HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi : Perilaku Konsumen trhdp Produk Tabungan Perbankan Syari’ah

Judul Skripsi : Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk Tabungan Perbankan Syari’ah (Studi Kasus Pada BRI Syari’ah Cabang Solo)

 

A. Latar Belakang

Saat ini perkembangan dibidang jasa, khususnya perbankan sedang pesat. Jasa merupakan kegiatan yang dapat diidentifikasikan secara tersendiri, yang pada hakekatnya bersifat tak teraba (intangible), yang merupakan pemenuhan, kebutuhan dan tidak harus terikat pada penjualan produk atau jasa lain. (William J. Stanton, 1996 : 220.) Dahulu nasabah mencari bank (Bank Oriented), sekarang bank mencarii nasabah (Customer Oriented) maka bank dituntut mampu menawarkan produk-produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Dengan memanfaatkan produk yang ditawarkan, perbankan harus dapat merebut perhatian calon nasabah tidak hanya sekedar memperkenalkan, tetapi juga mengandung unsur persuasi.

Hadirnya Bank Syari’ah di Indonesia telah di respon positif oleh Bank Indonesia dalam pengembangannya. Hal ini ditandai dengan dibukanya Biro Perbankan Syari’ah di Indonesia. Salah satunya yaitu BRIS Cabang Solo tepatnya di jalan Slamet Riyadi 359 Purwosari Solo. UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan Bagi Hasil, yang direvisi dengan UU No. 10 tahun 1998. Bank Syari’ah dan Lembaga Keuangan Non-Bank secara kuantitatif tumbuh dengan pesat. Pertumbuhan yang pesat secara kuantitatif tanpa diikuti dengan peningkatan kualitas ternyata telah menimbulkan dampak negatif yang tidak kecil. Di sana sini ada saja keluhan tentang pelayanan yang tidak memuaskan dari lembaga keuangan Syari’ah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan antara karakteristik komsumen yang meliputi jenis kelamin, profesi dan tingkat pendidikan akhir dengan karakteristik produk yang meliputi bagi hasil, tangibles (bukti langsung/ fasilitas) dan pelayanan di BRI Syari’ah cabang solo?
  2. Karakteristik Produk mana yang mempunyai hubungan paling dominan terhadap karakteristik nasabah dalam menabung di BRI Syari’ah cabang solo?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Bank Syari’ah

Bank berasal dari kata Italia banco yang artinya bangku. Bangku inilah yang dipergunakan oleh bangkir untuk melayani kegiatan operasionalnya kepada para nasabah. Istilah bangku secara resmi dan populer menjadi bank. (Malayu Hasibuhan, 2002:1). Difinisi mengenai bank syari’ah telah banyak dikemukakan. Difinisi bank syari’ah menurut Muhammad sebagai berikut: Bank Islam adalah lembaga keuangan yang operasionalnya dikembangkan berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. (Drs, Muhammad, M.Ag : 2002)

Pengertian Pemasaran

Masalah pemasaran merupakan masalah yang penting, karena pemasaran termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu menciptakan nilai ekonomi. Ada suatu istilah yang sudah sangat umum, yaitu pembeli adalah raja. Dengan demikian maka kedudukan konsumen atau nasabah sangatlah kuat, sehingga untuk memasarkan perusahaan bukanlah hal yang mudah. Dalam keadaan dimana jumlah permintaan melebihi penawaran.

Perilaku konsumen

Menurut J.F. Engel dalam Basu Swastha dan Hani Handoko definisi perilaku konsumen sebagai berikut : Kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan dan persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut. (Basu Swastha dan Hani Handoko, 2000 : 10)

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan November sampai Januari.

Penelitian ini dilaksanakan di Bank BRI Syari’ah Cabang Solo yang bertempat di Jl. Slamet Riyadi 359 Purwosari Solo.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang memakai produk tabungan pada Bank Rakyat Indonesia Syari’ah Cabang Solo.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis dalam penulisan skripsi ini adalah metode pengambilan sampel probabilitas / acak (random sampling).

Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Data primer dan sekunder.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai metode yaitu Metode Observasi, Kuesioner dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

  1. Terdapat keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari jenis kelamin, profesi, dan pendidikan dengan karakteristik produk jasa perbankan syariah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Solo. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis Chi-Square yang memperoleh nilai c2 hitung diterima pada taraf signifikansi 5%.
  2. Sistem bagi hasil merupakan karakteristik produk perbankan syariah yang berpengaruh dominan terhadap ketertarikan konsumen untuk menabung di bank syariah. Hal ini dapat diketahui dari hasil perbandingan C dan Cmaks, antara profesi dengan bagi hasil, yang memperoleh nilai selisih yang paling rendah yaitu hanya sebesar 0,342.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan
  2. Hubungan Biaya Keagenan, Resiko Pasar dan Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Dividen
  3. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan
  4. Analisis Komparasi Sistem Hukum Pajak
  5. Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply