HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Akutansi: Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Bahasa trhdp Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Bahasa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Siswa Kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Bicara tentang pendidikan, maka pendidikan Akuntansi merupakan salah satu program studi yang cukup layak untuk diperhitungkan. Hal ini dikarenakan peran dan fungsi dari akuntansi yang mencakup hampir seluruh bidang kehidupan dan tanpa disadari selalu diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Misalnya saja : transaksi jual beli dipasar, transaksi di pasar modal, perbankan, perhitungan pajak, penentuan budget produksi, penentuan upah tenaga kerja, BEP, Shut down point dan sebagainya. Melihat dinamika persoalan yang begitu beragam, bisa dikatakan bahwa akuntansi merupakan suatu sistem penyediaan jasa informasi finansial yang amat kompleks. Oleh karena itu, dalam pendidikan akuntansi mempelajari berbagai bidang akuntansi yaitu : Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan (Auditing), Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perpajakan, Sistem Akuntansi, Akuntansi Anggaran (Budgeting), Akuntansi pemerintahan, Akuntansi pendidikan, dan Akuntansi Sosial (Yulian Handoko,dkk,2005:8).

Realitas sosial memberikan sebuah bukti bahwa keeksistensian akuntansi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan kondisi yang demikian, maka kemampuan dalam akuntansi atau prestasi akuntansi harus selalu di tingkatkan. Bagi seorang siswa SMA/SMK/MA, prestasi akuntansi yang baik akan memudahkan dia untuk memasuki jurusan akuntansi di sebuah perguruan tinggi yang baik pula. Bagi seorang akuntan, prestasi akuntansi yang baik akan sangat membantunya dalam melakukan pembukuan yang tepat dan akurat. Bagi seorang budgetor, prestasi akuntansi yang baik akan membantunya dalam melakukan perencanaan atas budget produksi, budget anggaran, budget penjualan, sehingga prediksi yang dihasilnya sesuai dengan angka yang sebenarnya atau setidaknya mendekati.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah kemampuan dasar matematika siswa kelas 3 skuntansi SMK Negeri 1 Kudus?
  2. Bagaimanakah kemampuan dasar bahasa siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus?
  3. Bagaimanakah prestasi mata pelajaran akuntansi keuangan (kelas 2 semester I, kelas 2 semester II, dan kelas 3 semester I) siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus?

 

C. Landasan Teori

  1. Bagaimanakah kemampuan dasar matematika siswa kelas 3 skuntansi SMK Negeri 1 Kudus?
  2. Bagaimanakah kemampuan dasar bahasa siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus?
  3. Bagaimanakah prestasi mata pelajaran akuntansi keuangan (kelas 2 semester I, kelas 2 semester II, dan kelas 3 semester I) siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus?

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus yang berjumlah 117 siswa.

Sampel berjumlah 90 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Ada 3 variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) kemampuan dasar matematika, (2) kemampuan dasar bahasa, dan (3) prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.

Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari gambaran umum, bisa dilihat bahwa kemampuan dasar matematika siswa kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus tergolong baik dengan prosentase nilai baik sebesar 76% dan sangat baik 22%. Kemampuan dasar bahasa tergolong baik dengan prosentase nilai baik sebesar 93%. Prestasi akuntansi keuangan menengah juga tergolong baik dengan prosentase nilai baik sebesar 62% dan sangat baik 27%. Dari fakta tersebut kita bias menyimpulkan bahwa apabila kemampuan dasar matematika dan bahasa siswa baik, maka prestasi akuntansi keuangan siswa tersebut juga akan
  2. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2 ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan (Y). Dalam pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial terbukti bahwa kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan (Y). Hal ini ditunjukkan pada probabilitas Fhitung sebesar 0.000. Karena prob<0.05, maka terdapat pengaruh yang signifikan. Dan probabilitas thitung untuk kemampuan dasar matematika sebesar 0.000 dan probabilitas thitung untuk kemampuan dasar bahasa adalah sebesar 0.002. Karena masing-masing probabilitas variable bebas < 0.05, maka terdapat pengaruh yang signifikan.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pembelajaran PS-Ekonomi Pokok Bahasan Pasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007
  2. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Siswa Kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta
  3. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang
  4. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply