HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Baku

Judul Tesis : Evaluasi Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi Kasus di Percetakan Surya Offset Jebres Surakarta

 

A. Latar Belakang

Percetakan Surya Offset adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang percetakan, yang proses produksinya berdasarkan pesanan dari pihak luar atau konsumen. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan pokoknya mengolah bahan baku menjadi produk jadi dan siap untuk dipasarkan (Depdiknas, 1991: 9). Tujuan utama perusahaan ini adalah mencari laba. Agar tujuan perusahaan tercapai, salah satu usahanya adalah dengan menghasilkan produk atau barang dengan kualitas yang baik dan biaya yang efisien. Produk yang dihasilkan Percetakan Surya Offset yaitu cetak color separasi, undangan, nota, cover buku, kalender, kartu nama, stiker, dan lain-lain.

Untuk memenuhi pesanan dari konsumen, maka Percetakan Surya Offset harus melakukan pembelian bahan baku terlebih dahulu. Percetakan Surya Offset sudah membuat sistem untuk pembelian bahan baku, tetapi masih sangat sederhana. Hal ini terkadang menimbulkan masalahmasalah dalam proses produksi, seperti jadwal produksi menjadi tidak realistis, pemborosan, dan terjadinya kekurangan persediaan bahan baku. Lemahnya sistem pengendalian intern untuk pembelian bahan baku menjadi alasan penulis untuk mengevaluasi sistem dan prosedur pembelian bahan baku di Percetakan Surya Offset.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah sistem dan prosedur pembelian bahan baku pada Percetakan Surya Offset sudah sesuai dengan standar sistem akuntansi?

 

C. Pembahasan

Pengertian Sistem

Menurut Cole dalam Baridwan (1990: 3), sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh, untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.

Pengertian Pengendalian Intern

Menurut Mulyadi, (2001: 163-170), sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasi untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

Sistem Pembelian Bahan Baku pada Percetakan Surya Offset

Percetakan Surya Offset adalah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan, yang proses produksinya berdasarkan pesanan. Bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi adalah kertas yang kemudian diproses menjadi berbagai macam produk seperti undangan, cover buku, kalender dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, Percetakan Surya Offset memperoleh bahan baku dengan cara membeli dari pemasok dan pembelian dilakukan secara tunai. Pembelian bahan baku dilakukan dengan memperoleh persetujuan dari pimpinan atau bagian administrasi dan keuangan.

 

D. Tujuan Penelitian

Berdasarkan perumusan masalah di atas, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ketepatan sistem dan prosedur pembelian bahan baku pada Percetakan Surya Offset.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan uraian mengenai evaluasi sistem pembelian bahan baku pada Percetakan Surya Offset, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa sistem pembelian bahan baku pada Percetakan Surya Offset masih sederhana dan belum sesuai dengan standar sistem akuntansi. hal ini terbukti dengan adanya beberapa kelemahan dalam sistem dan prosedur pembelian bahan bakunya. kelemahan pada sistem dan prosedur pembelian bahan baku di Percetakan Surya Offset, yaitu terdapat tanggung jawab ganda yang dilakukan oleh bagian adminisrasi dan keuangan, hal ini menyebabkan penyelewengan bisa saja terjadi. Bagian yang menerima barang dan menyimpan barang adalah bagian gudang, hal ini menyebabkan informasi penerimaan barang dan persediaan barang di gudang tidak terjamin ketelitian dan keandalannya. Belum menggunakan Surat Order Pembelian dan Surat Penawaran Harga yang menyebabkan informasi mengenai harga tidak jelas. Belum menggunakan formulir bernomor urut.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Kinerja Keuangan Dengan Metode Analisis Rasio Pada Pt Batik
  2. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Dari Pembayaran Rekening Berjalan
  3. Evaluasi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan – Aktiva Tetap Dalam Laporan
  4. Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi Kasus Di Percetakan Surya
  5. Analisis Laporan Keuangan pada KPPN Surakarta Tahun Anggaran 2006-2008

 

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)