HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Pemberdayaan Aparatur Pemerintah trhdp Prestasi Kerja

Judul Tesis : Pengaruh Pemberdayaan Aparatur Pemerintah terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan)

 

A. Latar Belakang

Pegawai Negeri Sipil mempunyai peran yang menentukan, yaitu sebagai pemikir, pelaksana, perencana, dan pengendali pembangunan. Dengan demikian, PNS mempunyai peranan yang sangat penting dalam memperlancar jalannya roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional.

Mengingat pentingnya peranan tersebut, PNS perlu dibina dengan sebaik-baiknya agar diperoleh PNS yang setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah, serta yang bersatu padu, bermental baik, berwibawa, kuat, berdaya guna, berhasil guna, bersih, berkualitas tinggi, dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur Negara.

 

B. Rumusan Masalah

“Adakah Pengaruh Pemberdayaan Aparatur Pemerintah terhadap Prestasi Kerja pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan”.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemberdayaan

Menurut Shardlow (dalam Rukminto,2003:55), menyatakan bahwa pemberdayaan pada intinya membahas tentang bagaimana individu, kelompok, atau komunitas mengontrol kehidupan mereka sendiri dan memperoleh kekuatan untuk membentuk masa depan mereka sendiri.

Pemberdayaan Aparatur Pemerintah

Pemberdayaan aparatur pemerintah berarti peningkatan efektivitas, menghendaki dilakukannya perubahan administrasi (birokrasi) atau reformasi kinerja aparatur pemerintah.(Wibowo, 2001:200). Pemberdayaan aparatur pemerintah adalah segala usaha untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan.(Widjaja,1995:60).

Pengertian Prestasi Kerja

Telah kita ketahui setiap organisasi diciptakan hanyalah untuk menghasilkan sesuatu yang diperlukan dengan kata lain berupa prestasi. Menurut P. Sondang Siagian (1994:54), prestasi kerja adalah kemampuan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan keluaran (output) yang optimal, bahkan kalau mungkin yang maksimal.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa data korelasi antar variabel untuk membuktikan pengaruh pemberdayaan aparatur pemerintah terhadap prestasi kerja.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Pemberdayaan aparatur pemerintah pada BKD Asahan yaitu usaha untuk mewujudkan aparatur yang profesional dan berkualitas melalui pengadaan, pembinaan karier, diklat, sistem penggajian,tunjangan dan kesejahreraan guna meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan.
  2. Prestasi kerja pada BKD Asahan yaitu hasil kerja yang dicapai dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepada pegawai yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
  3. Tingkat pemberdayaan aparatur pemerintah berada pada kategori tinggi (kuat). Hal ini dapat dilihat dari jawaban sebagian besar pegawai yang menyatakan bahwa pemberdayaan aparatur yang dilakukan pada kantor BKD Asahan berjalan dengan baik. Seperti pelaksanaan diklat yang sesuai dengan kebutuhan kerja dan mampu meningkatkan kemampuan/keterampilan pegawai dalam bekerja. Promosi yang diterapkan sesuai dengan rencana dan program yang telah ditetapkan pemerintah, serta gaji dan tunjangan kesejahteraan yang diterima sudah sesuai dengan kebutuhan para pegawai.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Pengaruh Pemberdayaan Aparatur Pemerintah terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kab Asahan)
  2. Pengaruh Pengembangan SDM terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Dinas Perhubungan Kota Medan)
  3. Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Sidorame Timur Kec Medan Perjuangan Kota Medan
  5. Penyaluran Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kota Medan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply