HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Pengaruh Keberadaan BTC dan PGS terhadap Mobilitas Perdagangan

Judul Tesis : Pengaruh Keberadaan Beteng Trade Centre ( BTC ) dan Pusat Grosir Solo (PGS ) terhadap Mobilitas Perdagangan Pasar Batik Klewer

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dan pertumbuhan aktivitas perdagangan di Kota Solo berkembang sangat pesat. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sudah dibangun pusat – pusat perdagangan yang modern dan dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas penunjang perdagangan serta dengan menjanjikan suatu kenyamanan. Dengan dibangunya pusat – pusat perdagangan tersebut, Kota Solo memiliki iklim bisnis dan perdagangan yang sangat kompetitif.

Pembangunan pusat – pusat perdagangan di Kota solo yang lebih modern dengan kelengkapan fasilitas – fasilitas penunjang serta kenyamanan tidak membuat Pasar Batik Klewer untuk merubah ataupun membangun fisik Pasar Batik Klewer menjadi lebih modern. Pasar Batik Klewer tetap mempertahankan image sebagai pasar tradisional. Dengan ketradisionalan dari Pasar Batik Klewer dipandang mengandung nilai – nilai historis dan budaya yang menjadi daya tarik khusus bagi konsumen atau pedagang.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah BTC dan PGS benar – benar merupakan kompetitor bagi Pasar Batik Klewer dilihat dari aspek manajemen.
  2. Bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh BTC dan PGS terhadap mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Menurut Philip Kotler alih bahasa oleh A.B. Susanto ( 1999 : 11 ) pemasaran didefinisikan sebagai berikut : “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.” Pengertian pemasaran di atas sebagai suatu sistem dari kegiatan – kegiatan yang paling berhubungan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendiskusikan barang dan jasa pada kelompok pembeli.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli atau konumen. Basu Swastha DH ( 1990 :10 ) memberikan definisi tentang konsep pemasaran sebagai berikut : “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.

Perilaku Konsumen

Menurut Henry Ma`ruf (2005:50) “Perilaku konsumen ( consumer behavior ) adalah proses yang terjadi pada konsumen ketika kita memutuskan membeli, apa yang dibeli, di mana, kapan dan bagaimana membelinya.” Setiap pembelian konsumen tercipta karena adanya needs ( kebutuhan, keperluan ) atau wants ( keinginan ) atau campuran keduanya.

 

D. Metode Penelitian

Didalam melaksanakan penelitian ini penulis memilih lokasi di BTC, PGS dan Pasar Batik Klewer.

Penelitian dilakukan setelah usulan penelitian disetujui oleh pembimbing skripsi dan telah mendapat ijin dari pihak – pihak terkait.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif.

Sumber data pertama dalam penelitian kualitatif.

Penelitian ini menggunakan teknik cuplikan purposive sampling.

Teknik pengumpulan data merupakan cara – cara yang ditempuh untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam menjawab permasalahan dengan menggunakan alat – alat atau instrument pengumpulan data.

 

E. Kesimpulan Tesis

Keberadaan BTC dan PGS yang diduga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer ternyata kurang tepat. Kondisi mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer saat ini sedang mengalami penurunan. Dilihat dari volume pengunjung dan omzet penjualan para pedagang Pasar Batik Klewer yang mengalami penurunan yang besar dibandingkan 2 atau 3 tahun yang lalu membuktikan bahwa kondisi mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer sedang mengalami penurunan yang sangat drastis.

Penurunan mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer tersebut bukan disebabkan karena keberadaan BTC dan PGS sebagi faktor utama melainkan disebabkan karena faktor –faktor yang lain. Faktor – faktor tersebut antara lain :

  1. Banyak terjadinya bencana alam
  2. Turunnya daya beli masyarakat
  3. Harga barang – barang pangan yang naik.

Keberadaan BTC dan PGS hanya memberikan pengaruh yang tidak begitu besar. Karena waktu pendirian BTC sempat ada rumor tentang kepindahan Pasar Batik Klewer ke BTC membuat sebagian pedagang Pasar Batik Klewer untuk membeli kios – kios yang tersedia baik untuk tujuan memperluas segmen pasar maupun hanya karena antisipasi rumor yang berkembang pada saat itu. Hal itu membuktikan bahwa dengan adanya BTC memberikan pengaruh terhadap mobilitas perdagangan Pasar Batik Klewer khususnya mobilitas pedagang.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Retribusi Pelayanan Pasar Banget Ayu dan Peterongan Kota Semarang
  2. Evaluasi Pelaksanaan Pemungutan Pajak Pengambilan Dan Pengolahan
  3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam di Jawa Tengah Tahun 1986-2006
  4. Pengaruh Keberadaan Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Gosir Solo (PGS) terhadap Mobilitas Perdagangan
  5. Analisis Probabilitas Keberhasilan Program Bantuan Langsung Tunai Untuk Rumah Tangga Sasaran

 

Leave a Reply