HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Penulisan Soft News pd Program Acara Pawartos

Judul Tesis : Penulisan Soft News ( Feature ) pada Program Acara Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV

 

A. Latar Belakang

Proses komunikasi untuk memperoleh informasi dapat diperoleh melalui berbagai cara, baik secara personal, kelompok maupun melalui media massa. Peranan media dalam proses komunikasi disebabkan efisiensinya dalam mencapai komunikan yang jumlahnya sangat banyak karena dengan menyiarkan pesan satu kali saja, pesan tersebut sudah dapat tersebar luas kepada khalayak. Namun demikian komunikasi melalui media massa berlangsung satu arah, jadi arus balik dari khalayak atau komunikan diperoleh secara tertunda, dengan memerlukan tenggang waktu dengan berbagai cara dan sarana.

Melalui media massa yang dikenal masyarakat dalam bentuk cetak dan elektronik, manusia dapat menerima pesan – pesan yang mereka butuhkan. Sehingga dari pesan yang tersampaikan tersebut dapat membantu manusia dalam mengetahui peristiwa – peristiwa penting yang terjadi dari berbagai tempat yang belum mereka ketahui tanpa harus berada di tempat dimana peristiwa tersebut terjadi. Namun sebagai konsekuensi dari komunikasi massa adalah komunikator pada media massa harus melakukan perencanaan dan persiapan yang matang, sehingga pesan yang disampaikan kepada khalayak harus komunikatif, yakni “received” dan “accepted“ dalam satu kali penyiaran agar tujuan dari komunikasi tersebut dapat tersampaikan dengan lancar dan timbul kesamaan makna antara komunikator dan komunikan.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Memenuhi syarat kelulusan pada program Diploma III Fisip UNS konsentrasi Broadcast.
  2. Mempraktekkan secara nyata ilmu yang telah penulis dapatkan dari jalur pendidikan formal, terutama dalam bidang jurnalistik televisi.
  3. Mengetahui dan terlibat langsung dalam kegiatan mencari berita.

 

C. Landasan Teori

Televisi sebagai Media Massa Elektronik

Televisi disini adalah “televisi siaran ( television broadcast ) yang merupakan jaringan komunikasi yang berlangsung satu arah, komunikatornya melembaga, pesannya bersifat umum, sasarannya menimbulkan keserampakan, dan komunikannya heterogen” ( Onong Uchjana Effendy, MA, 1993 : 21 ). Televisi mampu mengemas pesan dengan variasi yang lengkap, selain dapat dilihat juga dapat di dengar dan sekaligus ditunjang melalui teks ( tulisan ).

Berita Televisi

Redi Panjudu dalam bukunya Nalar Jurnalistik Dasarnya Dasar Jurnalistik, berita atau news televisi lebih mempunyai daya tarik bagi pemirsa daripada berita yang disampaikan media lain ( radio atau media cetak ), sebab banyak keunggulan yang dimiliki oleh televisi dalam menyampaikan berita. Keunggulan yang paling tinggi adalah kemampuannya mendapat berita yang paling aktual.

Pengertian Feature

Berita televisi terdiri dari berbagai jenis, salah satunya Soft News yang sering disebut sebagai Feature. Pada beberapa media massa televisi, berita jenis feature lebih banyak tayang secara berkala atau sering disebut sebagai news magazine. Namun pada stasiun Jogja TV, berita jenis feature disajikan setiap hari dalam program Pawartos Ngayogyakarta.

 

D. Kesimpulan

Melalui Kuliah Kerja Media ( KKM ) yang telah penulis laksanakan pada Divisi News Jogja TV, penulis mendapatkan banyak pengalaman baru dan pengetahuan yang berkaitan denagn tehnik menulis naskah berita televisi. Dari hasil KKM tersebut, penulis dapat menyimbulkan bahwa dalam penulisan naskah berita televisi harus melalui tiga proses, antara lain : Proses pencarian berita diawali dengan perencanaan atau ploting tempat liputan yang akan dijadikan berita dan disajikan pada khalayak. Proses meliput berita dilakukan team liputan oleh reporter dan kameraman. Proses penulisan naskah berita televisi dilakukan dengan struktur penulisan piramida terbalik dan menggunakan metode Easy Listening Formula. Terkhusus untuk naskah berita softnews ( Feature ) aspek kreativitas dan variatif lebih diutamakan agar menarik perhatian khalayak.

 

E. Saran Tesis

Agar tidak ketinggalan dengan stasiun televisi swasta lainnya, hendaknya Jogja TV meningkatkan sumber daya manusianya. Sehingga dari sumber daya manusia yang handal akan tercipta karya – karya yang berkualitas dan dapat menarik lebih banyak perhatian khalayak.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Penulisan Soft News ( Feature ) Pada Program Acara Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV
  2. Teknik Tata Cahaya ( Lighting) Acara Koes Plus Kembali & Taman Gabusan di TVRI Stasiun
  3. Tugas Periset Dalam Produksi Acara Feature di PH MEDIA VISITAMA Communication
  4. Dolanan Anak Sebagai Media Komunikasi Tradisional Komunitas Anak-Anak Di Jawa Tengah
  5. Berita Kriminal di Televisi dan Kesenjangan Kepuasan
Incoming search terms:

Leave a Reply