HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Promosi Produk Rokok Sampoerna A Mild trhdp Keputusan Konsumen

Judul Tesis : Analisis Promosi Produk Rokok Sampoerna A Mild terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian di Pasar Bintoro Demak

 

A. Latar Belakang

Walaupun ada imbauan dari pemerintah akan larangan dan bahaya akibat mengkonsumsi rokok, sebagian masyarakat tetap tidak mengindahkannya sehingga untuk saat ini muncul produk rokok putih atau rokok filter dimana kadar nikotin-nya sangat rendah sehingga konsumen akan merasa lebih nyaman dalam mengkonsumsi rokok. Selain itu bagi pemerintah, dengan semakin marak dan bertumbuh kembangnya industri rokok juga memberikan keuntungan tersendiri mengingat perusahaan rokok cukup besar dalam pembayaran pajak penjualannya.

Munculnya berbagai macam produk dengan harga, merk, mutu, rasa, kualitas yang bervariasi serta dikemas dalam kemasan yang menarik, serta dipromosikan dengan jelas menjadikan konsumen yang semakin selektif dalam menentukan pilihan. Untuk mengantisipasi hal ini, perusahaan harus membuat kebijaksanaan atau strategi dalam memproduksi dan memasarkan produk, diantaranya melalui : periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

  1. Apakah ada pengaruh promosi produk rokok Sampoerna A Mild terhadap keputusan konsumen dalam pembelian di pasar Bintoro Demak?
  2. Diantara kegiatan promosi tersebut, variabel apakah yang paling berpengaruh dalam memasarkan produk rokok Sampoerna A Mild di pasar Bintoro Demak?

 

C. Landasan Teori

Perilaku Konsumen

James F. Engel, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard (1994:3) mengemukakan pengertian perilaku konsumen adalah sebagai berikut : “Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan itu”.

Keputusan Pembelian

Pengertian keputusan pembelian menurut Basu Swastha (1995:251) yaitu mengidentifikasikan semua pilihan yang mungkin untuk memecahkan persoalan itu dan menilai pilihan-pilihan secara sistematis dan obyektif serta sasaran-sasarannya yang menentukan keuntungan serta kerugiannya masing-masing.

Promosi Penjualan

Basu Swastha (1995:279) mendefinisikan pengertian mengenai promosi penjualan adalah kegiatan-kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas, yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dan pedagang dengan menggunakan alat-alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah inferensial.

Jenis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data primer yang di gunakan yaitu questionare dan interview.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accydental sampling.

Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah 2.250 konsumen yang melakukan pembelian di pasar Bintoro Demak.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang kurang kuat antara keanekaragaman dan keunikan iklan dengan keputusan konsumen, yang dibuktikan dengan X2 hitung = 10,314 > X2 tabel = 9,488 dengan signifikasi sebesar 0,035. Nilai r sebesar 0,381 menunjukkan bahwa hubungan yang kurang kuat antara keanekaragaman dan keunikan iklan dengan keputusan konsumen dalam membeli rokok Sampoerna A Mild.
  2. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang kurang kuat antara penampilan dan penyampaian iklan dengan keputusan konsumen, yang dibuktikan dengan X2 hitung = 9,606 > X2 tabel = 9,488 dengan signifikasi sebesar 0,048. Nilai r sebesar 0,370 menunjukkan bahwa penampilan dan penyampaian iklan mempunyai hubungan yang kurang kuat dengan keputusan konsumen dalam membeli rokok Sampoerna A Mild.
  3. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keramahan petugas dengan keputusan konsumen dalam membeli rokok Sampoerna A Mild, yang dibuktikan dengan X2 hitung = 34,017 > X2 tabel = 9,488 dengan signifikasi sebesar 0,000. Nilai r sebesar 0,627 menunjukkan bahwa hubungan keramahan petugas mempunyai hubungan yang kuat dengan keputusan konsumen dalam membeli rokok Sampoerna A Mild.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Analisis Promosi Produk Rokok Sampoerna A Mild Terhadap Keputusan Konsumen
  2. Sistem Pembayaran Ekspor dengan Menggunakan Letter Of Credit (LC) Pada CV. ACLASS
  3. Pengaruh Informasi dalam Laporan Keuangan untuk Memprediksi Perubahan Laba Satu Tahun
  4. Pengaruh Organizational-Based Self-Esteem dan Budaya Organisasional
  5. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam di Jawa Tengah Tahun 1986-2006
Incoming search terms:

Leave a Reply