HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Teori Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Teori

Teori ~ Pada umumnya teori disebut juga dengan konsep yang sifatnya abstrak yang dapat dijadikan suatu pedoman untuk memahami gejala-gejala yang ada.

Sehingga dapat dipatakan teori merupakan kerangka kerja yang telah terkonsep yang digunakan untuk mengatur pengetahuan serta menyediakan beberapa tindakan selanjutnya.

Teori sendiri merupakan suatu proporsi yang nantinya dapat didefinisikan secara luas sesuai hubungan yang ada.

Unsur proporsi tersebut dapat dilihat bahwa teori merupakan variabel yang menjelaskan serta pandangan terhadap sesuatu yang sifatnya sistematis.

Teori juga menerangkan fenomena dengan cara menspesifikasikan variable yang saling berhubungan.

Dalam hal ini teori juga mengalmi banyak perdebatan dari berbagai pihak. Salah satu Perdebatan tersebut dapat berupa pengertian yang dilontarkan satu sama lain.

Meskipun memiliki segi perbedaan dalam mengartikan teori, tentu saja para ahli yang mengartikannya masih memiliki konteks yang sama.

Jonathan H. Turner ia berpendapat bahwa teorri merupakan sekumpulan ide-ide yang dapat membantu kita menjelaskan sesuatu hal.

Pengertian tersebut diperkuat oleh Littlejohn & Karen Foss ia mengatakan bahwa teori merupakan konsep yang abstrak yang saling berhubungan satu sama lainnya yang membantu kita dalam menyelesaiakan fenimena tertentu.

Hal yang sedikit berbeda juga diutarakan oleh Nazir ia mengatakan bahwa teori merupakan pendapat yang di dapat dari suatu keterangan tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi.

Pendapat Nazir tapi juga diperkuat oleh Fawcett ia mengutarakan bahwa teori merupakan deskripsi tentang fenomena tertentu. Dalam teori dijelaskan bagaimana peristiwa tersebut dapat berlangsung serta bagaimana cara mengatasi fenimena yang ada.

Dari sinilah dapat ditarik kesimpulan bahwa teori merupakan sesuatu yang berupa petunjuk yang pada awalnya telah dikonsep dan memilki keterkaitan antara fenomena serta akibat yang telah ditimbulkannya.

Hal di atas seiringan dengan Littlejohn yang mengungkapkan bahwa teori sendiri memilki fungsi yang dapat bermanfaat. Adapun fungsi dari teori meliputi sebagai berikut :

  1. mengorganisasikan dan menyimpulkan pengetahuan tentang suatu hal.
  2. memfokuskan.
  3. menjelaskan.
  4. pengamatan.
  5. membuat predikasi.

Membuat prediksi artinya membuat hipotesis atau perkiraan tentang apa yang terjadi serta bagaimana cara mengatasi akibat yang ditimbulakan dari fenomena tertentu. Sehingga dalam pengkonsepan teori selanjutnya dapat dijadikan evaluasi dasar.

Incoming search terms:

Leave a Reply