HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Analisis Lay Out Produksi SKT pd PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy

Judul Skripsi : Analisis Lay Out Produksi SKT (Sigarette Kretek Tangan) pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta

 

A. Latar Belakang

Proses produksi yang ada terdiri dari dua jenis yaitu SKM (Sigarette Kretek Mesin) dimana proses pembuatan atau pelintingan rokok dilakukan dengan mesin yang menghasilkan berupa rokok filter dan SKT (Sigaret Kretek Tangan) proses pembuatan dan pelintingan rokok dengan menggunakan tenaga manual tangan yang menghasilkan berupa rokok kretek tanpa filter. Kedua sistem tersebut mampu menghasilkan berupa DJITOE King Size Merah, dan Hijau dari produksi SKT (Sigarette Kretek Tangan) serta produksi dari SKM (Sigarette Kretek Mesin) berupa DJITOE Filter Internasional, DJITOE Filter Super, DJITOE Filter 90 S, dan DJITOE Filter King Size Hijau.

Beberapa jenis produk tersebut dibuat untuk memenuhi permintaan konsumen dan memberikan produk yang berkualitas dengan efisiensi pada kegiatan produksinya. Upaya untuk meningkatkan efisiensi kegiatan produksi sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penyesuaian fasilitas produksinya yaitu dengan menganalisa dan memperbaiki perancangan tata letak fasilitas produksinya.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimana efisiensi lay out produksi SKT pada PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY ?
  2. Bagaimana bentuk lay out produksi SKT pada PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen menurut Pangestu Subagyo (2000;1) dalam bukunya “Manajemen Operasi” dijelaskankan sebagai berikut : “Manajemen adalah tindakan untuk mencapai tujuan yang dilakukan dengan mengkoordinasikan kegiatan orang lain. Fungsi – fungsi atau kegiatan – kegiatan manajemen meliputi perencanaan, organisasi staffing, koordinasi, pengarahan dan pengawasan”.

 

Pengertian Plant Lay out

Menurut Reinder dan Heizer (2005;450) mendefinisikan plant lay out sebagai berikut : “Tata letak atau lay out merupakan satu keputusan penting yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalam jangka panjang”.

Jenis Lay out

Beberapa jenis lay out yang menjadi dasar dalam penyusunan lay out yang baik agar sistem tersebut mampu beroperasi dengan efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Menurut Pangestu Subagyo (2000;80) membagi macam – macam lay out sebagai berikut :

  1. Lay out Garis
  2. Lay out Fungsional
  3. Lay out Kelompok
  4. Lay out dengan posisi tetap

 

D. Metode Penelitian

Obyek dari penelitian ini adalah PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY yang berlokasi di JL. LU Adisucipto No.51 Surakarta khususnya pada lay out produksi SKT (Sigarette Kretek Tangan). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan dengan penelitian lapangan dan studi pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Merencanakan layout berdasarkan data yang ada di ruang produksi SKT (Sigarette Kretek Tangan) PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY dengan menggunakan metode line balancing maka kita dapat membuat 7 station kerja dengan tingkat pengangguran kapasitas rata – rata sebesar 12,94 % dan tingkat pemanfaatan kapasitas atau efisiensi sebesar 87,05%.
  2. Hasil observasi dan penelitian yang dilakukan di ruang produksi SKT (Sigarette Kretek Tangan) PT. DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY dapat diketahui susunan layout yang ada menggunakan lay out garis yaitu pengaturan letak mesin – mesin atau fasilitas produksi berdasarkan urutan proses produksi mulai dari gudang penyimpanan tembakau, pemrosesan di mesin perajang, menuju mesin udal, mesin pencampuran, pelintingan, pengovenan, pengepakan hingga menuju gudang barang jadi disusun secara urutan proses produksi dalam membuat suatu barang. Barang yang dikerjakan setiap hari selalu sama berupa rokok dan arus barang yang dikerjakan setiap hari selalu sama seolah – olah menyerupai garis (meskipun tidak selalu lurus).

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print