HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Fungsi Eksternal dan Internal Humas

Judul Skripsi : Fungsi Eksternal dan Internal Humas dikantor Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten

 

A. Latar Belakang

Kantor informasi bukanlah kantor atau suatu lembaga yang mencari laba atau keuntungan dari masyarakat. Lembaga tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekaligus menjadi salah satu jembatan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah dan berusaha menjaga hubungan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat. Hal tersebut penting bagi pemerintah karena dengan adanya kantor Informasi dan Komunikasi ini transparasi Pemerintah dapat dilihat dan diketahui oleh masyarakat luas atau publik.

Pemerintah merupakan pihak utama yang mengadakan berbagai inisiatif perubahan social, dan pihak yang menerapkan teknik-teknik humas adalah pemerintahnya. Humas pemerintah merupakan mediator pemerintah dalam masyarakat, dan harus mampu menginformasikan kebijakan pemerintah dalam hal ini Humaslah yang harus mampu menyerap aspirasi masyarakat.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)

Mengetahui fungsi Humas atau Public Relations sebagai Media Internal di Kantor Humas Setda Kabupaten Klaten, mengetahui apa yang dipikirkan manajemen dan mengusahakan agar manajemen mengetahui apa yang sedang dipikirkan para karyawan.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Humas

Definisi Humas menurut Rosady Ruslan, SH yaitu Humas adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktifitas komunikasi pengertian, penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam persoalan/permasalahan, membantu manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai system peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan mengunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama (Rosady Ruslan SH, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, PT Raja Grafindo persada, Jakarta, hal. 17).

Fungsi Humas (Hubungan Masyarakat)

Adapun fungsi Humas (Hubungan Masyarakat) adalah sebagai berikut:

  1. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan public, baik public intern maupun ekstern.
  3. Menciptakan komunikasi dua arah timbale balik dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada public dan menyalurkan opini public
  4. Hubungan Masyarakat Pemerintah

Lembaga-lembaga Pemerintahan dari tingkat pusat sampai tingkat daerah dilengkapi dengan bagian Humas untuk mengelola informasi dan opini public. Informasi mengenai kebijaksanaan pemerintah disebarkan seluas-luasnya, dan opini public dikaji dan diteliti seefektifnya untuk keperluan pengambilan keputusan dan penentuan kebijaksanaan berikutnya.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan dari hasil pengamatan Kuliah Kerja Media (KKM) di kantor Humas penulis mencoba menarik kesimpulan bahwa kantor Humas merupakan salah satu bagian terpenting dalam Pemerintahan yang memiliki tugas untuk memajukan Pembangunan di bidang Kehumasan.

Salah satu kegiatan dalam lingkungan kantor yang turut serta berperan aktif serta berpengaruh terhadap aktifitas kantor Humas adalah kegiatan Humas. Seksi Kehumasan yang memiliki tugas pembinaan hubungan masyarakat dan penyebaran informasi yang diadakan Pemerintah Kabupaten Klaten agar masyarakat menjadi mengetahui dan mengerti sehingga tercipta transparansi antara masyarakat dan pemerintahan.

 

E. Saran

  1. Memberikan pelayanan yang dibutuhkan seperti informasi berita yang terjadi di daerah Klaten dan sekitarnya.
  2. Memberikan fasilitas yang minimal bagi pelaksanaan praktek kerja yang
  3. Peningkatan sarana dan prasarana seperti komputer dan kendaraan kantor untuk menjalankan tugas.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Promosi It’s A Store Surakarta Melalui Media Desain Komunikasi Visual
  2. Produksi Feature Sentuhan Kasih
  3. Aktivitas Employee Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Inna Garuda Yogyakarta
  4. Fungsi Eksternal dan Internal Humas Dikantor Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten
  5. Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher) di Acara Kabar Awan PT. Terang Abadi Televisi

 

Leave a Reply