HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembuatan Aplikasi Enterprise Resources Planning (erp) Berbasis Web

Pembuatan Aplikasi Enterprise Resources Planning (erp) Berbasis Web

Pembuatan Aplikasi Enterprise Resources Planning (erp) Berbasis Web Untuk Membantu Automasi dan Manajemen Sumber Daya Perusahaan Furniture

ABSTRAK

Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi membutuhkan manajemen sumber daya di dalamnya termasuk Ismoyo Putera Mebel yang melibatkan banyak pihak dalam proses produksinya. Kesimpangsiuran akibat ketidakpastian sumber daya perusahaan akan terjadi apabila manajemen sumber daya perusahaan mereka tidak terkontrol dengan baik. Tujuan dari penelitian adalah merancang dan membuat aplikasi web ERP untuk membantu automasi dan manajemen sumber daya perusahaan.

Aplikasi web dibuat menggunakan protokol Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk dikirim ke Uniform Resources Locator (URL). Hasil rancangan berupa user interface yang ditujukkan untuk client dan para pengguna yang lain. Web ERP dapat membantu mengolah manajemen sumber daya perusahaan. ERP adalah sistem informasi berorientasi akuntansi untuk mendefinisikan dan merencanakan sumber-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil, membuat, mengirim dan menghitung pesanan konsumen. Aplikasi ini layak disebut sebagai web ERP karena sesuai dengan dasar teori yang ada dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengatur manajemen sumber daya perusahaan yang teratur.

Kata kunci: automasi, erp, manajemen, sumber daya perusahaan, web

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Sebuah perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang produksi pasti akan membutuhkan dan melibatkan berbagai macam manajemen sumber daya di dalamnya, seperti manajemen sumber daya manusia atau dalam hal ini karyawan dan pekerja, manajemen sumber daya modal atau capital, dan sebagainya. Kenyataan menunjukkan bahwa sebuah proses dalam perusahaan seringkali mengalami kesimpangsiuran karena adanya ketidakpastian kondisi sumber daya perusahaan. Informasi terbaru perusahaan sering kali sulit diketahui dan dilacak termasuk perubahan kondisi karyawan, perubahan kondisi modal baik yang bertambah maupun yang berkurang. Faktor komunikasi yang kurang lancar pun menjadi pendukung ketidakpastian tadi. Situasi seperti ini sudah pasti akan mengganggu produktivitas perusahaan, efektivitas tidak akan tercapai dengan baik. Segala sesuatu akan berjalan dengan tidak efisien dan tidak tepat waktu.

Walaupun demikian, manajemen sumber daya yang ada pada sebuah perusahaan dapat diidentifikasi dan diakses dengan cepat dengan menggunakan sebuah ERP (enterprise resources planning). Ismoyo Putera Mebel merupakan suatu jenis perusahaan mebel yang membutuhkan perencanaan sumber daya perusahaan yang matang di dalamnya. Perencanaan sumber daya yang baik akan membantu menyelesaikan berbagai masalah administrasi dan operasional perusahaan. Dengan adanya ERP ini diharapkan segala bentuk kebutuhan sumber daya perusahaan baik sumber daya manusia maupun sumber daya yang lain dari Ismoyo Putera Mebel dapat direncanakan dengan baik sehingga pemenuhan kebutuhan konsumen tercapai dengan baik. Perusahaan dapat melihat dan merencanakan dengan jelas segala bentuk sumber daya yang diperlukan dalam kegiatan bisnis mereka.

Dari hasil Tugas Akhir yang telah dilakukan, maka untuk membantu pembuatan perencanaan yang baik terhadap manajemen sumber daya perusahaan pada Ismoyo Putera Mebel dilakukanlah pembuatan aplikasi enterprise resources planning (ERP) berbasis web untuk membantu automasi dan manajemen sumber daya perusahaan furniture.

Incoming search terms:

Leave a Reply