HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Program Musik Televisi & Kesenjangan Kepuasan Penonton

Judul Tesis : Program Musik Televisi dan Kesenjangan Kepuasan Penonton (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kesenjangan Kepuasan Dalam Menonton Program Musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Angkatan 2005-2007)

 

A. Latar Belakang

Meskipun secara penetrasi televisi jauh lebih unggul daripada media massa lainnya, namun tetap diperlukan usaha agar tetap bertahan. Seperti sebuah mall yang selalu mengganti model-model, tatanan dan penawaran barang-barang yang dijualnya agar mampu menarik mata pembeli sehingga berhenti untuk melihat yang ditawarkan dan kemudian memutuskan untuk membeli barang yang ditawarkan. Siaran-siaran televisi akan memanjakan orang-orang pada saat-saat luang seperti saat liburan, sehabis bekerja bahkan dalam suasana sedang bekerjapun orang-orang masih menyempatkan diri untuk menonton televisi. Suguhan acara yang variatif dan menarik membuat orang tersanjung untuk meluangkan waktunya duduk di depan televisi dan tidak berganti channel.

Dunia pertelivisian di Indonesia pada awal tahun 1990 ditandai dengan semakin maraknya stasiun-stasiun televisi siaran, dalam arti TVRI yang tadinya merupakan lembaga penyiaran tunggal, sejak itu sudah mempunyai mitra siaran, seperti : TPI, RCTI, SCTV, ANTV,dan INDOSIAR. Menginjak awal tahun 2000- an muncul beberapa stasiun televisi, seperti TRANS TV, TV 7 (Trans 7), Metro TV, Global TV, La Tivi (TV ONE), dan berpuluh-puluh stasiun TV lokal mulai menjamur di seluruh pelosok negeri. Persaingan di dunia media sebagai bentuk pelayanan jasa atas konsumennya kini semakin asik untuk dilihat. Di tengah derasnya arus informasi saat ini beberapa media khususnya media elektronik atau televisi mencoba untuk menasbihkan diri mereka sebagai yang paling digemari oleh konsumen.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kepuasan yang diharapkan responden (Gratification Sought / GS) dari menonton acara musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI?
  2. Bagaimanakah tingkat kepuasan yang diperoleh responden (Gratification Obtained / GO) dari menonton acara musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI?

 

C. Landasan Teori

Komunikasi Massa

komunikasi massa adalah bahwa pesan-pesan yang dikomunikasikan itu ditujukan kepada khalayak yang relatif luas, heterogen dan anonim dimata komunikator. Keheterogenan khalayak merupakan ciri yang penting dari proses komunikasi massa, karena pada hakekatnya segala informasi yang dikomunikasikan melalui proses ini memang diperuntukkan kepada siapa saja yang dapat menangkapnya.

Media Use

Media Use merupakan perilaku khalayak dalam menggunakan media. Tingkat penggunaan media pada responden dalam penelitian ini dihitung berdasarkan tingkat perhatian, frekuensi, dan curahan waktu ratarata yang diberikan responden pada acara musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI.

Gratification Obtained (GO) / Kepuasan yang Diperoleh

Merupakan sejumlah kepuasan nyata yang diperoleh responden atas terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan tertentu setelah responden menyaksikan acara musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI. Tingkat kepuasan yang diperoleh diukur dengan tiga belas item pertanyaan kepuasan seperti pada gratification sought. Untuk mengukurnya, pemberian skor dilakukan dengan menggunakan skala sikap Likert dengan menggunakan empat alternatif jawaban dengan meniadakan Raguragu/ Tidak tahu. Dengan alasan agar tidak memiliki makna ganda dan menghilangkan banyak data dalam penelitian.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan dengan alat bantu kuesioner.

Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2005-2007 yang menonton acara Inbox dan Dahsyat.

Data dari hasil kuesioner kemudian dimasukkan kedalam coding sheet secara manual dan diinterpretasikan.

Sedangkan untuk mengetahui kesenjangan yang ada dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy milik Palmgreen.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought)

Adapun kesimpulan dari kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) dalam penelitian ini, dapat dikatakan mayoritas responden menyatakan semua jenis kebutuhan ingin dicari pemuasnya. Dari 13 jenis kebutuhan pada kepuasan yang diharapkan, 11 diantaranya ingin dicari pemuasnya, 1 jenis lagi antara ingin dan tidak ingin dan 1 jenis kebutuhan yang tidak ingin dicari pemuasnya.

  1. Penggunaan media (Media Use)
  2. Penggunaan media berdasarkan tingkat perhatian
  • Pra activity (sebelum terpaan media)

Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa responden mencari informasi dari media massa (surat kabar, majalah, radio) sebelum menyaksikan acara Inbox dan Dahsyat mendapat persentase yang sama yaitu 5,3%. Cara yang dilakukan responden untuk memperoleh informasi tersebut, paling banyak dilakukan dengan melihat iklan tentang acara tersebut yang ditayangkan secara berulangulang, untuk Inbox (22,4%) dan untuk Dahsyat (32,9%).

  • Duractivity (selama terpaan media)

Selama menyaksikan kedua acara, responden menyatakan kadang-kadang disertai dengan aktifitas lain,yakni Inbox SCTV (68,5%) dan Dahsyat RCTI (78,9%). Kegiatan lain tersebut yang paling banyak biasa dilakukan adalah makan dan bermain handphone. Meski menyaksikan kedua acara tersebut, 48,7% responden mengaku tidak sampai selesai dalam mengikuti Inbox dan 27,6% responden untuk Dahsyat.

  • Post activity (setelah terpaan media)

Kegiatan yang biasa dilakukan setelah menyaksikan sebuah acara adalah memperbincangkannya dengan orang lain. Hal ini kadang-kadang dilakukan 67,1% responden Inbox dan 75% responden Dahsyat. Mayoritas responden mengaku orang yang paling sering diajak untuk memperbincangkan hal tersebut adalah teman-temannya, Inbox (82,9%) dan Dahsyat (80,3%).

  • Penggunaan media berdasarkan frekuensi menonton

Frekuensi menonton responden terhadap acara Inbox SCTV dan Dahsyat RCTI yang tayang 7x dalam seminggu dapat dikategorikan sedang. Data menunjukkan presentase responden menonton antara 2-3x seminggu adalah 59,2% untuk acara Inbox dan 50% untuk Dahsyat.

Penggunaan media berdasarkan curahan waktu menonton Tingkat perhatian responden dalam hal curahan waktu menonton adalah rendah. Dari 90 menit acara berlangsung, diketahui bahwa responden menonton acara ini rata-rata sekitar 46-60 menit dengan presentase acara Inbox 39,5% dan Dahsyat 51,3%. Berdasarkan data tersebut, perhatian responden terhadap acara Inbox jauh lebih rendah daripada Dahsyat.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Program Musik Televisi dan Kesenjangan Kepuasan Penonton (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Kesenjangan Kepuasan Dalam Menonton Program Musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Angkatan 2005-2007)
  2. Media Relations DAN Customer Relations Pt. Indosiar Visual Mandiri
  3. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  4. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta Dan Citra Pt Telkom
  5. Peran Pr Inna Garuda dalam Menjalin Kerjasama Dengan Pers ( Media Massa )

Leave a Reply