HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Promosi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Seiring bertambahnya tahun, semakin banyak pula perubahan yang sudah kita rasakan bersama, salah satunya mengenai perkembangan informasi yang semakin berkembang setiap tahunnya. Dengan perkembangan jaman yang semakin pesat dan cepat, informasipun tak kalah berkembangnya. Dalam menuju masyarakat yang modern dalam dunia pendidikan, peran pusat informasi sangatlah penting untuk menunjang semua tujuan tersebut. Salah satunya adalah perpustakaan, tempat yang bisa kita gunakan sebagai pusat informasi.

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan bagian terpenting dalam suatu universitas atau perguruan tinggi. Selain itu perpustakaan menjadi salah satu unsur penting dalam proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi, oleh karena itu kedudukan perpustakaan di perguruan tinggi sangatlah penting dan sentral. Karena begitu sentral dan pentingnya kegunaan perpustakaan di perguruan tinggi, maka perpustakaan sering disebut sebagai jantung dari suatu universitas. Oleh karena itu perpustakaan dituntut untuk dapat menyajikan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dalam rangka turut serta membantu proses pencapaian tujuan lembaga induknya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Perpustakan merupakan salah satu organisasi nirlaba, yang di dalamnya tidak mencari keuntungan. Tetapi tujuan dari perpustakaan itu sendiri adalah bersifat melayani bagi para pengguna, baik yang berupa barang ataupun jasa.

Oleh karena itu supaya tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik, maka perpustakaan perlu mengadakan promosi, supaya para pengguna maupun calon pengguna perpustakaan bisa memanfaatkan sarana, prasarana dan fasilitas yang dimiliki perpustakaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Promosi layanan perpustakaan perguruan tinggi sangatlah penting bagi perpustakaan tersebut. Karena selain untuk memberitahukan pentingnya keberadaan perpustakaan kepada calon anggota, mahasiswa, dosen ataupun karyawan, merekapun juga bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan perpustakaan yang baik dan benar, baik dalam bidang penggunaan dan pemanfaatan pelayanannya maupun fasilitas yang telah disediakan. Sehingga fungsi dari perpustakan sebagai penyedia dan pusat informasi dapat berjalan dengan baik, karena banyak pengguna perpustakaan yang datang ke perpustakan merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Selain itu, dengan adanya promosi layanan perpustakan, citra perpustakaan di mata masyarakat (pengguna) bisa berubah, sehingga bisa menarik pengguna untuk mau mengunjungi perpustakaan tersebut. Inilah arti peran penting promosi perpustakaan.

Promosi sering juga diartikan sebagai media untuk memperkenalkan perpustakaan kapada pengguna dan calon pengguna. Kegiatan promosi harus dibuat semenarik mungkin, supaya merangsang para pengguna untuk menggunakan dan memanfaatkan layanan dan fasilitas perpustakaan tersebut. Begitu pula yang dilakukan Perpustakan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, kegiatan promosinya dilakukan rutin setiap tahun ajaran baru. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mengadakan pendidikan pengguna perpustakaan yang diadakan rutin pada waktu OSMARU yang bersifat wajib. Selain itu promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta adalah menerbitkan buklet tentang Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, display untuk memajang buku yang baru di beli atau diadakan, dengan WEB yang ada di internet dengan situs (www.library.usd.ac.id) dan juga ada pendidikan etika pengguna yang diadakan rutin setiap tahun, setiap bulan April. Dengan adanya promosi tersebut, diharapkan dapat menarik pengguna ataupun calon pengguna untuk berkunjung dan memanfaatkan jasa layanan perpustakaan. Penulis memilih bidang kajian promosi perpustakaan ini, karena berdasarkan Praktek Kerja Lapangan yang penulis laksanakan di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, penulis merasakan betapa pentingnya promosi yang dilakukan oleh sebuah perpustakaan, demi tercapinya tujuan perpustakaan tersebut.

Leave a Reply