HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Peranan Kepemimpinan dlm Pemberdayaan Pegawai

Judul Tesis: Peranan Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Pegawai (Studi Kasus Pada PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan)

 

A. Latar Belakang

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan bergantung kepada kepemimpinannya, yaitu apakah kepemimpinan tersebut mampu menggerakkan semua SDM dan SDA, sarana, dana, dan waktu secara secara efektif dan efisien dalam suatu sistem menejemen yang lebih menjadikan karyawan sebagai mitra kerja daripada sebagai bawahan (manajemen Kemitraan) Hal ini senada dengan pendapat Thoha (2000:1) mengemukakan bahwa, untuk mempertahankan kehidupan dan kedinamisan organisasi (organizational survival), setiap organisasi mau tidak mau harus adaptif terhadap perubahan. Organisasi birokrasi yang mampu bersaing dimasa mendatang adalah yang memiliki sumber daya manusia berbasis pengetahuan dengan memiliki berbagai keterampilan serta keahlian (multi skilling workers).

Seiring dari pada itu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan arus globalisasi, maka dituntut pula adanya sumber daya pegawai yang kapabel (capable), yakni pegawai yang dapat bekerja secara efesien, efektif, produktif, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tidak kadaluarsa yang pada akhirnya mampu menampilkan kinerja yang memuaskan.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana Peranan Kepemimpinan Dalam Pemberdayaan Pegawai di PT. BANK SUMUT CABANG UTAMA MEDAN?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemimpin

Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang berarti seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian suatu maksud atau beberapa tujuan. (Kartono, 1993 : 76)

 

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia sebagai salah satu bidang manajemen yang lebih terfokus pada kajian tentang masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia (personalia) atau yang dikenal dengan kepegawaian, di mana manajemen sumber daya manusia hanya mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam suatu organisasi. Jadi manajemen sumber daya manusia atau manajemen personalia merupakan suatu ilmu yang mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi agar mendukung terwujudnya tujuan.

 

Konsep Pemberdayaan

Dalam deskripsi singkat tentang pemberdayaan sumber daya manusia sebagai salah satu subyek dari kajian manajemen, maka agar dapat dipahami signifikansinya dalam manajemen, baik manajemen publik maupun manajemen bisnis perlu diawali dengan pengertian pemberdayaan sumber daya manusia (empowerment of human resources) dengan menekankan pada kata kunci yang terdiri dari pemberdayaan (empoerment) dan sumber daya manusia (human resources).

 

D. Metode Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Peranan Kepemimpinan Dalam Pemberdayaan Pegawai di PT. BANK SUMUT CABANG UTAMA MEDAN.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan permasalahan sebagaimana adanya.

Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai tetap non manajerial pada PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan yang berjumlah 120 orang.

Adapun teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik pengambilan sample secara acak (random sampling) dari populasi pegawai tetap yang ada di perusahaan.

Untuk menentukan jumlah responden dari populasi yang ada digunakan berdasarkan pendapat Arikunto (2006), jika jumlah populasi besar (lebih dari 100) maka sampel yang diambil sebesar 10-15%, 20-25 % atau lebih. Berdasarkan pendapat diatas maka jumlah sample diambil sebesar 50% atau berjumlah 60 Orang responden.

 

E. Kesimpulan

  1. Kepemimpinan pada PT. Bank Sumut sudah berjalan dengan lebih efektif yang ditunjukkan dengan terlaksananya fungsi-fungsi kepemimpinan dalam perjalanan dan kinerja organisasi
  2. Peran kepemimpinan dalam proses pemberdayaan sudah berjalan dengan lebih baik yang dapat dilihat dari adanya pelaksanaan sistem penempatan pegawai, pengembangan pegawai, pemeliharaan dan pemanfaatan pegawai.
  3. Kepemimpinan pada PT. Bank Sumut Cabang Utama sudah berhasil melaksanakan pemberdayaan pegawai dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya sistem penempatan pegawai berdasarkan kriteria –kriteria yang objektif, sistem pengembangan pegawai yang dilaksanakan secara intens dan memperhatikan kemampuan pegawai serta sistem pemanfaatan pegawai yang memperhatikan kebutuhan dan kondisi psikologi para pegawainya.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Peranan Camat alam Upaya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PNPM Mandiri Pedesaan)
  4. Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab Tapanuli Selatan dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar
  5. Peranan Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Pegawai

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply