HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Kegiatan Pemberitaan dlm Meningkatkan Kinerja Humas

Judul Tesis : Kegiatan Pemberitaan dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali

 

A. Latar Belakang

Humas pemerintah di dalam kegiatannya merupakan pengelola informasi dan opini publik agar aparat selalu dianggap telah memberikan citra baik dengan memunculkan isu pelayanan dan kemudahan prosedural, serta berita pembangunan yang telah berhasil dilaksanakan.

Dalam rangka memasyarakatkan pembangunan dan peningkatan sikap keterbukaan dalam lingkungan pemerintah Kabupaten Boyolali, maka pelaksanaan tugas bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali perlu ditingkatkan. Hal ini dimungkinkan apabila dalam menjalankan fungsinya, Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali berada sedekat mungkin dengan pemimpin melalui hubungan taktis operasional langsung dibawah bupati.

 

B. Tujuan

  1. Memenuhi kewajiban sebagai seorang Mahasiswa Diploma III Komunikasi Terapan jurusan Public Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam memperoleh gelar Profesi A.Md pada bidang Public Relations.
  2. Menerapkan, mempratekkan teori-teori kehumasan yang diperoleh dibangku kuliah dengan dunia kerja dunia nyata.
  3. Melatih berkomunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan

 

C. Landasan Teori

Pengertian Public Relations / Hubungan Masyarakat

Saling ketergantungan antara orang – orang dan perusahaan, pemerintah, dan organisasi – organisasi sosial telah menciptakan kebutuhan akan suatu filsafat dan fungsi baru dari manajemen yang selanjutnya kita sebut sebagai “Hubungan Masyarakat”. Selanjutnya dalam bahasan ini menggunakan istilah “Humas” dalam karangan (Frazer Moore, 2005: 3-4).

Fungsi Humas

Menurut F. rachmadi (Public Relations Dalam Teori dan Praktek Aplikasi Dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah 1999: 21-23) Fungsi utama humas atau public relations adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga atau organisasi dengan public intern maupun ekstern dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi public dalam upaya menciptakan iklim pendapat yang menguntungkan lembaga atau organisasi. Pendapat umum yang menunjang, merupakan kunci tercapainya tujuan suatu perusahaan atau lembaga.

Citra Organisasi

Menurut Frank Jeffkins dalam bukunya Public Relations Technique menguraikan definisi dari citra yakni penggambaran tentang realitas dan tidak harus sesuai dengan realitas. Citra adalah dunia menurut persepsi. Proses pembentukan citra pada akhirnya akan menghasilkan sikap, pendapat, tanggapan atau perilaku tertentu pada keterangan (Soemirat dan Ardianto, 2004 : 114).

 

D. Kesimpulan

  1. Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali akan memberikan informasi melalui media massa baik cetak atau elektronik ( radio ), jika mempunyai program atau kebijakan – kebijakan baru.
  2. Sebagai penentu komunikasi dua arah Humas membina suatu bentuk hubungan yang harmonis di dalam dan diluar organisasi. Dengan membina komunikasi yang harmonis di dalam organisasi maka hubungan kerja antar sub bagian di dalam organisasi dapat terkoordinasi dengan baik. Dan diluar organisasi, Humas mampu membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, pers, dan dinas terkait dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan penyebarluasan informasi tentang program – program pembangunan dan kebijakan pemerintah dengan akurat tanpa memihak dengan mengoptimalkan sarana prasarana yang ada, baik media cetak maupun elektronik dan bekerjasama dengan pers dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada mayarakat.

 

E. Saran

  1. Perlu penambahan sarana dan prasarana yang mendukung Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali.
  2. Meningkatkan kerjasama antar karyawan dalam meningkatkan kinerja Humas Pemerintah Kabupaten Boyolali.
  3. Membuat bergairah kembali dengan lebih mempromosikan Majalah Boyolali Tersenyum agar diminati pembacanya.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Lesbianisme Dalam Novel (Studi Semiotika Tentang Makna Lesbianisme Dalam Novel Gerhana
  2. Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Membina Hubungan Dengan Travel
  3. Kegiatan Pemberitaan Dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali
  4. Peran Kameraman Dalam Proses Penyampaian Berita Pada Program Berita Di Global Tv
  5. Tugas Produser Dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi Di Stasiun Jogja Tv

 

 

Leave a Reply