HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pd CV. ANEKA ILMU SEMARANG

Judul Tesis : Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. ANEKA ILMU SEMARANG

 

A. Latar Belakang

Aneka Ilmu yang merupakan salah satu perusahaan yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi, mempunyai kegiatan produksinya adalah mengolah bahan baku yaitu kertas menjadi barang jadi yang berupa bukubuku. Kualitas suatu produksi tergantung pada kualitas bahan mentah yang dipergunakan, sehingga jelas bahwa kegiatan produksi memerlukan adanya bahan baku. Pembelian bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas juga.

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang melalui prosedur-prosedur yang cukup kompleks mengingat perusahaan banyak memiliki fungsi yang terkait yang tentunya fungsi-fungsi ini saling bekerjasama dalam melakukan pembelian bahan baku mulai memesan sampai dengan datangnya bahan baku. Masing-masing fungsi mempunyai tanggungjawab yang berbeda-beda, seperti fungsi pembelian bertanggungjawab memperoleh informasi mengenai harga barang, menentukan pemasok dan mengeluarkan order pembelian pada pemasok. Sedangkan fungsi penerimaan bertanggungjawab melakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu dan kualitas barang yang diterima pemasok. Pemisahan fungsi-fungsi di perusahaan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan dalam transaksi pembelian. Meskipun memiliki tanggungjawab yang berbeda, tetapi tetap saling bekerjasama untuk kelancaran transaksi pembelian.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi pembelian bahan baku pada CV. ANEKA ILMU Semarang.
  2. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan sistem akuntansi pembelian bahan baku pada CV. ANEKA ILMU Semarang, dan bagaimana solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. (Mulyadi, 2001 : 2). Dalam pengertian yang lain sistem adalah sekelompok atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose) (Hall, 2001 : 5).

Pengertian Pembelian

Pembelian (purchases) adalah harga pembelian (harga pokok) barang dagang yang diperoleh perusahaan selama periode tetentu (Aliminsyah dan Padji, 2003 : 450).

Pengertian Bahan Baku

Bahan baku merupakan bahan yang membentuk bagian menyeluruh produk jadi. Bahan baku yang diolah dalam perusahaan manufaktur dapat diperoleh dari pembelian lokal, impor atau pengolahan sendiri (Mulyadi, 2000 : 295).

 

D. Metode Penelitian

Objek kajian penelitian ini adalah sistem akuntansi pembelian bahan baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang yang berlokasi di Jalan Raya Semarang – Demak Km 8,5 Semarang.

Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, serta dokumentasi.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik diskriptif kualitatif .

 

E. Kesimpulan Tesis 

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. ANEKA ILMU Semarang pada umumnya telah dilakukan dengan baik, dengan melibatkan berbagai fungsi dengan tugas dan tanggungjawab masingmasing serta telah dilengkapi dengan dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Bagian-bagian yang terkait dalam sistem akuntansi pembelian bahan baku lebih efektif, karena adanya bagian verifikasi yang bertanggungjawab dalam membantu Manajer Akuntansi untuk melaksanakan pencatatan atas transaksi pembelian bahan baku secara kredit kedalam kartu utang berdasarkan faktur dari pemasok.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Penentuan Harga Pokok Produksi Teh di Perkebunan Tambi, Wonosobo
  2. Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Oleh Kantor Perwakilan BPKP
  3. Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah pada Kantor Perwakilan BPKP
  4. Prosedur Pembelian Persediaan pada Primkop Polwiltabes Semarang
  5. Prosedur Penanganan Kredit Macet pada PD BPR Bank Pasar Pati

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)