HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Organisasi Internasional

Organisasi Internasional  Teori Organisasi Internasional

Organisasi Internasional

Organisasi Internasional~ Organisasi merupakan kumpulan kelompok yang dibentuk dengan tujuan yang sama. Yah penegertian tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Namun perlu diketahui juga bahwa organisasi sendiri memiliki jenis dan macam yang sangat banyak. Diantaranya  ada organisasi umum, organisasi modern, dan organisasi internasional.

Sebelum kita mengulas lebih jauh lagi IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi dalam artikel kali ini akan membahas secara khusus mengenai teori organisasi internasional.

Organisasi sendiri merupakan struktur hubungan yang terjalin antar beberapa kelompok atau orang. Hubungan tersebut terjalin karena adanya tujuan-tujuan yang harus dicapai.

Sedangkan teori organisasi merupakan teori yang mempelajari kegiatan serta aktivitas yang ada pada organisasi tersebut. Kajian pembahasannya teori organisasi antara lain fungsi organisasi, perealisasikan visi dan misi.

Dari itu smeua tentu saja setiap orang yang berperan aktif terhadap organisasi haruslah memiliki ilmu yang ddapat menjadi sebuah dasar pemikiran. Ilmu tersebut disebut dengan ilmu organisasi.

Perlu diketahui kembali bahwa dalam teori organisasi dikebal juga organisasi internasional. Organisasi internasional ialah suatu badan yang terbentuk dengan beranggotakan negara satu dengan negara lain yang tujuan pendiriannya untuk mencapai tujuan bersama sesuai isi perjanjian.

Organisasi internasional dapat disebutkan seperti PBB, ASEAN, NATO, OkI dan masih banyak lagi. Pendirian organisasi tersebut tentu saja memberikan manfaat tersendiri bagi para anggotanya.

Maraknya serta banyaknya badan atau organisasi internasioanal yang ada di dunia ini, mendorong para ahli untuk ikut serta mendefinisikannya seperti Pareira Mandalangi , T. Sugeng Istanto.

Pareira Mandalangi, ia menyebutkan bahwa organisasi internasional memiliki dua arti, yaitu arti sempit dan arti yang luas. Organisasi salam artian yang sempit memiliki pengertian bahwa organisasi yang ada dan terbentuk memiliki sifat sebagai pelayan publik. Sedangkan organisasi internasional dalam arti yang luas maksutnya organisasi melintasi batas negara baik bersifat publik maupun privat.

T. Sugeng Istanto mengungkapkan bahwa organisasi internasional merupakan kerja sama yang terjalin antar banyak pihak untuk mencapai tujuan bersama yang sifatnya internasioanal.

Secara sederhana, dari beberapa bantuan definisi di atas, dapat dirumuskan bahwa organisasi internasional merupakan suatu organisasi yang baik gerak, maupun pelakunya melintasi batas sebuah negara, berangkat dari kesepakatan masing-masing anggota untuk bekerja sama, memiliki regulasi yang mengikat anggota, dan untuk mewujudkan tujuan internasional tanpa meleburkan tujuan nasional dari masing-masing anggota dari organisasi internasional yang bersangkutan.

Adanya organisasi tersebut tentu saja memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Peran serta fungsi tersebut dirumuskan oleh Le Roy Bannet meliputi :

  1. Sebagai sarana serta prasarana kerja sama yang dapat memberikan manfaat satu sama lainnya.
  2. Sebagai tempat untuk mencapai keputusan bersama.
  3. Sebagai mekaisme administratif.
  4. Menyediakan berbagai saluran komunikasi antar pemerintah.

Demikian artikel yang membahas mengenai Teori Organisasi, Organisasi Internasional, Spesifikasi Organisasi Internasional, Fungsi Dan Peran Organisasi Internasional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi bahan acuan refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply