HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skirpsi Pendidikan: Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu trhdp Hasil Servis

Judul Skripsi :  Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu terhadap Hasil Servis Atas dalam Bola Voli pada Siswa Putra Kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug Tahun Ajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Dalam servis, salah satu organ tubuh yang juga banyak berperan adalah lengan, ialah untuk memukul bola. Oleh karena itu kekuatan lengan sangat penting untuk mencapai suatu prestasi dalam servis atas khususnya dalam memukul bola.

SMA Muhammadiyah adalah sekolah yang menganut tentang agama islam, SMA Muhammadiyah lebih mengutamakan kegiatan tentang keagamaan. Dalam kegiatan olagraga minat siswa untuk mengikuti olahraga masih kurang, sehingga prestasi dalam olahraga masih belum diperhatikan, terutama dalam cabang olahraga bola voli siswanya masih sedikit yang berminat untuk menekuni cabang olahraga bola voli. Saat bermain olahraga bola voli siswanya lebih suka melakukan servis bawah.

 

B. Permasalahan

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?
  2. Apakah ada hubungan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?
  3. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?

 

C. Landasan Teori

Teknik Dasar Bola Voli

Penguasaan terhadap teknik dasar dalam permainan bila voli sangat penting, mengingat penggunaan taknik yang tinggi hanya dimungkinkan kalau penguasaan teknik dasar dalam bola voli cukup sempurna. Permainan bola voli adalah permainan cepat, atinya waktu untuk permainan bola sangat terbatas, sehingga penguasaan teknik-teknik yang kurang sempurna akan memungkinkan timbulnya kesalahan-kesalahan teknik yang lebih besar.

Teknik Servis

Menurut kamus besar bahasa Indonesia servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola (Depdiknas, 2002:1053). Sesuai dengan kemajuan permainan bahwa teknik servis saat ini hanya sebagai permulaan permainan, tetapi perkembangan kemudian ternyata servis dapat juga berupa serangan. Hal ini dapat terlihat sewaktu pemegang servis melakukannya dengan servis atas. Servis sangat penting diberikan, karena merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan permainan bola voli.

Kondisi Fisik

Kondisi fisik adalah suatu kesatuan utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan, baik peningkatannya, maupun pemeliharaannya (M. Sajoto, 1988:57). Bahwa prestasi dalam cabang permainan bola voli tidak cukup dicapai hanya dengan penguasaan suatu teknik saja. Tetapi harus dicapai dengan latihan sebab latihan mempunyai dampak terhadap fisik. Sebab menurut Harsono (1988:153), Kondisi fisik mempunyai peranan yang sangat penting dalam melaksanakan program latihan . Karena jika kondisi fisik itu baik maka :

1) akan ada peningkatan dalam kemampuan sirkulasi dan kerja jantung.

2) akan ada peningkatan dalam kekuatan, kelentukan. daya tahan, kecepatan,dan lain-lain komponen kondisi fisik.

3) akan ada ekonomi gerak yang lebih baik pada waktu latihan.

4) akan ada pemulihan yang lebih cepat dalam organ-organ tubuh setelah latihan.

5) akan ada respon yang cepat dari organisme tubuh kita apabila sewaktu-waktu respon demikian dimiliki.

 

D. Metode Penelitian

Metode dalam penelitian ini adalah Survey tes, populasi dalam penelitian adalah siswa putra kelas X SMA Muhammadiyah Gubug yang berjumlah 128 siswa.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 28% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 35 siswa.

Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik Random Sampling yaitu cara pengambilan sampelnya dengan cara diacak.

Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan servis atas.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial antara variabel X1 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.
  2. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial antara variabel X2 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.
  3. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan antara variabel X1 dan X2 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu terhadap Hasil Servis
  4. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan Renang Gaya Crawl 25 Meter
  5. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar Pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?