HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Analisis Internal Audit: Fungsi dan Peran Departemen Internal Audit

Judul Tesis : Analisis Fungsi dan Peran Departemen Internal Audit PT Indika Energy Tbk

 

A. Latar Belakang Masalah

Perusahaan, baik milik negara maupun swasta, sebagai suatu pelaku ekonomi tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi dewasa ini. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan diantaraperusahaan, sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan berbagai sumber dana dan daya yang ada. Sebagai konsekuensi logis dari timbulnya persaingan yang semakin tajam, ada tiga kemungkinan yaitu mundur, bertahan atau tetap unggul dan bahkan semakin berkembang.Agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan berkembang diperlukan upaya penyehatan dan penyempurnaan meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan.

Menghadapi hal ini, berbagai kebijakan dan strategi terus diterapkan dan ditingkatkan. Kebijakan yang ditempuh manajemen antara lain meningkatkan pengendalian intern di dalam perusahaan. Dalam perusahaan, pelaksanaan pengawasan dapat dilaksanakan secara langsung oleh pemiliknya sendiri dan dapat pula melalui sistem pengendalian intern.Dengan semakin berkembangnya perusahaan maka kegiatan dan masalah yang dihadapi perusahaan semakin kompleks, sehigga semakin sulit bagi pihak pimpinan perusahaanuntuk melaksanakan pengawasan secara langsung terhadap seluruh aktivitas perusahaan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana fungsi dan peran departemen internal audit dalam PT. Indika Energy Tbk?
  2. Bagaimana pandangan audittee terhadap fungsi dan peran departemen internal audit di PT. Indika Energy Tbk.?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Internal Audit

Sebelum menerangkan dari pengertian internal audit, maka ada baiknya diketahui mengapa perusahaan memerlukan internal audit.Dalam perkembangan dunia usaha dan juga era globalisasi dimasa yang akandatang, maka diperlukan suatu transpasansi dan akuntabilitas dalam melakukan aktivitas bisnis perusahaan. Setiap perusahaan dalam bersaing menghasilkan keuntungan dituntut untuk dapat menekan biaya agar terwujud laba yang besar,hal ini dapat dilakukan dengan efesiensi dan efektifitas biaya. Dengan demikian maka laba yang besar diharapkan dapat terealisasi, selain hal tersebut maka dibutuhkan pula pengendalian intern yang baik dalam perusahaan, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik dalam memperoleh laba, oleh sebab itu diperlukan suatu divisi yang bertugas khusus mengawasi jalannya pengendalian intern yaitu Internal Audit.

Internal Audit yang Efektif

Pembentukan departemen internal audit di dalam perusahaan bertujuan untuk membantu manajemen perusahaan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pengelolaan aktivitas atau program yang ada di dalam perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka internal auditor melakukan penilaian dan memberikan rekomendasi kepada manajemen perusahaan tentang cara pelaksanaan setiap kegiatan agar dapat lebih hemat, lebih efisien, produktif dan efektif.

Fungsi Internal Auditor

Secara umum fungsi internal auditor dalam perusahaan adalah untuk mengawasi atau menjamin pelaksanaan kegiatan agar sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan dalam perusahaan, dan memberikan informasi sebagai bahan masukan yang bersifat independen kepada manajemen perusahaan.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data dan pengolahan data dalama penelitian ini terdiri dari Studi Literatur, Penelitian Lapangan, Penelitian Masalah, Wawancara, Kuesioner.

Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada Head of Departemen dan staf dari departemen finance and accounting, departemen Procurement, departemen human capital dan departemen general affair yang ada di perusahaan.

 

E. Kesimpulan

  1. Peranan dari internal audit PT. Indika Energy Tbk perusahaan sebagai watch dog, konsultan dan katalisator telah berjalan dengan baik. Dari ketiga peran tersebut peran watchdog saat ini yang paling banyak dilakukan, dan peran internal audit sebagai konsultan, dimana internal audit memberikan rekomendasi atau advice kepada audittee dan adanya kepercayaan dari manajemen perusahaan terhadap departemen internal audit dengan meminta saran atas aktifitas operasional yang dilakukan oleh bisnis proses yang ada diperusahaan dan sebagai katalisator, internal auditor telibat aktif di dalam proses pemetaan risiko yang terdapat di dalam bisnis proses yang ada diperusahaan, meskipun belum seluruhnya selesai dilakukan pemetaan risiko oleh internal auditor.
  2. Audittee perusahaan sangat mengharapkan akan efektifitas peran dari departemen internal audit di dalam perusahaan,hal ini dapat terlihat dari jelasnya visi dan misi departemen internal audit yang tertulis didalam internal audit charter, sehingga dengan adanya visi dan misi departemen internal audit, maka internal auditor dapat menjalankan program kerjanya dengan baik, didalam struktur organisasi perusahaan departemen internal audit telah jelas menggambarkan garis tanggungjawab.Departemen internal audit dipimpin oleh Head Internal Audit yang bertanggungjawab kepada direktur utama, dimana saat ini penunjukkan Head Internal Auditdilakukan oleh Direktur Utama dan tidak meminta pesetujuan dari Dewan Komisaris. Auditte juga menginginkan agar interal auditor tergabung kedalam organisasi professi agar supaya dapat meningkatkan integritas dan etika seorang internal auditor, saat ini belum semua internal auditor tergabung dalam organisasi profesi, karena ketidakadaan dana untuk masuk organisasi profesi.

 

Contoh Tesis Internal Audit

  1. Analisis Fungsi dan Peran Departemen Internal Audit PT Indika Energy Tbk
Incoming search terms:

Leave a Reply