HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Psikologi: Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Judul Skripsi : Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Nilai Kinerja di Laboratorium

 

A. Latar Belakang

Pendidikan berbasis kompetensi adalah pendidikan yang menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu jenjang pendidikan. Pendidikan berbasis kompetensi mencakup kurikulum, pedagogi dan penilaian yang menekankan hasil belajar atau prestasi belajar. Kurikulum berisi bahan ajar yang diberikan kepada peserta didik melalui proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan menggunakan pedagogi yang mencakup strategi atau metode belajar. Tingkat keberhasilan belajar dapat dilihat pada hasil belajar siswa, yang mencakup ujian, tugas-tugas dan pengamatan.

Prestasi belajar yang dicapai seseorang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik dalam diri (faktor internal) maupun dari luar (faktor eksternal). Pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar penting artinya dalam rangka membantu siswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Secara singkat Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (1991:131) menyatakan bahwa dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Faktor-faktor stimuli belajar;
  2. faktor-faktor metode belajar;
  3. faktor-faktor individual.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah korelasi positif antara gaya kognitif dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan?
  2. Adakah korelasi positif antara nilai kinerja di laboratorium dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan?
  3. Adakah korelasi positif antara gaya kognitif dan nilai kinerja di laboratorium dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan?

 

C. Landasan Teori

Prestasi Belajar

Hasil belajar yang berupa prestasi belajar ini memberikan informasi seberapa banyak siswa yang dapat menguasai pelajaran yang berupa tes maupun non tes dalam suatu proses evaluasi. Dengan alat ini dapat diketahui berapa jauh tingkat penguasaan materi pelajaran yang telah diserap oleh siswa (Zaenal Arifin, 1990: 45). Prestasi belajar merupakan suatu hasil yang dicapai setiap peserta didik dalam proses-proses belajar yang berupa pengetahuan atau ketrampilan pada periode tertentu yang dinyatakan dalam bentuk simbol atau angka.

Pengertian Penilaian

Ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk mendefinisikan penilaian yaitu measurement atau pengukuran dan evaluasi. Pengukuran adalah segala cara yang dipakai untuk memperoleh informasi mengenai obyek atau kejadian yang dikuantifikasikan menurut aturan–aturan tertentu. Sedangkan penilaian merupakan upaya menggunakan informasi yang diperoleh dari pengukuran itu untuk menentukan pendapat atau membuat keputusan-keputusan pendidikan berdasarkan atas patokan atau pembanding tertentu. (Mamiek Subelo. 1996: 1)

Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Kelarutan

Istilah kelarutan (solubility) digunakan untuk menyatakan jumlah maksimum yang dapat larut dalam sejumlah tertentu zat pelarut. Kelarutan dilambangkan dengan hurut s. Satuan kelarutan umumnya dinyatakan dalam gram L-1 atau Mol L-1.

Hasil Kali Kelarutan

Senyawa-senyawa ion yang terlarut didalam air akan terurai menjadi partikel dasar pembentuknya yang berupa ion positif dan ion negatif. Bila ke dalam larutan jenuh suatu senyawa ion ditambahkan kristal senyawa ion maka kristal tersebut tidak melarut dan akan mengendap. Kristal yang tidak larut ini mengalami ionisasi. Bila ke dalam sistem tersebut ditambahkan air maka endapan kristal tersebut akan segera terionisasi, dan sebaliknya bila air dalam larutan tersebut diuapkan maka ion-ion akan segera mengkristal. Dalam peristiwa tersebut terjadi sistem kesetimbangan antara zat padat dan ion-ionnya didalam larutan. Bila AgCl dilarutkan dalam 100mL air dan akan larut sebagian. AgCl yang melarut akan mengalami ionisasi.

 

D. Metodologi Penelitian

Penelitian dilakukan di kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2005 / 2006.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif korelasional.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 128 siswa.

Teknik random sampling memberikan kemungkinan yang sama bagi setiap individu untuk dipilih sebagai sampel.

Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode Angket, Metode Tes dan Metode Observasi.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Ada korelasi positif antara gaya kognitif dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan rhitung 0,3533(rtabel = 0,3010),
  2. Ada korelasi positif antara nilai kinerja di laboratorium dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan rhitung 0,3993 (rtabel = 0,3010)

 

Contoh Skripsi Psikologi

  1. Pengaruh Senam Lansia Terhadap Penurunan Tingkat Depresi pada Orang Lanjut Usia
  2. Studi Kasus Masalah Belajar dari Lingkungan Budaya
  3. Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil
  4. Kesiapan Menikah pada Wanita Dewasa Madya yang Bekerja
  5. Konflik Kehidupan Seorang Clubber

 

 

Leave a Reply