HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pd Perusahaan Umum Bulog

Judul Tesis : Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Kegiatan humas berorientasi pada publik yang senantiasa menjalin komunikasi, baik secara internal maupun external sehingga informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik. Komunikasi harus selalu terjalin antara humas dengan publik untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman. Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah (Perum Bulog Divre Jateng) adalah merupakan salah satu perusahaan yang memerlukan humas dalam menjalankan kegiatan dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Humas Perum Bulog Divre Jateng sangat vital kedudukannya, hal ini dikarenakan banyaknya karyawan yang terlibat dalam kegiatan pencapaian tujuan perusahaan. Dalam menjalankan fungsi humas, masih terdapat kondisi karyawan yang dapat menganggu kelancaran pencapaian tujuan perusahaan. Adanya karyawan yang tidak mengetahui informasi-informasi yang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan dan adanya beberapa karyawan yang bersaing secara tidak sehat, merupakan beberapa kondisi yang dapat dijumpai pada Perum Bulog Divre Jateng. Oleh karena itu fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng haruslah dapat dijalankan sebagaimana mestinya, agar kondisi tersebut dapat diatasi dengan baik dan tujuan perusahaan dapat dicapai.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng?
  2. Apa hambatan-hambatan humas Perum Bulog Divre Jateng dalam menerapkan fungsi internal pada Perum Bulog Divre Jateng?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Hubungan Masyarakat

Pengertian Hubungan Masyarakat (humas) menurut “The International Public Relations Associations (IPRA)”, Hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang berencana dan berkesinambungan, yang dengan itu organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bersifat umum dan pribadi berupaya membina pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada kaitannya atau yang mungkin ada hubungannya dengan jalan menilai pendapat umum diantara mereka, untuk mengkorelasikan, sedapat mungkin kebijaksanaan dan tata cara mereka, yang dengan informasi yang berencana dan tersebar luas, mencapai kerja sama yang lebih produktif dan pemenuhan kepentingan bersama yang lebih efisien. (Onong 1986:27).

Fungsi Hubungan Masyarakat

Scott M. Cutlip dan Allen H Center dalam buku mereka “Effective Public Relations” menjelaskan, bila kegiatan humas itu bersifat internal, maka kegiatannya mencakup kepada usaha:

  1. Mengadakan analisa terhadap kebijaksanaan perusahaan yang sudah maupun sedang berjalan.
  2. Mengadakan perbaikan sebagai kelanjutan dari analisa yang dilakukan terhadap kebijakan perusahaan, baik yang sedang berjalan maupun terhadap perencanaan kebijakan baru. (Djaja 1985:12).

Humas Internal

Humas Internal, adalah salah satu bentuk kegiatan dari humas yang menitik beratkan kegiatannya kedalam, istilah ke “dalam” maksudnya kegiatan itu hanya berlaku kepada bentuk hubungan dengan publik yang ada dalam instansi atau perusahaan tersebut. (Djaja 1985:26). Pengertian publik dalam hal ini dibatasi kepada pengertian sekelompok individu yang terlibat pada satu kegiatan, dan diikat oleh satu perhatian dan kepentingan prusahaan guna mencapai satu tujuan.

 

D. Metode Penelitian

Penulis menetapkan Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah (Perum Bulog Divre Jateng) yang terletak di kawasan pusat kota, yaitu di jalan Menteri Supeno I/1 Semarang sebagai lokasi penelitian.

Penulis menetapkan objek penelitian pada Seksi Hubungan Masyarakat Perum Bulog Divre Jawa Tengah yang berlokasi di Jl. Menteri Supeno I/1 Semarang.

Data adalah bentuk jamak dari datum.

Berdasarkan sumbernya pengambilan data dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu data primer dan data sekunder.

Metode Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data observasi, wawancara dan studi pustaka.

Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis mempergunakan metode analisis data secara deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng adalah :
    1. Kegiatan manajemen, dengan merencanakan dan melaksanakan agenda atau program kerja humas, melakukan koordinasi antar karyawan humas serta melakukan pengarsipan surat humas.
    2. Hubungan dengan karyawan, dengan mengadakan hubungan arus vertikal dan arus horisontal secara langsung dan tidak langsung.
    3. Public Relations Counseling baik pribadi maupun kelompok.
  2. Hambatan-hambatan yang dihadapi humas pada Perum Bulog Divre Jateng antara lain:
  3. Terdapat karyawan humas yang menginjak usia pensiun, mengakibatkan semangat kerja yang menurun serta terdapat karyawan yang datang terlambat.
  4. Telepon dan perangkatnya serta pengeras suara yang terkadang mengalami kerusakan, serta kurangnya papan informasi/pengumuman dan penempatannya yang kurang strategis.
  5. Kurangnya keberanian dari karyawan untuk mengawali Public Relations Counseling.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Proses Mekanisme Pemberian Ijin Lokasi di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang
  2. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  3. Pelaksanaan Pendaftaran Hak Atas Tanah Karena Warisan di Kantor Pertanahan
  4. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Hibah Di Kantor Pertanahan
  5. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Warisan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply