HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dgn Kecepatan Renang Gaya Crawl

Judul Skripsi : Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan Renang Gaya Crawl 25 Meter pada Mahasiswa Putera Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2005

 

A. Latar Belakang

PPOP adalah Pembinaan dan Pembibitan Olahraga Prestasi Jawa Tengah yang dibentuk melalui surat keputusan Ketua KONI Jawa Tengah. PPOP ini meliputi berbagai macam cabang olahraga.

PPOP ini pertama kali dibentuk pada tahun 1997 dan diperbaharui pada setiap tahun anggaran. Sebagai contoh melalui SK Ketua KONI Jawa Tengah No. 011F/S.K/9904 KONI Jawa Tengah mengesahkan dibentuknya PPOP Tahun anggaran 1999-2000 yang meliputi cabang-cabang olahraga : Renang, Tae Kwon Do, Angkat Besi/Angkat Berat/Binaraga yang masing-masing terdiri atas lima belas atlet dan dua pelatih. SK tersebut antara lain juga memutuskan Anggaran untuk kegiatan tersebut dibebankan pada APBD Tingkat I Jawa Tengah. Sebagai pengelola pada waktu itu diketuai oleh Drs. Tohar dan Staf Ade Rasman.

 

B. Permasalahan

  1. Apakah ada hubungan antara tinggi badan dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP Renang Jawa Tengah Tahun 2007.
  2. Apakah ada hubungan antara panjang lengan dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP renang Jawa Tengah Tahun 2007.
  3. Apakah ada hubungan antara VO 2 Max dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP renang Jawa Tengah Tahun 2007.

 

C. Landasan Teori Skripsi

Teknik Renang Gaya Crawl

Renang crawl mempunyai beberapa jenis ialah

  • Gaya Crawl Australia
  • Gaya Crawl Amerika
  • Gaya Crawl Jepang ( Kasiyo Dwijowinoto, 1980 : 12 ).

Ada beberapa cara untuk melakukan renang gaya crawl agar gerakan-gerakan lebih efisien. Cara-cara itu adalah :

  1. Mengayun Kaki
  2. Mengayuh
  3. Koordinasi tangan dan kaki

Tinggi Badan

Selain faktor-faktor kondisi fisik, teknik, taktik dan mental ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan ialah faktor alamiah yang bersifat genetic atau menurun seperti misalnya tinggi badan seseorang sebab menurut M, Sajoto. (1995 : 2 ) Aspek biologis yang berupa struktur dan postur tubuh seperti halnya tinggi badan adalah salah satu penentu pencapaian kemampuan dalam olahraga. Dalam cabang olahraga renang, seseorang mengikuti perlombaan tentu akan menempuh suatu jarak tertentu oleh karena itu seorang perenang untuk mencapai jarak tersebut akan melibatkan panjang badannya dan panjang ini berhubungan dengan tinggi badan, sehingga seorang perenang yang berbadan tinggi akan mencapai jarak lebih cepat bila dibandingkan mereka yang berbadan pendek.

Panjang Lengan

Peranan dari panjang lengan keseluruhan bagi kecepatan renang gaya Crawl adalah bila perenang memiliki panjang lengan keseluruhan yang panjang maka akan memperluas daerah kayuhan dan akan mempercepat laju ke depan. Peranan lengan disini dapat dilihat dengan jelas pada saat melakukan kayuhan (David, G, Thomas, 2000 : 14 ).

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian ini adalah menggunakan metode survey tes, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putera Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2005 yang telah lulus mata kuliah renang berjumlah 120 mahasiswa, karena jumlah banyak maka tidak seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Pemilihan sampel menggunakan system proporsif random sampling, karena mahasiswa angatan tahun 2005 ada tiga kelas. Pemilihan sampel mendapatkan 60 orang mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi tunggal dan regresi ganda. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis hipotesis, untuk uji normalitas data dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov, untuk uji homogenitas menggunakan Chi-Square dan untuk uji linieritas garis regresi dengan uji F dengan menggunakan taraf signifikan 5 %. Karena persyaratan uji hipotesis tidak terpenuhi atau model garis regresi data yang ada menunjukkan tidak linier, maka menggunakan metode statistik non parametrik yaitu menggunakan Korelasi Kendall’S.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP Renang Jawa Tengah Tahun 2007.
  2. Tidak ada hubungan antara panjang lengan dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP Renang Jawa Tengah Tahun 2007..
  3. Tidak ada hubungan yang signifikan antara VO 2 Max dengan kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada atlet PPOP Renang Jawa Tengah Tahun

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu terhadap Hasil Servis
  4. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan Renang Gaya Crawl 25 Meter
  5. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar Pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007

 

 

Leave a Reply