HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Tugas Reporter Berita Mingguan Mata Rantai di ANTV

Judul Tesis :  Tugas Reporter Berita Mingguan Mata Rantai di ANTV

 

A. Latar Belakang

Dalam setiap tayangan, Mata Rantai membahas sebuah topik secara lengkap dan mendalam, yang disajikan dengan pendekatan personal. Inilah kharakteristik khas, yang membedakan dengan program news feature lainnya. Pendekatan personal Mata Rantai dilakukan dengan memuat profil tentang sosok yang menjadi bagian dari sebuah permasalahan sosial dan budaya. Sehingga, pemirsa bisa menyelami permasalahan yang tengah dihadapi sosok yang bersangkutan.

Dalam setiap proses produksi berita mingguan Mata Rantai, sang produser Mata Rantai memiliki dua tim didalamnya. Dan penugasan dibagi pada setiap mingguannya atau setiap episode kepada dua tim tersebut. Setiap tim memiliki satu reporter, satu kameramen, dan satu editor. Ketika proses produksi akan dilaksanakan, seorang produser mengutus salah satu tim yang akan meliput satu episode tayang Mata Rantai. Dan pada pelaksanaanya reporter memiliki tugas yang lebih dari sekedar tugas reporter itu sendiri.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Untuk melengkapi sebagai persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan mendapat sebutan Ahli Madya (A,Md) jurusan Penyiaran di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
  2. Untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang produksi berita dan penyiaran yang telah diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia kerja di PT. Cakrawala Andalas Televisi atau ANTV Jakarta.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Reporter

Reporter adalah seorang yang bertugas mengumpulkan berita dari berbagai sumber, mengolah data dan informasi, menulis script berita kemudian melaporkannya melalui stasiun yang bersangkutan. Reporter adalah orang yang terlatih baik dalam menyelidiki maupun mengumpulkan bahan berita mulai dari pengembangan informasi menuju kearah fakta yang akhirnya akan menjadi laporan yang dapat diterima audiennya. Hasil akhirnya dalam penyiaran menjadi jelas, ringkas, dan dapat dipercaya.

Reporter di Indonesia

Reporter di Indonesia berbeda dengan reporter di Amerika, Eropa dan negara besar lainnya. Tanggung jawab sebagai reporter sebenarnya bermacam – macam, tergantung pada besar kecilnya stasiun TV yang bersangkutan. Pada stasiun TV kecil biasanya tidak memperkerjakan penulis berita ( News Writer ), reporter akan melakukan tugas menulis berita tentang apa yang baru saja diliputnya. Tetapi untuk stasiun TV besar pada umumnya memperkerjakan penulis berita.

Reporter Sebagai Pemimpin Produksi

Reporter dalam tim liputan juga berperan sebagai produser atau pimpinan produksi, ia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan proses produksi atau liputan. Karena keberhasilan proses produksi atau liputan bukan saja bergantung pada bobot berita, tetapi juga ada kesiapan peralatan dan kameramennya. Reporter selain membekali dirinya dengan materi yang diliput, ia juga harus memperhatikan kesiapan kameramen dan peralatannya. Mengingatkan pada kameramen apakah kamera siap pakai, baterai, mikrofon, tripod, kabel, dan lampunya dapat berfungsi dengan baik ?! Reporter juga harus memberi tahu kameramen tentang materi yang akan diliput dan siapa saja yang akan di wawancarai.

 

D. Kesimpulan

  1. Tugas seorang reporter adalah meliput berita hingga berita itu siap untuk ditayangkan. Tugas tersebut tentu saja memerlukan keahlian, keuletan serta kecanggihan dan juga tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaan seluruh proses produksinya. Karena reporter juga seorang pemimpin dalam produksi.
  2. Saat ini banyak persaingan yang harus dihadapi, dan hal tersebut mendorong seorang reporter menggunakan kemampuan masing – masing agar menghasilkan suatu berita yang menarik bagi pemirsanya.
  3. Kemampuan masing – masing reporterlah yang mempengaruhi keberhasilan penyampaian berita, dan terletak pada instansi atau lembaga tempat jurnalis itu bekerja. Kemampuan seperti itulah yang tidak semua orang memilikinya.

 

E. Saran Tesis

  1. Untuk lembaga atau instansi

Selama penulis melaksanakan kegiatan magang di PT. Cakrawala Andalas Televisi atau ANTV, penulis merasa sangat nyaman dengan semua yang ada didalamnya. Penulis yang ditempatkan pada divisi current affairs banyak belajar dari teman – teman reporter dan crew – crew yang sudah profesional. Tetapi didalam suasana kerja disana, penulis merasakan adanya perbedaan yang menyebabkan persaingan secara tidak langsung didalamnya.

  1. Untuk Fakultas

Selama tiga tahun penulis belar di FISIP, penulis sangat senang dengan apa yang dipelajari. Hanya saja penulis menyarankan agar laboraturium audio visual untuk dirawat dan ditambah dengan fasilitas yang lebih baik lagi. Sedangkan untuk peminjaman alat tolong jangan dipersulit prosesnya, karena secara tidak langsung dapat menghambat proses mahasiswa dalam pengerjaan tugasnya, selain itu juga dapat mengahambat dan membatasi kreatifitas mahasiswa dalam berkarya.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Fungsi Public Relations yang Dijalankan Departemen Personalia dalam Membangun Citra
  2. Peran Divisi Kreatif Pada Event yang di Organisir CV. Frontline Indonesia
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Produksi Siaran Berita Fokus di Radio PTPN Rasitania Surakarta
  4. Komunikasi Interpersonal, Budaya Politik dan Keputusan Memilih
  5. Implementasi Fungsi Public Relations dalam Membangun Identitas Corporate Untuk Membentuk Image Positif di Radio Pesona Fm Wonosobo

 

Leave a Reply