HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Pembelian Bahan Baku pd PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Pembelian Bahan Baku Pada PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY Surakarta

 

A. Latar Belakang

Setiap perusahaan industri pada umumnya perlu memiliki persediaan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Mereka harus mampu mempertahankan jumlah persediaan optimum untuk menjamin kebutuhan bagi kemajuan kegiatan perusahaan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Suatu perusahaan tidak akan bisa melaksanakan proses produksinya selama tidak tersedianya bahan baku. Posisi bahan baku itu sangat penting keberadaannya bagi perusahaan karena sangat berperan penting dalam proses produksi. Untuk dapat melakukan pembelian bahan baku yang baik, maka perusahaan membutuhkan sistem yang tepat.

Dengan adanya sistem pembelian bahan baku yang tepat ini, tentunya dapat memudahkan seorang manajer perusahaan dalam mengatur, mengontrol, serta mengawasi setiap fungsi atau bagian yang terkait secara langsung dalam pembelian bahan baku. Bahan baku merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam proses produksi, baik untuk perusahaan besar maupun kecil. Karena bahan baku sebagai penentu tingkat kualitas hasil suatu produk. Semakin besar perusahaan, maka permintaan bahan baku akan semakin tinggi pula. Dalam perusahaan manufaktur, bahan baku setelah mengalami beberapa tahapan produksi, pada akhirnya akan dihasilkan suatu barang jadi atau setengah jadi. Bagaimana perusahaan memperoleh bahan baku tersebut? Perusahaan pasti tidak akan luput dari kegiatan pembelian. Pembelian bahan baku digunakan untuk mempertahankan kualitas dan kestabilan suatu proses produksi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah Sistem Pembelian Bahan Baku yang diterapkan oleh PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy?
  2. Apa saja kelemahan dan kelebihan Sistem Pembelian Bahan Baku pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui bagaimana perusahaan menerapkan Sistem Pembelian Bahan Baku pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy.
  2. Untuk mengevaluasi Sistem Pembelian Bahan Baku pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy.

 

D. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Menurut Mulyadi (2001:5) sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan, sedangkan prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2001:3). Sedangkan menurut Zaki Baridwan (1981:1) sistem akuntansi didefinisikan sebagai formulir-formulir, catatancatatan, prosedur dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data suatu kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik berupa laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan, seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintah uintuk menilai hasil operasi.

Sistem Pengendalian Intern

Menurut Mulyadi (2001:163), sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasi untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Tujuan sistem pengendalian intern dari definisi tersebut adalah :

  1. Menjaga kekayaan organisasi
  2. Mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi
  3. Mencorong efisiensi
  4. Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

 

E. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil evaluasi terhadap sistem pembelian bahan baku pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta sudah dilakukan dengan baik dan didukung dengan sistem pengendalian intern yang memadai. Hal ini dapat dilihat dari adanya struktur organisasi yang jelas dengan garis wewenang dan tanggung jawabnya, serta pemisahan fungsi untuk memenuhi syarat adanya pengawasan yang baik, penggunaan dokumen yang sudah bernomor urut tercetak, adanya penggunaan catatan akuntansi yang dapat diandalkan ketelitian dan keandalannya, penggunaan cek atas nama dalam setiap transaksi pengeluaran kas, serta adanya otorisasi dalam setiap terjadinya transaksi.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Pembelian Bahan Baku Pada Pt. Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta
  2. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Bagi Nasabah Baru Pada Pt. Bpr Sukadana Surakarta
  3. Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital
  4. Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Profesi Akuntan
  5. Persistensi Laba, Akrual, Aliran Kas Dan Booktax Differences

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)