HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Hubungan Kekuatan Otot Lengan n Panjang Lengan dgn Hasil Servis atas Bola Voli

Judul Tesis : Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan dengan Hasil Servis atas Bola Voli Pada Siswa Putera Ekstrakurikuler Ma Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang Tahun pelajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Di MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang permainan bola voli dijadikan suatu kegiatan belajar dan dapat dilakukan sebagai suatu kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di waktu senggang, kini bola voli tidak hanya sebagai rekreasi, namun sudah menjadi bagian dari olahraga pendidikan. Sebagai olahraga pendidikan selain sebagai sarana pencapaian tujuan pendidikan, hal yang utama adalah sebagai penunjang pembinaan dan pemeliharaan kesegaran jasmani, dan berperan dalam pembentukan kerjasama pada anak, serta pembinaan sportifitas dan pengembangan sifat-sifat lainnya. Semangat bertanding dan pembentukan mental dapat dikembangkan melalui pertandingan antar kelompok, antar kelas dan antar sekolah. Sekolah juga dilengkapi dengan kurikulum pendidikan jasmani di dalamnya memuat pembelajaran olahraga bola voli sebagai kurikulum wajib.

Faktor-faktor kelengkapan yang harus dimiliki seseorang bila ingin mencapai prestasi yang optimal yaitu : 1) pengembangan fisik, 2) pengembangan teknik, 3) pengembangan mental, dan 4) kematangan juara (M. Sajoto, 1995:7). Kemudian faktor-faktor penentu pencapaian prestasi olahraga meliputi aspek biologis terdiri dari : 1) potensi atau kemampuan dasar tubuh yang meliputi kekuatan, kecepatan kelincahan tenaga, daya tahan otot, daya kerja jantung dan paru-paru, kelentukan, keseimbangan, ketepatan dan kesehatan olahraga, 2) fungsi organ tubuh yang meliputi daya kerja jantung, daya kerja pernafasan, daya kerja panca indera, 3) struktur dan postur tubuh yang meliputi ukuran tinggi dan panjang tubuh, ukuran besar, lebar dan bentuk tubuh, dan 4) gizi yang meliputi jumlah makanan yang cukup, nilai makanan yang memenuhi kebutuhan, variasi makanan (M. Sajoto, 1995:1). Menurut M. Yunus (1992:13) bahwa syarat-syarat bibit pemain bola voli yang baik antara lain memiliki syarat fisik, yaitu kesehatan yang baik, tidak memiliki cacat tubuh, postur tubuh tinggi, memiliki unsur kondisi fisik yang baik (kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan, koordinasi kelentukan, power) dan secara fisiologis memiliki kemampuan kerja otot yang baik. Menurut Suharno HP (1985:9), bahwa syarat-syarat dalam pembibitan sesuai tuntutan anatomi atau somatis yang lengkap, tinggi badan 180 cm ke atas untuk putra dan 160 cm ke atas untuk putri, ukuran tangan yang panjang dan ramping tetapi harus memiliki daya ledak yang tinggi untuk pukulan dan bola dalam smes.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang?
  2. Apakah ada hubungan antara panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang?

C. Landasan Teori

Teknik Permainan Bola Voli

Menurut Suharno HP (1985 : 1), permainan bola voli adalah cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain dan di setiap lapangan dipisahkan oleh net. Pantulan bola yang dimainkan boleh menggunakan seluruh anggota badan.

Jenis – Jenis Servis

Menurut Suharno HP, (1985 : 19), servis adalah sebagai tanda dimulainya peraminan dan sebagai suatu serangan yang pertama kali bagi suatu regu. Untuk memperoleh keseragaman gerak tekik servis, maka dalam penelitian ini hanya menggunakan servis atas bola voli.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Servis Bola Voli

Untuk memperoleh bola yang bervariasi ditentukan oleh : (1) Keras atau pelannya pukulan, (2) Tinggi atau rendahnya bola hasil pukulan, dan (3) Membuat bola berputar atau tidak berputar dan melayang; b) Penempatan bola diarahkan kepada titik-titik kelemahan lawan, misalnya arah depan, belakang atau samping.

D. Metode Penelitian

Metode penelitian menggunakan survei dengan teknik tes. Hipotesis penelitian adalah : 1) Ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas, 2) Ada hubungan antara panjang lengan dengan hasil servis atas, 3) Ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis atas, 4) Ada sumbangan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis atas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera ekstrakurikuler MA Darul Ma’arif Kab. Semarang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (prediktor) terdiri dari 1) kekuatan otot lengan (X1), 2) panjang lengan (X2) dan variabel tergantung (kriterium) atau Y adalah hasil servis atas. Populasi penelitian sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik total sampling diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Data kemampuan penelitian diolah menggunakan teknik regresi tunggal dan regresi ganda menggunakan program SPSS versi 10, menggunakan taraf signifikansi 5%.

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang berarti antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tahun 2006.
  2. Ada hubungan yang berarti antara panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tahun 2006.

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Hubungan Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi berdiri terhadap Mahasiswa Putra Semester IV Pklo Fik UNNES
  2. Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan dengan Hasil Servis atas Bola Voli Pada Siswa Putera Ekstrakurikuler Ma Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang Tahun pelajaran 2006/2007
  3. Hubungan Kekuatan Otot , Daya Ledak Otot , dan Panjang Tungkai dengan Kemampuan Menendang Jarak Jauh pada Pemain Sepakbola Asa Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005
  4. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Dribel Berlari dengan Hasil Lay Up Shoot pada anggota UKM Bola Basket Unnes Tahun Ajaran 2003/2004
  5. Hubungan Keterampilan Motorik dengan Hasil Menendang Bola ke Arah Gawang Pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepak Bola (LPSB) Undip Semarang

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)