dibutuhkan untuk kelancaran berkomunikasi. Salah satu informasi penting di bidang pariwisata yaitu adanya peta wisata yang mudah diaplikasikan dimana saja dan kapan saja. Untuk memudahkan itu para masyarakat khususnya wisatawan, dibutuhkan aplikasi peta yang dikemas dalam bentuk multimedia yang dapat diaplikasikan di handphone sehingga lebih terjangkau. Dalam hal ini, aplikasi yang dibangun adalah aplikasi peta wisata di daerah Yogyakarta yang berbasis Mobile.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun sebuah aplikasi peta wisata Yogyakarta yang menarik, informatif, dan dapat diaplikasikan pada Mobile, sehingga mudah dalam penggunaannya. Serta memberikan alternatif sistem informasi peta digital yang lebih efisien dan terjangkau. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi peta wisata ini, maka para wisatawan mudah mendapatkan informasi tentang daerah-daerah wisata yang akan dikunjungi. Aplikasi ini juga menumbuhkan minat masyarakat untuk berkunjung ke daerah wisata yang belum dikunjungi atau bahkan sama sekali tidak diketahui.

Kata Kunci : aplikasi, mobile, peta wisata.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia merupakan negara yang memiliki bermacam-macam objek wisata. Objek wisata tersebar di pelosok Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Objek-objek wisata di Indonesia memiliki keindahan yang sebagian sudah dikenal dunia yang banyak dikunjungi oleh turis-turis mancanegara. Salah satu kota yang memiliki keragaman obyek wisata adalah Yogyakarta. Yogyakarta sebagai salah satu daerah istimewa di Indonesia, menjadikan Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang mempunyai obyek-obyek wisata yang menarik.

Selama ini ketika membicarakan dan menunjukkan suatu lokasi dimana obyek wisata, sering kali keterangan yang didapatkan hanyalah terbatas pada nama jalan dan arah atau ciri-ciri kawasannya. Sedangkan kejelasan lokasi dimana obyek wisata tersebut berada tidak terpetakan secara baik. Karena itu diperlukanlah sebuah aplikasi yang dapat menggambarkan letak suatu tempat dan jarak tempat tersebut. Aplikasi yang berfungsi menampilkan data berupa gambar ini disajikan dalam bentuk form dengan sebuah peta. Peta tersebut akan menandai lokasi-lokasi sesuai pilihan yang dipilih user. Aplikasi ini memanfaatkan gambar karena seseorang akan lebih tertarik dengan sesuatu yang dapat dilihat atau secara visual. Dibandingkan dengan data yang berupa tulisan. Karena biasanya gambar suatu tempat atau seni kebudayaan, sudah menggambarkan suasana ataupun keindahan gambar tersebut. Jadi tidak perlu kata-kata lagi. Setidaknya kata-kata hanya sebagai pelengkap keterangan dari sebuah gambar yang mungkin perlu diperjelas.

Dengan majunya teknologi yang semakin pesat, didukung pula dengan adanya software-software atau aplikasi-aplikasi baru saat ini, input informasi yang ada atau yang disediakan dapat dikemas dengan baik sehingga lebih menarik, efisien dan informatif. Tetapi belum semuanya memanfaatkan kecanggihan teknologi ini, bahkan ada yang belum mengenalnya sama sekali karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan tentang teknologi. Salah satu perkembangan yang penting dalam teknologi yaitu dibutuhkannya program atau aplikasi yang menggunakan grafis, animasi, sound dan video yang berkualitas baik. Ini dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan untuk menggambarkan obyek-obyek wisata di Yogyakarta.

Dengan adanya kecanggihan teknologi ini maka aplikasi peta wisata ini dirancang untuk perangkat mobile (handphone, PDA). Perangkat mobile yang sekarang tidak asing lagi dan sudah memasyarakat dapat menjadi perangkat yang efisien dan terjangkau, sehingga para wisatawan lebih mudah dalam penggunaan aplikasi ini karena aplikasi ini sudah dapat dioperasikan dalam mobile. Peta wisata ini sendiri paling tidak harus memberikan keterangan yang lengkap dan terperinci mengenai segala hal yang berkaitan dengan obyek wisata yang akan dituju. Diantaranya dengan menampilkan deskripsi singkat tentang obyek wisata, lokasi, penentuan jarak lokasi dan lain-lain.

Leave a Reply