HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: “Komunikasi Interpersonal, Budaya Politik dan Keputusan Memilih”

Judul Tesis : “Komunikasi Interpersonal, Budaya Politik dan Keputusan Memilih” (Studi Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Calon Kepala Desa dengan Warga Desa dan Budaya Politik terhadap Keputusan Memilih dalam Pilkades Periode 2007-2013 di Kalurahan Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar)

 

A. Latar Belakang

Pemilihan Kepala Desa Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2007. Pemilihan Kepala Desa periode 2007-2013 terdapat 2 calon kepala desa, yakni yang pertama adalah Bapak Suhud Ansori S.Ag dan yang kedua adalah Ibu Sri Susilowati. Dari hasil penghitungan suara, kepala desa yang akhirnya terpilih adalah Bapak Suhud Anshori S. Ag dengan selisih suara tidak begitu besar.

Di dalam proses pemilihan kepala desa, untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan, seseorang calon kepala desa beserta kader-kadernya pasti akan menggunakan berbagai cara supaya tujuannya terpenuhi. Kelompok elite yang ingin mendapatkan kekuasaan akan berusaha dengan berbagai cara untuk menarik simpati dan kemudian mengorganisir kekuatan kelompok massa untuk menjadi pendukung mereka. Masyarakat pemilih merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pilkades, di mana tiap-tiap orang memiliki kebebasan dalam menentukan salah seorang yang bakal dipercaya untuk menjadi pemimpin mereka. Sedangkan bagi calon kades, masyarakat pemilih merupakan massa pendukung yang akan ia rangkul untuk memenangkan pemilihan.Dalam hal ini komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi dinilai paling efektif dalam kegiatan untuk mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku warga desa, sehingga komunikasi interpersonal yang baik dapat digunakan sebagai sarana mengumpulkan massa guna memenangkan pemilihan kepala desa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal antara calon kepala desa dan warga dengan keputusan memilih dalam Pilkades 2007-2013 di Kalurahan Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar ?
  2. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara budaya politik yang muncul dengankeputusan memilih dalam Pilkades periode 2007-2013 di Kalurahan Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar ?

 

C. Landasan Teori Tesis 

Pembahasan dan Penyajian Data Variabel Independen X

Dalam kegiatan Pilkades, komunikasi interpersonal sangat erat kaitannya dengan kegiatan untuk mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku warga desa supaya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh calon kepala desa. Selain itu, komunikasi interpersonal bisa dipergunakan untuk mengubah perilaku warga sehingga warga menjadi suka terhadap sosok dari calon kepala desa, memiliki sikap positif dan menjadikan daya tarik tersendiri bagi calon kepala desa. Kesukaan pada orang lain, sikap positif dan daya tarik seseorang, disebut sebagai atraksi interpersonal.

Pembahasan dan Penyajian Data Variabel Kontrol Z

Budaya Politik adalah variabel dependen (Z) yang berarti pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik. Sikap para pemilih pada hakikatnya merupakan suatu pertalian diantara berbagai keyakinan yang telah melekat yang mendorong seeorang untuk menanggapi suatu obyek dengan suatu cara yang berbeda. Sikap dan perilaku masyarakat dalam memberikan dukungan terhadap kandidat calon kepala desa tergantung pada bagaimana persepsi masyarakat terhadap calon kepala desa itu sendiri, sehingga masyarakat serta-merta dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan siapa kepala desa yang akan mereka pilih.

Pembahasan dan Penyajian Data Variabel Dependen Y

Dalam konteks pemilihan kepala desa, keputusan memilih di deskripsikan sebagai berikut ; keputusan adalah perihal yang berkaitan dengan putusan; segala putusan yang telah ditetapkan (sesudah dipertimbangkan, dipikirkan, dan sebagainya). Memilih adalah menunjuk (orang, calon, dan sebagainya) dengan memberikan suaranya. Berkaitan dengan pilkades, keputusan memilih bisa diartikan sebagai penetapan pilihan calon kepala desa dengan pertimbangan sebelumnya. Sedangkan pengambilan keputusan diartikan sebagai proses memilih suatu alternatif cara bertindak dengan metode yang efisien sesuai situasi.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan suatu penelitian survey dengan tipe penjelasan (Explanatory Research), dimana dalam penelitian ini menjelaskan hubungan antara variabel-variabel.

Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yakni Komunikasi Interpersonal (X) dan variabel kontrol Budaya Politik (Z) serta satu variabel dependen yakni Keputusan Memilih (Y).

Tehnik pengumpulan data pokok dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden dari 5.713 populasi yaitu warga yang memiliki hak pilih.

Besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Yamane. Rumus korelasi yang digunakan adalah Korelasi Tata Jenjang Spearman.

Sesuai dengan metode penelitian yang digunakan yaitu eksplanasi, maka statistik yang digunakan adalah inferensial.

 

E. Kesimpulan

  1. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal calon kepala desa dan warga masyarakat dengan keputusan memilih dalam Pilkades periode 2007-2013 di Kalurahan Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Berdasarkan dari data-data yang di peroleh selama penelitian, terlihat hasil distribusi frekuensi pada variabel komunikasi interpersonal yaitu sebesar 73.469% pada kategori tinggi, 15.306% pada kategori sedang dan sisanya 11.224% pada kategori rendah.
  2. Terdapat hubungan yang signifikan antara budaya dengan keputusan memilih dalam Pilkades periode 2007-2013 di Kalurahan Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Berdasarkan dari data-data yang di peroleh selama penelitian, terlihat hasil distribusi frekuensi pada variabel budaya politik yang menunjukkan 37.755% termasuk dalam kategori tinggi, 42.857% termasuk dalam kategori sedang, dan sisanya 19.387% termasuk dalam kategori rendah.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Fungsi Public Relations yang Dijalankan Departemen Personalia dalam Membangun Citra
  2. Peran Divisi Kreatif Pada Event yang di Organisir CV. Frontline Indonesia
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Produksi Siaran Berita Fokus di Radio PTPN Rasitania Surakarta
  4. Komunikasi Interpersonal, Budaya Politik dan Keputusan Memilih
  5. Implementasi Fungsi Public Relations dalam Membangun Identitas Corporate Untuk Membentuk Image Positif di Radio Pesona Fm Wonosobo

 

 

Leave a Reply