HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Hubungan antra kekuatan otot lengan bahu n daya ledak otot lengan bahu

Judul Tesis : Hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu terhadap hasil servis atas dalam bola voli Pada siswa putra kelas x Di sma muhammadiyah gubug Tahun ajaran 2006/2007.

 

A. Latar Belakang

Pada mulanya servis hanya merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan sesuai dengan kemajuan permainan, teknik servis hanya sebagai permulaan permainan tapi jika ditinjau dari sudut taktik sudah merupakan suatu serangan awal untuk mendapat nilai agar suatu regu berhasil meraih kemenangan. Karena kedudukannya begitu penting maka para pelatih selalu menciptakan bentuk teknik servis yang dapat menyulitkan lawan bahkan kalau bisa dengan servis itu langsung membunuh lawan dan mendapat nilai (M Yunus, 1992:69). Servis sendiri juga ada bermacam-macam, dan masing-masing memiliki nama dan sifat serta teknik sendiri-sendiri. Menurut Herry Koesyanto, (2004:12- 19) menjelaskan bahwa bertolak dari pentingnya kedudukan servis ada bermacam-macam teknik dan variasi servis yaitu : 1) Servis tangan bawah (underhand service), 2) Servis Mengapung tangan bawah (Underhand Floating Service), 3) Floating Overhand Service, 4) Overhand Change-Up Service (Slider Floating Overhand), 5) Overhand Round-House Service (Hook Servis), 6) Jumping Service (Sevis dengan lompatan) 7) Servis tangan atas (Overhead service).

Servis atas sebagai salah satu tehnik dasar dalam permainan bola voli harus betul-betul dikuasai sehingga tujuan servis atas itu sendiri dapat tercapai. Servis atas sangan efektif untuk mematikan lawan karena disamping sulit untuk menangkisnya, servis atas memiliki keistimewaan dengan bola cepat dan dekat dengan jaring sehingga menyulitkan lawan. Kekuatan otot adalah kemampuan badan dalam menggunakan daya (Rusli Lutan, 2000:66). Serabut otot yang ada dalam otot akan memberika respon apabila dikenakan beban dalam latihan. Kekuatan otot merupakan salah satu komponan penting dalam keberhasilan melakukan servis atas, karena otot lengan bahu membantu pada saat memukul bola.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?
  2. Apakah ada hubungan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?
  3. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug 2006/2007 ?

C. Landasan Teori

Teknik Dasar Bola Voli

 

Teknik dasar dalam permainan bola voli itu sendiri terdiri dari berbagai macam. Menurut Herry Koesyanto, (2004:10-41) menjelaskan bahwa tehnik dasar permainan bola voli tersebut antara lain Teknik Pas atas, Teknik Pas Bawah, Teknik Smash atau Serangan, Teknik Blok atau Bendungan, dan Teknik Servis.

Teknik Servis

Menurut Herry Koesyanto, (2004:12-19) menjelaskan bahwa bertolak dari pentingnya kedudukan servis ada bermacam-macam teknik dan variasi servis yang perlu diketahui diantaranya ada tujuh macam servis yaitu : 1) Servis tangan bawah (underhand service), 2) Servis Mengapung tangan bawah (Underhand Floating Service), 3) Floating Overhand Service, 4) Overhand Change-Up Servvice (Slider Floating Overhand), 5) Overhand Round-House Service (Hook Servis), 6) Jumping Service (Sevis dengan lompatan) 7) Servis tangan atas (Overhead service).

D. Metode Penelitian Tesis

Metode dalam penelitian ini adalah Survey tes, populasi dalam penelitian adalah siswa putra kelas X SMA Muhammadiyah Gubug yang berjumlah 128 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 28% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 35 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik Random Sampling yaitu cara pengambilan sampelnya dengan cara diacak. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan servis atas.

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial antara variabel X1 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.
  2. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial antara variabel X2 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.
  3. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan antara variabel X1 dan X2 dengan Y maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu dengan kemampuan servis atas pada siswa putra kelas X di SMA Muhammadiyah Gubug.

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu terhadap hasil servis atas dalam bola voli Pada siswa putra kelas x Di sma muhammadiyah gubug Tahun ajaran 2006/2007.
  2. Hubungan antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan renang gaya crawl 25 meter pada Mahasiswa Putera Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2005.
  3. Hubungan antara Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007.
  4. Hubungan antara Kekuatan Otot Perut dan Keterampilan Timang -Timang bola terhadap Ketepatan Tendangan kearah gawang pada Mahasiswa pemain sepak bola PKLO FIK Unnes tahun 2004.
  5. Hubungan antara Kekuatan Otot Tungkai dan Kelentukan Pergelangan kaki dengan Keterampilan Menggiring Bola pada Permainan Sepakbola bagi pemain Klub investindo Purbalingga Tahun 2004.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)