HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak terhadap Efektifitas Komunikasi Iklan

 

A. Latar Belakang

Di Indonesia, rokok boleh jadi merupakan komoditas yang unik. Meski di tiap kemasannya diharuskan mencantumkan peringatan pemerintah yang berbunyi “Merokok dapat merugikan kesehatan,” rokok tetap laku di pasaran. Gaya hidup sehat yang semakin merebak, membuat produsen rokok berpikir untuk memproduksi jenis rokok rendah tar dan nikotin (Cakram, Oktober 1996/152;10). Begitu juga dengan apa yang dilakukan produsen rokok A Mild untuk memproduksi rokok yang rendah tar dan nikotin.

Iklan produk rokok merupakan suatu iklan yang bisa dikatakan jarang ditayangkan di televisi ataupun disiarkan di radio. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah untuk jam tayang di televisi yaitu di atas pukul 22.00 WIB. Pelarangan iklan rokok yang memvisualisasikan aktifitas merokok, malah memacu kreativitas dari pembuat iklan bagaimana membuat suatu iklan rokok yang bisa menarik perhatian masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pesan iklan (isi, struktur dan format pesan iklan) rokok A Mild secara individual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif dan tahap afektif) pada konsumen?
  2. Apakah pesan iklan (isi, struktur dan format pesan iklan) rokok A Mild secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif dan tahap afektif) pada konsumen?
  3. Seberapa besarkah pengaruh pesan iklan (isi, struktur dan format pesan iklan) rokok A Mild, yang dapat dijelaskan, terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif dan tahap afektif) pada konsumen?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Pemasaran meliputi keseluruhan kegiatan perusahaan, mulai dari penciptaan produk, hingga layanan purna jual kepada konsumen. Philip Kotler mendefinisikan pemasaran adalah :

“Suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain” (Kotler 1997: 8).

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Dalam pemasaran sendiri juga terdapat apa yang disebut bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran (Kotler, 1997:82). Terdapat banyak alat bauran pemasaran. McCharty mempopulerkan klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan Empat P : product, price, place, and promotion.

Proses Komunikasi

Untuk melakukan proses komunikasi secara efektif, pemasar perlu memahami unsur-unsur yang mendasari komunikasi yang efektif. Gambar di bawah menunjukkan suatu model komunikasi yang terdiri dari sembilan unsur. Dua unsur merupakan pihak-pihak utama dalam suatu komunikasi yaitu pengirim dan penerima. Dua unsur merupakan alat komunikasi utama yaitu pesan dan media. Empat unsur merupakan fungsi komunikasi utama adalah pengkodean (encoding), penguraian kode (decoding), tanggapan (response), dan umpan balik (feedback). Unsur terakhir dalam sistem tersebut adalah gangguan (noise), yaitu pesan-pesan acak dan menyaingi yang dapat menganggu komunikasi (Kotler; 1997: 206).

 

E. Kesimpulan

  1. Hipotesis yang menyatakan bahwa variabel-variabel pesan iklan (isi pesan, format pesan dan struktur pesan) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif dan tahap afektif) dapat diterima.
  2. Hipotesis yang menyatakan bahwa variabel-variabel pesan iklan (isi pesan, format pesan dan struktur pesan iklan) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan diterima.
  3. Hipotesis yang menyatakan bahwa variabel-variabel pesan iklan (isi pesan, format pesan dan struktur pesan pesan iklan) mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap efektivitas komunikasi iklan diterima.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta
  2. Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta
  3. Mekanisme Kerja Divisi Grafis Surat Kabar pada PT. Suara Merdeka Perss Kantor Cabang Surakarta
  4. Media Desain Komunikasi Visual sebagai Refleksi Nilai Sosial terhadap Masyarakat
  5. Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak Terhadap Efektifitas
  6. Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah
  7. News Sport Radio Asri Sragen Sebagai Berita Olahraga Aktual yang Disiarkan Selama 5 Menit
  8. Fotografi dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi tentang Masalah Pathologi Sosial di Surakarta
  9. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  10. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko}

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply