HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Fungsi Internal Humas pd Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional JATENG

Judul Skripsi : Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah (Perum Bulog Divre Jateng) adalah merupakan salah satu perusahaan yang memerlukan humas dalam menjalankan kegiatan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Humas Perum Bulog Divre Jateng sangat vital kedudukannya, hal ini dikarenakan banyaknya karyawan yang terlibat dalam kegiatan pencapaian tujuan perusahaan. Dalam menjalankan fungsi humas, masih terdapat kondisi karyawan yang dapat menganggu kelancaran pencapaian tujuan perusahaan. Adanya karyawan yang tidak mengetahui informasi-informasi yang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan dan adanya beberapa karyawan yang bersaing secara tidak sehat, merupakan beberapa kondisi yang dapat dijumpai pada Perum Bulog Divre Jateng.

Oleh karena itu fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng haruslah dapat dijalankan sebagaimana mestinya, agar kondisi tersebut dapat diatasi dengan baik dan tujuan perusahaan dapat dicapai. Karena pentingnya humas bagi organisasi, salah satunya adalah Perum Bulog Divre Jateng, maka penulis memilih judul “Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng?
  2. Apa hambatan-hambatan humas Perum Bulog Divre Jateng dalam menerapkan fungsi internal pada Perum Bulog Divre Jateng?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Hubungan Masyarakat

Pengertian Hubungan Masyarakat (humas) menurut “The International Public Relations Associations (IPRA)”, Hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang berencana dan berkesinambungan, yang dengan itu organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bersifat umum dan pribadi berupaya membina pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada kaitannya atau yang mungkin ada hubungannya dengan jalan menilai pendapat umum diantara mereka, untuk mengkorelasikan, sedapat mungkin kebijaksanaan dan tata cara mereka, yang dengan informasi yang berencana dan tersebar luas, mencapai kerja sama yang lebih produktif dan pemenuhan kepentingan bersama yang lebih efisien. (Onong 1986:27).

Humas Internal

Humas Internal, adalah salah satu bentuk kegiatan dari humas yang menitik beratkan kegiatannya kedalam, istilah ke “dalam” maksudnya kegiatan itu hanya berlaku kepada bentuk hubungan dengan publik yang ada dalam instansi atau perusahaan tersebut. (Djaja 1985:26). Pengertian publik dalam hal ini dibatasi kepada pengertian sekelompok individu yang terlibat pada satu kegiatan, dan diikat oleh satu perhatian dan kepentingan prusahaan guna mencapai satu tujuan.

Media Humas Internal

Media komunikasi sangatlah banyak bentuknya. Namun pada umumnya, setiap organisasi hanya mengunakan sebagian kecil dari sekian banyak media yang ada. Tentu saja yang dipilih adalah yang paling sesuai. Pemilihan media komunikasi sangat dipengaruhi oleh karakteristik organisasi, jumlah dan strata personel, serta lokasi kerja. (Anggoro 2002:212). Berikut ini akan diuraikan secara rinci media dan metode komunikasi yang sering dipergunakan oleh organisasi.

 

D. Metode Penelitian

Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode studi pustaka, dan metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng adalah :
  2. Kegiatan manajemen, dengan merencanakan dan melaksanakan agenda atau program kerja humas, melakukan koordinasi antar karyawan humas serta melakukan pengarsipan surat humas.
  3. Hubungan dengan karyawan, dengan mengadakan hubungan arus vertikal dan arus horisontal secara langsung dan tidak langsung.
  4. Public Relations Counseling baik pribadi maupun kelompok.
  5. Hambatan-hambatan yang dihadapi humas pada Perum Bulog Divre Jateng antara lain:
  6. Terdapat karyawan humas yang menginjak usia pensiun, mengakibatkan semangat kerja yang menurun serta terdapat karyawan yang datang terlambat.
  7. Telepon dan perangkatnya serta pengeras suara yang terkadang mengalami kerusakan, serta kurangnya papan informasi/pengumuman dan penempatannya yang kurang strategis.
  8. Kurangnya keberanian dari karyawan untuk mengawali Public Relations Counseling.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)