HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Governance: Perancangan IT Governance utk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas

Judul Tesis : Analisa dan Perancangan IT Governance untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pada Proyek EPC (Engineering Procurement And Construction): Studi Kasus PT. Pertafenikki Engineering

 

A. Latar Belakang

Peranan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (TI/SI) sangat penting dalam mendukung proses bisnis suatu perusahaan, sehingga perusahaan dituntut harus dapat mengelola dan memanfaatkan TI sesuai dengan kebutuhan dan tujuan strategis perusahaan. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan berapa banyak anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan investasi dalam bidang TI dan bagaimana melakukan pengelolaan TI/SI yang efektif dan efisien sehingga sejalan dengan tujuan strategis organisasi.

Melihat perkembangan yang semakin meningkat dalam bidang TI, perusahaan harus dapat mencermati penggunaan sumber daya TI secara optimal. Untuk itu perlu ditingkatkan efisiensi dan keefektivan dalam pengelolaan sumber daya TI dengan menerapkan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik perusahaan.

 

B. Permasalahan Penelitian Tesis 

  1. Menentukan kerangka kerja yang sesuai untuk merancang IT Governance dengan pendekatan COBIT yang berorientasi pada control objective dan PMBOK yang berorientasi pada manajemen proyek.
  2. Bagaimana menganalisa dan merancang IT Governance yang sesuai dengan karakteristik PT. Pertafenikki Engineering sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang EPC dan berorientasi pada proyek.

 

C. Landasan Teori

Pengelolaan Fungsi TI/SI

TI/SI merupakan aset yang penting bagi suatu organisasi dan juga sebagai faktor utama dalam mendukung proses bisnis yang memiliki nilai strategis. Oleh karena itu pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya TI/SI perlu mendapat perhatian khusus agar dapat memberikan hasil yang maksimal bagi organisasi.

PMBOK

Project Manajement Institute (PMI) merupakan organisasi yang mengeluarkan standarisasi manajemen proyek yang dikenal dengan Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Metode PMBOK yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah PMBOK yang dipublikasikan pada tahun 2000 yang mengelompokkan ilmu manajemen proyek kedalam sembilan area pengetahuan manajemen dan lima siklus hidup proyek.

Engineering Procurement and Construction

Engineering Procurement and Construction (EPC) adalah suatu kegiatan dalam suatu rangkaian proyek yang meliputi 3 bidang pekerjaan yang utama yaitu :

  1. Pekerjaan yang bersifat teknis (Engineering)
  2. Pengadaan barang (Procurement)
  3. Konstruksi (Construction)

 

D. Metode Penelitian

Pendekatan yang digunakan dalam rancangan IT Governance tersebut akan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kerangka kerja yang berorientasi proyek; PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dan pendekatan kerangka kerja yang menjadi standar industri; COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Kedua pendekatan yang berbeda tersebut dapat saling melengkapi dalam menganaslisa dan merancang IT Governance suatu perusahaan yang berorientasi proyek.

 

E. Kesimpulan

  1. COBIT dengan control objective-nya dapat digunakan sebagai alat untuk menerjemahkan keputusan TI kedalam proses TI yang perlu dikelola dan dikontrol sedangkan PMBOK dapat digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan manajemen proyek yang sesuai dengan karakteristik PFN sebagai perusahaan yang berorientasi proyek.
  2. Model organisasi yang dapat mendukung pengelolaan fungsi TI yang ada di PFN adalah dengan menggunakan model platform. Dimana tujuan utama dari model ini adalah memastikan bahwa fungsi TI dalam menyediakan aset, layanan serta sumber daya untuk mendukung inovasi bisnis di seluruh organisasi. Hal tersebut berakibat terhadap perubahan struktur organisasi PFN dimana TI diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas fungsi pengelolaan TI dalam memberikan layanan TI secara internal maupun eksternal.

 

Contoh Tesis Governance

  1. Analisis Pengaruh Penerapan Good Governance terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Menteng Tiga
  2. Analisis Pengaruh Pengawasan Intern dan Penerapan Good Governance di Direktorat Jenderal Pajak Terhadap Citra Organisasi dan Kepatuhan Wajib Pajak? Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Serpong
  3. Analisis Efektifitas Komite Audit dalam Rangka Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Permodalan Nasional Madani (Persero)
  4. Analisa Yuridis Komite Audit dalam Sistematika Hukum Perseroan Terbatas dalam Usaha Menegakkan Good Corporate Governance (GCG)
  5. Analisa Pengaruh Penerapan Basel dan Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Risiko Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  6. Analisa dan Perancangan IT Governance untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pada Proyek EPC (Engineering Procurement And Construction)
Incoming search terms:

Leave a Reply